kesehatan jantung

Rempah-Rempah ini Berguna Untuk Kesehatan Jantung

Rempah-rempah sudah dikenal sejak jaman dahulu akan khasiatnya, baik dalam masakan maupun kesehatan. Selain itu, beberapa jenis rempah juga terbukit sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

kesehatan jantung

Rempah-rempah adalah jenis bahan makanan yang sudah terkenal sejak era perdagangan kuno hingga abad pertengahan. Pasalnya, mereka telah menjadi bagian dari penyembuhan obat selama berabad-abad.

Baru-baru ini, pengobatan modern telah mulai mempelajari kekuatan rempah-rempah dan memvalidasi beberapa sifat yang berguna. Beberapa jenis rempah-rempah ditemukan sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Nah, berikut ini beberapa jenis rempah-rempah yang dapat ditambahkan dalam makanan untuk merawat dan menjaga jantung Anda.

1. Ketumbar

kesehatan jantung

Biji ketumbar kaya dua senyawa utama, linaloon dan asam dekanoat. Kedua senyawa ini memiliki efek lama dikenal atau kolesterol yang menurunkan gula darah dan menurunkan. Untuk manfaat terapeutik, satu sendok teh atau dua biji ketumbar direndam semalam dan dikonsumsi keesokan harinya tampaknya berguna dalam menangani penyakit jantung dan diabetes.

2. Kunyit

kesehatan jantung

Kunyit dikenal sebagai rempah-rempah dan obat-obatan. Kunyit juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung timbul dari kurkumin, senyawa aktif yang memiliki beberapa khasiat termasuk anti-oksidan, anti-pembekuan, anti-inflamasi, dan anti-proliferasi.

3. Lada Hitam

kesehatan jantung

Piperin, komponen utama dalam lada hitam dan putih telah banyak digunakan sebagai bahan pembuatan obat. Beberapa studi ilmiah memberikan bukti bahwa lada hitam memiliki sifat menurunkan kolesterol dan dapat membantu dalam pemulihan fungsi jantung setelah serangan jantung.

4. Kayu Manis

kesehatan jantung

Efek stimulan dari kayu manis telah dilaporkan dalam beberapa buku kesehatan. Kayu manis terbukti membantu dalam pengurangan kolesterol jahat (LDL) dan membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL). Hal ini juga membantu untuk meningkatkan resistensi insulin, sehingga sangat bermanfaat dalam manajemen diabetes.

Salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan manfaat terbaik dari rempah jenis ini, tambahkan kayu manis dalam teh hangat Anda.

5. Fenugreek

kesehatan jantung

Biji fenugreek atau klabet telah digunakan secara luas untuk ekstrak dan serbuk untuk keperluan pengobatan sejak zaman kuno. Bubuk biji fenugreek telah dikenal untuk menurunkan kadar lipid serum seperti kolesterol total dan trigliserida.

6. Jintan hitam

kesehatan jantung

Biji jintan hitam, juga dikenal sebagai jintan hitam. Sebuah studi baru-baru ini (2009) mengungkapkan bahwa biji jintan hitam memiliki efek beragam pada profil lipid. Jintan Hitam terbukti memiliki efek yang signifikan dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL). Selain itu, kandungan pitosterol semakin memperkuat manfaat jintan hitam untuk jantung.

7. Jahe

kesehatan jantung

Jahe terkenal penggunaannya pada penyakit seperti sakit tenggorokan, kram, nyeri, arthritis, gangguan pencernaan, muntah, atau tekanan darah tinggi. Senyawa bioaktif jahe termasuk gingerol, yang diyakini untuk merilekskan pembuluh darah, dapat merangsang aliran darah dan mengurangi rasa sakit. Jahe juga merupakan bahan anti-inflamasi yang baik.

8. Bawang Putih

kesehatan jantung

Bawang putih dapat dijadikan sebagai tonik jantung dengan menjaga fluiditas darah dan memperkuat jantung. Allicin, senyawa yang mengandung sulfur adalah salah satu komponen kunci dari bawang putih. Senyawa ini dikenal dapat menurunkan kolesterol, anti-pembekuan, dan penurun tekanan darah.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Makanan Super Untuk Redakan Radang Sendi Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes