zona waktu pengaruhi kesehatan

Perubahan Zona Waktu Bisa Pengaruhi Kesehatan Anda

Hai fitnes mania, apakah Anda akan menghabiskan liburan akhir tahun ini dengan pergi berlibur keluar negeri yang memiliki perbedaan waktu dengan Indonesia? Benarkah perubahan zona waktu bisa pengaruhi kesehatan Anda?

Passangger

Makanan di pesawat mungkin bisa membuat Anda merasa tidak berselera. Namun, ada beberapa hal buruk yang sering dialami dalam beberapa saat setelah melakukan penerbangan panjang, di antaranya seperti perasaan grogi dan jet lag.

Menurut pendiri Clayton Sleep Institute, Joseph Ojile, MD mengatakan bahwa jet lag sering terjadi pada saat hari tidak sesuai dengan jam internal tubuh. Jika Anda menyeberang atau bepergian melewati dua zona waktu yang berbeda maka tubuh Anda akan memerlukan satu hari untuk penyesuaian. Dan jika Anda menyeberangi lebih dari 6 zona waktu yang berbeda, mungkin tubuh Anda memerlukan tiga hari atau lebih untuk menyesuaikan diri. Jika Anda mengalami hal tersebut sesekali dalam setahun tidak akan menyebabkan masalah serius. Tapi jika Anda sering mengalaminya maka hal tersebut bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti kelelahan kronis dan masalah memori.

Ojile juga mengatakan bahwa hal tersebut bisa memicu kepada kekurangan tidur akut. Kekurangan tidur teratur akan membuat Anda membuka risiko masalah kesehatan yang lebih besar seiring berbeda zona waktu tempat yang Anda tinggali. Bahkan pada sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan beberapa kru kabin maskapai penerbangan (yang sering mengalami jet lag berulang-ulang) mengalami masalah memori yang buruk daripada kru yang bekerja di bandara saja (yang tidak mengalami pergeseran/perubahan waktu). Pada kru kabin tersebut juga ditemukan adanya peningkatan kortisol, hormon stres yang berlebihan sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi dan naiknya gula darah (diabetes). Dan dari hasil penelitian tersebut ditemukan fakta bahwa perubahan zona waktu ternyata bisa mempengaruhi kesehatan kita.

Maka dari itu, jetsetter haruslah mengambil pelajaran, meskipun ada banyak obat yang bisa menyembuhkan jet lag Anda. Berikut tip yang bisa Anda coba untuk mengurangi masalah tubuh karena jet lag dan membuat Anda merasa jauh lebih baik:

1. Rencanakan Hari Sebelum Keberangkatan

Beberapa hari antara 2-3 hari sebelum keberangkatan, Anda bisa memindahkan jam waktu tubuh Anda sesuai dengan zona waktu kota tujuan. Hal ini akan membuat tubuh Anda belajar menyesuaikan dirinya dan tidak mengalami shock saat tiba di kota tujuan.

2. Perbanyak Minum

Perbanyaklah minum air putih dan jauhi alkohol. Terhindar dari dehidrasi sangatlah penting untuk menunjang sistem kerja tubuh Anda. Selalu siapkan dan minum air putih setiap Anda transit atau di pesawat.

3. Atur Jadwal Penerbangan Anda

Cobalah untuk memilih penerbangan yang membuat Anda sampai di tempat tujuan pada sore hari atau sampai pukul 10 malam waktu setempat. Jika Anda tiba lebih awal di tempat tujuan dengan keadaan lelah, maka istirahat ideal Anda hanyalah dua jam saja.

4. Biarkan Cahaya Masuk

Membiarkan diri Anda terkena sinar matahari di dalam pesawat akan membantu melancarkan sinkronisasi ritme sirkardian (proses biologis yang menunjukkan osilasi endogen dan berulang setiap sekitar 24 jam) dengan zona waktu baru.

5. Berkonsultasilah dengan Dokter

Jika Anda memang sering melakukan penerbangan mungkin untuk hal pekerjaan, cobalah berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan membantu memetakan semua rencana perjalanan Anda secara individual. Mungkin Anda diminta untuk meningkatkan hormon melatonin dalam tubuh Anda.

Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Kenali Jenis Keputihan dan Cara Mengatasinya

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes