bahaya saus

Percaya Saus yang Anda Konsumsi Aman?

Apakah Anda senang jalan-jalan untuk berburu kuliner lezat? jika ya, tentunya Anda pasti tahu bahan makanan yang disajikan untuk melezatkan hidangan utama. Ya, itu adalah saus tomat dan saus cabe. Kedua pelengkap makanan tersebut memang tak bisa dipisahkan dengan keberadaan makanan-makanan lezat. Namun, apakah Anda pernah berpikir bawa saus tersebut aman untuk kesehatan Anda?

bAHAYA SAUS

Memang benar, tidak semua saus mengandung bahan-bahan berbahaya. Terlebih, jika saus tersebut telah mempunyai merek dan kualitas unggul terpercaya. Namun, bagaimana dengan saus yang beredar di pasaran dengan kualitas rendah dengan harga murah? Masihkah Anda percaya bahwa saus tersebut aman?

Berikut adalah fakta tentang saus berbahaya yang wajib Anda ketahui.

Waspada Saus dengan Berbahan Busuk!

Ya, tentu Anda pernah melihat ataupun mendengar pemberitaan di televisi yang mengatakan bahwa kebanyakan saus yang tidak bermerek ataupun merek yang hanya di sablon mempunyai kualitas yang buruk. Bahkan, saus-saus tersebut berbahan dasar yang tidak manusiawi. Benar, bahan dasar pembuatan saus tersebut adalah pepaya yang dikombinasikan dengan tomat yang busuk. Tentu, hal ini sangat menjijikkan. Sudah jelas apabila saus ini dikonsumsi akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan kita. Namun Anda tak perlu khwatir. Perbedaan saus dengan kualitas buruk dan terbaik terlihat secara kasat mata.

Pertama, bisa dilihat melalui kondisi fisiknya. Biasanya, saus dengan kualitas baik dikemas dengan rapi dan menarik. Sedangkan, saus dengan bahan baku busuk ini biasanya dikemas asal-asalan dan berwadah botol ataupun plastik yang tidak menarik jika dipandang mata. Bahkan, label pada saus jenis ini terkadang hanya ditempel dengan kertas sablon biasa, terkadang juga bisa tak ada identitas merek ataupun kode produksinya.

Kedua, dari segi bau sangat jelas bisa tercium. Jika saus dengan kualitas terbaik biasanya hanya menimbulkan asam tomat ataupun cabe. Sedangkan saus dengan kualitas buruk baunya lebih menyengat hidung. Bila Anda jeli, bahkan baunya seperti bau busuk dari bahan dasar yang digunakannya.

Mengandung Bahan Kimia yang Tak Jelas

Bukan hanya bahan dasarnya saja yang sangat tidak manusiawi, melainkan kandungan zat kimia pada saus-saus tak jelas tersebut juga sangat berbahaya bagi tubuh Anda. Bisa saja saus tersebut mengandung zat aditif berbahaya. Seperti halnya bahan pengawet, pewarna, penguat rasa (mono sodium glutamat) dan lain sebagainya. Bahan-bahan tersebut bisa memicu hal-hal yang membahayakan bagi tubuh Anda. Misalnya, dari bahan mono sodium glutamat yang merupakan zat yang sulit dicerna. Ini tentunya membuat unsur nutrisi yang lain pencernaannya juga akan terhambat. Jika tubuh sudah sulit untuk mendapat asupan gizi maka jangan heran jika perkembangan otak akan menjadi lambat.

Serta bahan pengawet yang terdapat pada saus tersebut jika dikonsumsi terus-menerus dapat mengakibatkan tubuh kita bisa mengakibatkan kanker hati. Selain itu faktor lain yang menyebabkan saus tersebut menjadi rusak atau tidak layak konsumsi adalah ketika saus tersebut dipasarkan bisa saja terjadi perubahan terhadap saus tersebut, bisa karena penyimpanan yang tidak benar, suhu penyimpanan yang salah, ataupun saus tersebut sudah kadaluwarsa. Bahkan, gula yang digunakan dalam saus-saus tersebut menggunakan sakarin, hal ini lebih kuat 100 kali dibandingkan dengan gula biasa. Itulah sebabnya, jika Anda terus mengonsumsi saus ini bisa berdampak buruk bagi gula darah Anda.

Nah, sudah tau ‘kan bahaya dari saus-saus dengan kualitas rendah. Untuk menghindarinya, ada baiknya ketika berwisata kuliner Anda membawa bekal dengan membawa saus dari rumah. Hal itu untuk menghindari risiko mengonsumsi saus dengan kualitas buruk. Semoga bermanfaat. (gie)

BACA JUGA: Doyan Makan Nangka, Kesehatan Anda Tetap Terjaga

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes