menangkal flu, mengobati flu

Rekomendasi untuk Anda yang Mudah Terserang Flu

Pilek adalah keluhan yang sulit dihindari ketika musim pancaroba tiba. Kondisi cuaca pun sulit sekali untuk diprediksi. Kadang matahari di luar begitu panas, tiba-tiba turun hujan, kemudian angin yang berhembus begitu kencang. Cuaca yang tak menentu seperti itu justru memudahkan virus untuk menyerang tubuh.

FLU

Walaupun gejala pilek hanya bersin-bersin, hidung tersumbat, ataupun batuk, penyakit ini cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Penularannya pun begitu cepat. Untuk itulah diperlukan beberapa untuk menangkal agar pilek tidak menyerang.

Tutupi Hidung dengan Syal

Profesor Ron Eccles dari Common Cold Research Centre di Cardiff University, menyebutkan salah satu penyebab tubuh kita mudah terserang pilek dan flu. Hal ini dikarenakan, hidung kita menjadi dingin. Kondisi ini membuat daya tahan tubuh terhadap infeksi menjadi menurun. Menutup hidung menggunakan syal bisa dilakukan untuk menjaga hidung tetap hangat.

Kurangi Asupan Gula

Mengurangi asupan gula yang dikonsumsi juga bisa menangkal pilek. Studi di California’s Loma Linda University menemukan bahwa saat seseorang mengonsumsi kira-kira 100 gram gula, sel imun yang disebut figisit hanya bisa mengonsumsi sedikit bakteri dibandingkan saat normal. Kondisi seperti itu membuat sel imun tidak dapat bekerja dengan baik.

Hindari Jabat Tangan Terlalu Lama

Selain itu, menghindari berjabat tangan terlalu erat juga bisa dilakukan. Pasalnya seseorang yang berjabat tangan terlalu erat bisa menyebabkan kuman lebih banyak bertransmisi. Berjabat tangan dalam waktu lama dapat memperbesar kesempatan seseorang tertular pilek. Studi baru dari University of Aberystwyth menunjukkan bahwa berjabat tangan justru 10-20 kali lebih mudah memindahkan kuman dari seseorang ke orang lain.

Tidur yang Cukup

Tidur kurang dari tujuh jam, tiga kali berisiko terkena pilek dibandingkan dengan tidur delapan jam. Karena tidur yang tidak nyenyak atau kurang tidur dapat mengganggu daya tahan tubuh. Selain itu, melakukan olahraga secukupnya juga bisa menstimulasi sistem imun. Hindari untuk berolahraga berat, karena dapat meningkatkan hormon stres dan molekul anti inflaman yang justru dapat menekan sistem imun, sehingga lebih rentan terserang pilek atau flu.

Makanan Pereda Flu

Namun, jika sudah terlanjur terkena serangan flu, tidak usah risau dan khawatir. Isi dalam sup ayam selain bisa menghangatkan tubuh jika dikonsumsi ketika hangat, juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk mengurangi gejala flu atau pilek. Ayam selain mengandung protein juga mengandung karnosin. Kornosin suatu anti oksidan yang mempu meningkatkan kekebalan tubuh. Jamur pun yang ada dalam sup ayam bisa meningkatkan daya tubuh karena mengandung zinc di dalamnya, salah satunya pada jamur kuping. Selain itu kembang kol yang ada dalam sup ayam mengandung kolin yang juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh juga bisa melawan virus dan bakteri.

Nikmatnya Sup Ayam Jamur Shitake

Sup ayam memang enak disajikan ketika hangat, dan siapapun bisa membuatnya. Namun, alangkah baiknya jika Anda membuat sup ayam dengan campuran jamur shitake. Hal ini dikarenakan, campuran sup ayam dengan jamur shitake dipercaya dapat meredakan flu Anda.

Berikut adalah bahan dan cara mengolah sup ayam jamur shitake, khas DuniaFitnes.com

SUP AYAM JAMUR

Bahan Utama:
1 ekor ayam potong 16 bagian
2 sdm minyak goreng
1 sdm minyak wijen
5 cm jahe memarkan
5 siung bawang putih memarkan
10 jamur shitake segar
2 batang daun bawang
1 liter air
2 sdt garam dan 1 sdt merica bubuk
Daun bawang yang sudah dipotong selera secukupnya

Cara Mengolah :
-Siapkan panci tekan, panaskan minyak goreng bersama minyak wijen, tumis bawang putih dan jahe hingga harum, masukkan ayam daun bawang, air, garam dan merica.
-Masak dengan api besar selama 7 menit, matikan apinya dan diamkan jangan dibuka selama 20 menit.
-Sajikan selagi masakan hangat lalu taburi dengan daun ketumbar atau daun seledri di atasnya.

Cuaca memang tak menentu, namun tubuh harus tetap sehat. Olahraga juga merupakan obat terbaik untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar. (gie)

BACA JUGA: Berapa Lama Waktu Olahraga untuk Cegah Flu? Ini Dia Jawabannya

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes