radang siku

Pernah Mengalami Radang Siku?

Apakah Anda pernah mengalami nyeri pada lengan belakang yang tak kunjung sembuh? Jika nyerinya tidak hilang dalam jangka waktu satu minggu, bisa jadi Anda sedang mengalami radang siku. Apa itu radang siku? Yuk, dapatkan informasi mengenai salah satu nyeri di lengan berikut ini:

Headline Radang siku

Apa Yang Dimaksud Dengan Radang Siku?

Radang siku, atau yang juga dikenal dengan epicondylitis lateral dalam istilah medis adalah nyeri yang terjadi ketika tendon di lengan bagian bawah, dekat siku terlalu banyak bekerja. Otot-otot lengan dan tendon menjadi rusak karena mengulangi gerakan yang sama secara terus menerus. Tidak mengherankan, bermain tenis atau olahraga raket lainnya dapat menyebabkan kondisi ini. Namun beberapa olahraga dan kegiatan lain juga dapat menyebabkan radang ini.

Gejala Radang Siku

Gejala rasa sakit dari radang ini akan terjadi terutama di mana tendon menempel pada epikondilus lateral, yang merupakan penonjolan tulang di bagian luar siku. Hal ini dapat menimbulkan rasa seperti panas atau sensasi pegal yang semakin buruk jika memegang benda berbobot. Gejala-gejala radang siku berkembang secara bertahap. Dalam kebanyakan kasus, nyeri dimulai sebagai ringan dan perlahan-lahan memburuk selama beberapa minggu dan bulan. Biasanya tidak ada cedera tertentu yang terkait dengan dimulainya gejala. Tanda dan gejala radang siku umum meliputi:

– Nyeri atau terbakar di bagian luar siku Anda
– Kekuatan pegangan lemah

Gejala akan semakin diperparah dengan aktivitas lengan, seperti memegang raket, memutar kunci, atau berjabat tangan. Lengan dominan yang paling sering terkena dampak. Namun kedua lengan dapat terpengaruh.

Bagaimana Mengobatinya?

Pengobatan radang siku ini dibagi menjadi dua, pengobatan non bedah dan pengobatan bedah atau melalui operasi. Sekitar 80% sampai 95% dari pasien telah sukses dengan perawatan non bedah, di antaranya adalah:

Istirahat. Langkah pertama untuk memulai pemulihan adalah untuk memberikan tangan Anda istirahat yang cukup. Ini artinya adalah Anda harus berhenti sejenak untuk berolahraga atau aktivitas yang berat selama beberapa minggu.

Mengonsumsi Obat Non-Steroid Sebagai Anti Peradangan. Obat-obatan seperti aspirin atau ibuprofen mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Terapi Fisik. Terapi khusus yang membantu untuk memperkuat otot-otot lengan bagian bawah. Terapis Anda juga dapat menggunakan USG, pijat es, atau teknik-teknik tertentu untuk merangsang otot dalam masa penyembuhan.

Gunakan Penyangga. Anda bisa menggunakan penjepit atau penyangga di bagian belakang lengan Anda. Hal ini dapat membantu meringankan gejala radang siku dengan mengistirahatkan otot dan tendon.

Peregangan. Peregangan adalah cara yang baik untuk membantu meringankan gejala radang siku. Berikut dua macam peregangan yang disarankan:

Regangkan ekstensor pergelangan tangan
Luruskan lengan di depan Anda dengan telapak tangan ke bawah. Gunakan lengan yang berlawanan, dorong bagian belakang tangan Anda ke bawah, paksa pergelangan tangan Anda membungkuk ke depan, sehingga Anda merasakan peregangan di bagian atas lengan bawah. Tahan selama 10 detik. Ulangi pada lengan lainnya.

– Regangkan fleksor pergelangan tangan
Luruskan lengan Anda di depan dengan telapak tangan menghadap ke atas. Gunakan lengan yang berlawanan, dorong telapak tangan ke bawah, paksa pergelangan tangan menekuk ke belakang, sehingga Anda merasakan peregangan di bagian bawah lengan Anda. Tahan selama 10 detik.

Terapi Gelombang Kejut Extracorporeal atau Shock Wave Therapy. Terapi gelombang kejut mengirimkan gelombang suara ke siku. Gelombang suara ini membuat “microtrauma” yang meningkatkan proses penyembuhan alami tubuh. Terapi gelombang kejut dianggap eksperimental oleh banyak dokter, namun beberapa sumber menunjukkan hal ini sangat efektif.

Jika gejala radang siku Anda tidak sembuh setelah 6 sampai 12 bulan perawatan non bedah, dokter Anda dapat merekomendasikan operasi. Kebanyakan prosedur bedah untuk radang siku dilakukan untuk menghilangkan otot yang sakit.

Pengobatan bedah yang tepat untuk Anda akan tergantung pada berbagai faktor. Hal ini termasuk ruang lingkup cedera Anda, kesehatan umum, dan kebutuhan pribadi Anda. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang berbagai prosedur dan pilihan jenis operasi yang bisa Anda lakukan.

Operasi Terbuka. Pendekatan yang paling umum untuk memperbaiki radang siku adalah operasi terbuka. Operasi ini akan membuat sayatan di atas siku. Operasi terbuka biasanya dilakukan sebagai operasi rawat jalan.

Operasi Arthroscopic. Radang siku juga dapat diperbaiki dengan menggunakan alat sederhana dan sayatan kecil. Seperti operasi terbuka, operasi ini hanya memerlukan prosedur rawat jalan.

Seperti halnya operasi lainnya, ada risiko dengan operasi radang siku ini. Hal yang paling umum di antaranya adalah:

– Infeksi
– Kerusakan saraf dan pembuluh darah
– Rehabilitasi berkepanjangan
– Kehilangan kekuatan
– Hilangnya fleksibilitas
– Kemungkinan membutuhkan operasi lebih lanjut

Dokter Anda akan memberitahu kapan Anda dapat kembali berolahraga. Ini biasanya dapat dilakukan setelah 4 sampai 6 bulan setelah operasi. Operasi radang siku dianggap berhasil 80% sampai 90%.

Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Kebiasaan Inilah Yang Dapat Merusak Ginjal

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes