Pilih-Foot-Orthotic-yang-Tepat-Untuk-Anda

Pilih Foot Orthotic yang Tepat Untuk Anda

Pilih-Foot-Orthotic-yang-Tepat-Untuk-Anda

Pilih Foot Orthotic yang Tepat Untuk Anda
Artikel ini ditujukan untuk membantu pasien yang dianjurkan untuk menjalani terapi orthotic dalam membuat keputusan sehingga mereka dapat mencapai hasil terbaik untuk mengatasi masalah kaki mereka.

Apa Itu Orthotic?
Istilah “orthotic” mengacu pada sebuah alat yang dipakai di dalam sepatu. Benda yang disebut “orthotic” ini bisa Anda dapatkan dari podiatris, dokter, dan ahli kesehatan lainnya, ataupun di toko sepatu, infomersial (diiklankan di televisi), dan bahkan di pameran perdagangan. Ada tiga jenis “orthotic” yang sangat berbeda, mulai dari “custom”, “customized” dan “pre-fabricated”. Anda sebagai konsumen harus mengetahui setiap jenis orthotic agar tidak bingung dalam memilih.

Ada banyak informasi yang membingungkan seputar orthotic. Ketika Anda mencari informasi mengenai orthotic di Google, Anda akan temukan ratusan hasil pencarian dan juga iklan. Bagi banyak konsumen, membuat keputusan yang tepat sangatlah sulit. Mengenali promosi penjualan produk dan memisahkannya dari fakta yang sesungguhnya tentang orthotic adalah kunci untuk meraih kesehatan yang lebih baik.

  1. Custom Functional Foot Orthotic
    Custom functional foot orthotic adalah perangkat medis yang terbuat dari non-weight bearing mold (plaster cast) atau scan 3D kaki Anda. Alat ini didesain untuk mengontrol keselarasan dan fungsi kaki dan tungkai bawah, untuk mengatasi atau mengurangi tekanan yang menyebabkan cedera pada tulang, sendi, tendon, dan ligamen. Alat ini sering digunakan untuk membatasi gerakan seperti pronasi yang berlebihan (rolling-in) dan supinasi berlebihan (rolling-out). Alat tersebut juga berguna untuk membantu Anda melakukan berbagai kegiatan seperti berlari, berjalan, dan berdiri dengan lebih efisien. Selain itu, alat ini juga mendistribusikan kembali tekanan kaki di bagian bawah kaki untuk menghilangkan rasa sakit di area kaki yang mendapatkan tekanan tinggi atau pada corn/calluse (kapalan).

    Bagaimana Custom Othotic Bekerja?
    Ini adalah topik yang sangat mendalam dan di luar lingkup artikel ini. Namun, sebagian besar rasa sakit pada kaki merupakan akibat adanya kesalahan pada hubungan antara tulang dan otot pada kaki atau jaringan sekunder dengan tekanan jaringan yang meningkat melalui struktur fisiologis tertentu. Bahkan sedikit saja ketidakselarasan pada kaki dapat mengakibatkan ketidaknyamanan yang signifikan. Fungsi yang abnormal ini dapat menyebabkan banyak masalah mulai dari bunions, hammer toe (jari kaki palu), nyeri pada lengkung kaki dan tumit, corn, arthritis, nyeri lutut hingga nyeri punggung.

    Sebuah custom orthotic fungsional tidak hanya bekerja dengan prinsip hanya mendukung lengkungan kaki. Orthotic menyelaraskan kembali struktur kaki Anda untuk mencegah ketidakselarasan atau ketidaksejajaran serta kelelahan tulang, otot, tendon, dan ligamen. Alat ini sering digunakan setelah operasi untuk membantu menghentikan atau menunda kekambuhan deformitas kaki. Selain itu, penting untuk dipehatikan bahwa alat ini harus berfungsi dengan tepat dalam memfasilitasi fungsi kaki. Alat ini bekerja untuk meningkatkan efisiensi biomekanis dari interaksi kaki dengan tanah. Custom orthotic didesain dengan standar yang akurat, menggunakan kemajuan terbaru dalam biomekanik dan dibuat dengan disesuaikan dengan kaki Anda, berdasarkan biomekanik dan morfologi kaki Anda.

    Perangkat ini bertujuan untuk mengontrol gerak sendi dengan tepat, memfasilitasi dan meningkatkan gerakan pada sendi tertentu sementara membatasi sendi yang lain, dengan tujuan keseluruhan adalah menyiapkan kaki untuk penyelarasan dan fungsi yang optimal selama setiap fase dari siklus berjalan Anda. Penyelarasan kaki yang optimal juga akan membantu menyelaraskan dengan ekstremitas bawah dan panggul Anda.

    Saat kaki Anda berpijak pada custom orthotic yang telah didesain dan dibuat dengan tepat, dengan lembut dan konsisten kaki Anda akan diarahkan ke posisi yang benar (atau setidaknya posisi yang lebih baik) untuk berjalan, berlari, dan berdiri. Karena kaki Anda sekarang berfungsi lebih efisien, rasa sakit akibat ketegangan otot dan titik tekanan pun berkurang, dan perkembangan deformitas akan ditunda atau dihentikan.

    Pembuatan Custom Ortothic
    Untuk memproduksi custom orthotic membutuhkan proses yang sangat teliti dan menentukan apakah Anda bisa mendapatkan orthotic berkualitas yang merupakan pilihan terbaik untuk mengobati kondisi Anda atau tidak. Seperti halnya berbagai macam barang lainnya, ada orthotic yang dibuat dengan baik dan ada yang tidak. Kemampuan orthotic untuk menghilangkan rasa sakit Anda tergantung pada kualitas orthotic. Kualitas orthotic tergantung pada tiga langkah utama yaitu:

    • Hasil cetakan kaki Anda atau scan 3D kaki Anda (pastikan cetakan kaki Anda 3D, bukan pressure image)

      CUSTOM-ORTHOTICS-4CUSTOM-ORTHOTICS-3
    • Preskripsi atau resep tertulis dari podiatris atau ahli kesehatan (berdasarkan pemeriksaan serta pengetahuan dan pengalaman dokter)
    • Pekerjaan laboratorium orthotic dalam memproduksi orthotic Anda dan mengikuti resep dokter

    Apa Saja yang Terjadi dalam Pembuatan Custom Foot Orthotic?
    Faktor yang paling penting dalam merancang orthotic kaki yang akan menyediakan fungsi yang optimal adalah resep orthotic berdasarkan pemeriksaan menyeluruh oleh seorang ahli medis yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan dalam bidang podiatri. Namun, tidak cukup hanya dengan ini saja. Semua pemeriksaan pasien harus mencakup pemeriksaan lengkap dan analisis biomekanik dari gaya berjalan pasien. Setelah pemeriksaan biomekanik dan gaya berjalan, ada tiga komponen penting untuk memastikan Anda menerima orthotic terbaik:

    • Harus ada sebuah cetakan yang akurat dari kaki Anda. Ini adalah proses yang SANGAT menentukan saat kaki Anda harus ditempatkan dalam posisi yang tepat untuk memastikan hasil klinis terbaik. Untuk membantu memastikan sudah diambil cetakan yang tepat, maka dibutuhkan seorang podiatris, bukan seorang teknisi, untuk mengambil cetakan dari kaki Anda.
    • Podiatris harus memberikan sebuah resep yang tepat untuk membantu mengatasi masalah biomekanik, kegiatan, dan sepatu Anda. Proses ini membutuhkan evaluasi gaya berjalan dan pemeriksaan biomekanik yang tepat.
    • Orthotic Anda harus dibuat dalam sebuah laboratorium orthotic kaki berkualitas tinggi. Ini akan memastikan bahwa pembuatan orthotic Anda sudah mengikuti resep dengan benar, orthotic tersebut nyaman dipakai, dan orthotic tesebut memiliki kualitas tinggi dan terbuat dari bahan tahan lama. Lab yang kami gunakan di Eastwest berbasis di Perth, Australia. Di sini, di laboratorium ini, mereka telah membuat custom orthotic selama 18 tahun.

    Dispensing dan Break-in
    Dokter Anda harus bekerja dengan Anda untuk memastikan bahwa orthotic Anda terasa nyaman dipakai dan mampu meredakan dan menghilangkan gejala yang Anda rasakan. Mereka juga harus memberikan informasi detail tentang sepatu yang tepat untuk kaki Anda. Ini akan membantu Anda menemukan sepatu yang tepat, nyaman, dan modis.

    Tindak Lanjut
    Salah satu bagian paling penting dari terapi orthotic merupakan tindak lanjut atau follow up yang tepat. Jika Anda memiliki masalah dengan kecocokan orthotic, fungsi, kenyamanan, kecocokan sepatu, atau masalah lain, terapis Anda harus mampu mendiagnosa dan memperbaiki masalah ini. Ini adalah mengapa seorang praktisi yang terampil dan berpengalaman biasanya dapat memberikan hasil klinis terbaik.

  2. “Customised” Orthotic dan Computer Generated Orthotic
    Tipe lain dari orthotic kaki lebih dikenal sebagai “customised” daripada “custom”. Perangkat ini dapat sulit dibedakan dari ‘custom orthotic’ dan, sayangnya, kadang-kadang dipasarkan sebagai ‘custom orthotic’ yang asli. Alat ini seringkali merupakan produk dari suatu sistem komputerisasi di mana pasien diminta untuk berjalan di sebuah “force plate” yang kemudian menunjukkan distribusi tekanan pada layar komputer. Ini tidak memberikan hasil bentuk kaki Anda dalam bidang tiga dimensi, melainkan hanya menunjukkan bidang dengan tekanan berbeda. Biasanya, orthotic jenis ini dibuat dengan menambahkan komponen tambahan untuk pre-produksi sol dalam. Sayangnya, pasien sering menyebut orthotic jenis ini sebagai custom orthotic dan membelinya dengan harga sama dengan custom orthotic yang sebenarnya.

    Jadi bagaimana Anda bisa membedakan antara customised orthotic dan custom orthotic yang asli? Jika Anda mendapatkan perangkat custom orthotic yang asli, maka Anda akan melalui beberapa proses seperti pengambilan cetakan tiga dimensi kaki Anda dengan menggunakan plester atau fiberglass, atau scan 3D kaki Anda. Berjalan atau berdiri di force plate dapat digunakan untuk mengevaluasi beberapa aspek pada fungsi kaki, tetapi sebuah force plate tidak dapat mengambil cetakan tiga dimensi kaki Anda yang diperlukan untuk hasil terbaik. Ingat, jika tidak ada pengambilan cetakan kaki Anda, itu bukanlah custom orthotic. Sebuah gambar yang dalam 1 atau 2 dimensi atau hanya menunjukkan data tekanan, tidak dapat digunakan untuk membuat orthotic tiga dimensi.

    Jangan tertipu oleh gambar yang terlihat pada monitor komputer. Pendapat kami dan sebagian besar ahli terapi orthotic, bahwa tidak mungkin untuk membuat custom orthotic berkualitas dari hanya berjalan melintasi sebuah pressure mat atau mengambil sebuah weight bearing scan dari kaki Anda. Dengan teknologi yang tersedia saat ini, custom orthotic fungsional memerlukan cetakan non-weight bearing dari kaki Anda atau scan 3D kaki Anda.

  3. Pre-Fabricated/Off-The-Shelf Orthotic
    Off-The-Shelf Orthotic (sering disebut arch support) biasanya ditemukan di toko-toko retail, termasuk toko olahraga, toko sepatu, toko online, dan apotek. Alat ini adalah perangkat non-custom yang didesain untuk memberikan support dengan lembut pada lengkungan kaki (arch) dan membantu agar tersebar lebih merata di sepanjang bagian bawah kaki. Alat ini terkadang disebut “prefabricated orthotic”.

    Ada banyak alat berbeda yang berfungsi untuk memberikan support pada lengkungan kaki (arch support) yang beredar di pasaran. Seperti segala sesuatu yang lain, ada sebagian yang lebih baik daripada yang lain. Dan satu merek mungkin memberikan hasil yang baik untuk kaki Anda sementara merek lain baik untuk kaki teman Anda.

Iklan Orthotic di Media Massa
Anda mungkin pernah mendengar iklan radio atau televisi mempromosikan orthotic di toko-toko sepatu dan orthotic. Produk-produk yang diiklankan tersebut memang tidak buruk, akan tetapi produk tersebut bukanlah custom orthotic dan harganya cenderung terlalu mahal.

Kami menyarakan Anda sebagai pembeli untuk selalu “waspada” sebelum membeli orthotic yang tepat untuk Anda. Anda tidak harus membayar lebih dari 100 – 120 dolar Singapura (kurs rupiah saat ini sekitar Rp 700.000 – Rp 850.000) untuk sebuah “orthotic” kecuali orthotic tersebut memang dibuat dari cetakan kaki Anda oleh seorang profesional medis yang terampil dan berpengalaman. Toko waralaba yang mengiklankan arch support secara besar-besaran di radio dan televisi cenderung melakukan “hard selling” dan memiliki reputasi yang sangat buruk di kalangan profesional medis dan toko sepatu yang berkualitas.

Jika Anda diminta untuk membayar lebih dari harga di atas untuk sebuah orthotic di toko retail, Anda mungkin dikenakan harga yang terlalu mahal. Anda mungkin juga telah melihat website yang menjual “custom” orthotic yang dibuat berdasarkan foam box dari kaki Anda. Sementara sebuah foam box dapat digunakan untuk mengambil cetakan kaki untuk custom orthotic, pemeriksaan secara menyeluruh yang dilakukan oleh praktisi medis yang berpengalaman dan terampil diperlukan untuk menulis resep yang tepat untuk mendesain orthotic dan dengan demikian untuk mendapatkan hasil klinis yang optimal. Ini tidak berarti Anda tidak akan membaik dengan produk-produk yang banyak diiklankan ini, tapi perbaikan terhadap kondisi kaki Anda kemungkinan tidak akan maksimal. Sekali lagi, jangan sampai Anda menghabiskan lebih dari harga di atas kecuali pemeriksaan yang dilakukan sudah menyeluruh dan cetakan dibuat oleh seorang profesional medis yang berpengalaman.

Orthotic untuk Dress Shoes dan Specialty Sport Shoes
Custom molded foot orthotic akan memberikan perlindungan terhadap rasa sakit dan cedera. Custom orthotic dapat dirancang khusus agar sesuai dengan jenis sepatu dan aktivitas Anda untuk membantu memberikan support sekaligus kenyamanan yang Anda butuhkan di semua sepatu Anda.

Full Length Orthotic
Orthotic pertama Anda biasanya tidak ditujukan untuk dapat digunakan pada semua sepatu Anda. Sebagian besar pasangan pertama orthotic yang Anda terima ini dirancang agar cocok terutama sepatu yang memiliki tali dan sepatu olahraga. Orthotic ini diresepkan secocok mungkin dengan lebar penuh dari kaki Anda untuk memberikan kontrol yang maksimum ketika Anda melakukan kegiatan yang memberikan kekuatan paling banyak ke kaki Anda. Selain itu, orthotic tersebut terletak lebih dalam di sekitar tumit agar lebih bisa mengontrol kaki Anda. Orthotic yang lebih luas dan dalam ini disebut “full length orthotic” dan dimaksudkan untuk dipakai dalam sepatu standar untuk berlari dan berjalan.

Setelah dokter Anda yakin bahwa orthotic pertama Anda nyaman dan bekerja dengan baik, Anda dapat memesan orthotic yang lebih kecil yang didesain agar muat dalam sepatu yang lebih kecil, seperti sepatu kasual ataupun sepatu formal yang Anda gunakan sehari-hari. Beberapa sepatu olahraga khusus, misalnya sepak bola dan bersepeda, juga cenderung berukuran lebih kecil dan memerlukan orthotic yang lebih kecil pula.

Dress Shoe Orthotic
Dress Shoe Orthotic adalah perangkat custom orthotic yang cukup kecil untuk masuk ke dalam dress shoes Anda (sepatu formal). Orthotic ini sangat tipis dan sempit, serta memiliki cup untuk tumit yang dangkal sehingga bisa masuk ke dalam sepatu yang lebih kecil. Alat ini juga punya penutup yang sangat tipis sehingga bisa memberikan lebih banyak ruang untuk kaki Anda.

Sport Shoe Specific Orthotic
Beberapa kegiatan olahraga tertentu mengharuskan Anda untuk memakai sepatu atau bot yang lebih kecil dari kebanyakan sepatu untuk berjalan atau berlari. Ini mungkin termasuk sepak bola, bersepeda, ski, snowboarding, dan lain-lain. Dalam kasus ini, Anda mungkin mengalami kesulitan untuk membuat full-length orthotic Anda pas ke dalam sepatu olahraga.

Kegiatan olahraga, bagaimanapun juga, biasanya memberikan tekanan maksimum pada kaki Anda sehingga sangat penting untuk memastikan kaki Anda dilindungi dengan memakai orthotic. Dalam situasi ini, sepasang orthotic dapat diresepkan agar bisa pas ke sepatu atau bot tersebut.

Jaminan Orthotic
Tidak semua klinik, praktisi, dan kegiatan pembagian orthotic akan menjamin kenyamanan orthotic untuk Anda pakai. Podiatris kami di Eastwest merasa bahwa kenyamanan orthotic harus dijamin (kecuali Anda disarankan yang sebaliknya oleh dokter, karena sifat dan tingkat keparahan masalah kaki Anda). Tapi dalam kebanyakan situasi, para praktisi meyakini bahwa kenyamanan orthotic (bukan hasil klinis) harus dijamin. Ketika sebuah orthotic sudah diresepkan dan diproduksi dengan tepat, orthotic akan sangat nyaman, dan bahkan, Anda hampir tidak menyadari bahwa Anda sedang memakainya. Ini adalah tanggung jawab seorang praktisi yang memberikan resep untuk memastikan bahwa orthotic Anda nyaman dan bahwa orthotic tersebut menyediakan solusi terbaik untuk masalah biomekanik kaki Anda.

Kualitas orthotic bervariasi dan tergantung pada banyak faktor. Tidak ada yang bisa menjamin persis bagaimana gejala-gejala Anda akan merespon setiap orthotic tertentu (ini tergantung pada banyak faktor), tetapi kami merasa bahwa praktisi yang berkualitas harus menjamin bahwa orthotics Anda akan nyaman dipakai. Ini adalah pertanyaan yang bagus yang bisa Anda ajukan pada praktisi yang menangani Anda untuk mengevaluasi kualitas dan kinerjanya.

Siapa yang Seharusnya Membuat Orthotic untuk Anda
Secara umum, podiatrist memiliki latar belakang dan training terbaik dalam bidang biomekanik kaki dan terapi kaki dengan menggunakan custom orthotic. Sebagian besar ahli terapi orthotic terbaik adalah podiatris. Akan tetapi, bukan berarti bahwa setiap podiatris adalah ahli dalam terapi orthotic. Seperti halnya profesi apa pun, ada yang luar biasa, ada yang buruk, dan yang paling banyak adalah yang berada di antaranya. Beberapa podiatris mengkhususkan keahlian mereka dalam terapi orthotic dan meresepkan orthotic, dan beberapa melakukannya sebagai bagian dari praktek yang lebih umum dan tidak banyak memberikan resep. Sama dengan semua prosedur medis, lebih banyak pengalaman biasanya memberikan hasil yang lebih baik. Dan juga, ada beberapa pedorthis, chiropractor (ahli tulang) dan terapis fisik yang telah mengambil spesialisasi di bidang kaki dan melakukan pekerjaan mereka dengan sangat baik di bidang terapi orthotic. Bagaimanapun juga Anda harus hati-hati dalam mengevaluasi para praktisi. Pedorthis, yang terlatih dalam memodifikasi sepatu dan pembuatan orthotic, hanya diwajibkan untuk memiliki program dua minggu untuk sertifikasi. Terapis fisik dan chiropractor mungkin, atau mungkin juga tidak, telah menjalani pelatihan pada terapi orthotic. Kami telah melihat sangat sedikit orthotic yang dibuat oleh chiropractor, yang bisa membuat kami terkesan.

Untuk menemukan praktisi mana yang tepat untuk Anda, cobalah meminta rekomendasi teman-teman, kolega, dan profesional medis di daerah Anda. Seringkali nama yang sama akan Anda dapatkan dari mereka.

Beberapa pertanyaan yang bisa Anda ajukan untuk mengevaluasi seorang praktisi meliputi:

  • Apa jenis cetakan yang diambil? (harusnya non-weight bearing atau “neutral” cast ataupun scan 3D)
  • Siapa yang mengambil cetakan kaki Anda? (Anda mungkin akan mendapatkan hasil yang lebih baik jika dokter yang mengambilnya daripada asisten dokter tersebut)
  • Berapa banyak orthotic yang mereka resepkan per minggu? Berapa tahun mereka telah membuka praktek? (perhitungkan pengalaman mereka)
  • Apakah penyesuaian orthotic dilakukan di kantor mereka atau harus dikirim kembali ke laboratorium (cari seseorang untuk melakukan penyesuaian sendiri. Hal ini lebih cepat, lebih nyaman dan kami menjamin mereka tahu lebih banyak).
  • Apakah mereka bisa menjamin kenyamanan orthotic? (Kenyamanan saja, bukan hasil klinis. Hasil klinis tidak dapat dijamin dengan perangkat medis atau prosedur apapun. Bahkan, sebuah “jaminan” untuk sembuh harus menjadi tanda bahaya bahwa Anda TIDAK MUNGKIN sedang berurusan dengan praktisi yang jujur dan etis).

Anda Dapat Berkonsultasi dengan Matthew Herd di Account SixReps-nya

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes