resolusi awal bulan

Resolusi Awal Bulan agar Tubuh Makin Sehat & Langsing

Resolusi menjadi kata yang paling akrab di telinga Anda menjelang pergantian tahun. Resolusi merupakan sebuah target pencapaian yang dilakukan demi mendapatkan perubahan ke arah yang lebih baik dan sehat.

resolusi awal bulan

Kali ini kita tidak akan membahas tentang resolusi tahun baru karena hal itu sudah biasa. Untuk bisa memberikan efek yang lebih baik lagi, Anda akan diajak untuk menikmati resolusi awal bulan agar kehidupan Anda jauh lebih baik dan sehat di bulan-bulan mendatang.

Apa saja resolusi awal bulan yang perlu Anda masukkan dalam to-do list Anda, berikut jawabannya!

Senin

Mulai Hari Anda Olahraga & Multivitamin
Ketika Anda bangun di Senin pagi, segera rapikan tempat tidur dan lakukan beberapa latihan singkat untuk membakar lebih banyak kalori di tubuh Anda. Olahraga di pagi hari dapat membuat tubuh tetap bugar sepanjang hari. Anda bisa mencoba berbagai pilihan olahraga seperti, jogging, jalan-jalan, atau yoga di pagi hari.

Sebuah studi di Perancis menemukan bahwa olahraga di pagi hari dapat memperbaiki ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah siklus 24 jam perubahan mental, fisik dan perilaku, yang merespon terhadap cahaya dan kegelapan dalam lingkungan. Setelah ritme sirkadian sudah teratur, jam internal tubuh kita akan memberi tanda kapan waktu tidur dan waktu bangun. Ritme ini membantu tubuh untuk rileks, tidur nyenyak, dan menjaga fungsi denyut jantung tetap lancar.

Setelah berolahraga segeralah mandi dan ambil sarapan. Jangan lupa untuk menambahkan suplemen multivitamin dan multimineral agar daya tahan tubuh Anda tetap prima sepanjang hari.

Selasa

Segarkan dengan Musik
Mendengarkan musik kesukaan dapat meningkatkan mood positif dan membuat energi tubuh meningkat, terutama jika musik yang diperdengarkan adalah musik yang penuh semangat. Studi yang dilakukan University of North Carolina menemukan bahwa mendengarkan musik di saat stres dapat menurunkan hormon kortisol dan meningkatkan hormon endorfin (hormon bahagia) dalam tubuh.

Rabu

Perbanyak Makan Sayur dan Buah
Sebuah penelitian baru dari University of Otago, Selandia Baru, menyarankan bahwa makan banyak buah dan sayuran dapat membuat kaum muda lebih tenang, lebih bahagia, dan lebih energik dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Ini artinya, meningkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan dapat membuat hidup seseorang lebih lama dan terbebas dari serangan penyakit berbahaya yang mengancam nyawa.

Kamis

Makan Camilan sambil Bekerja
Jika memungkinkan dan mendapatkan ijin dari atasan, tidak ada salahnya jika Anda membawa bekal camilan sehat yang bisa Anda santap di tengah kesibukan bekerja. Ngemil berguna untuk mengendalikan napsu makan dari pola makan membabi buta dan tinggi kalori. Sebagian besar orang tidak bisa melepaskan kebiasaan ngemil dari hidupnya. Bukan hal buruk memang, tapi ketika yang dikonsumsi adalah camilan tidak sehat maka sebaiknya Anda mulai kurangi kebiasaan ini.

Camilan yang dikonsumsi harus rendah kalori dan kaya nutrisi. Hindari camilan yang banyak menggunakan MSG (monosodium glutamat), karena inilah yang dapat membuat seseorang kecanduan untuk makan lagi dan lagi.

Hindari pula camilan yang terlalu banyak gula, garam, dan pewarna makanan. Pilih makanan alami yang disediakan langsung oleh alam seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan olahannya. Anda juga bisa mencoba sayuran dan buah-buahan segar karena kandungan vitamin dan mineralnya akan menjaga daya tahan tubuh Anda agar tetap prima sepanjang hari.

Jumat

Jangan Tumpuk Pekerjaan
Selesaikan pekerjaan yang menjadi tanggungan Anda minggu ini. Jangan menumpuk pekerjaan karena ini hanya akan membebani Anda di minggu-minggu selanjutnya. Tentukan target yang jelas dari pekerjaan Anda dan penuhi target tersebut.

Berhentilah di sela pekerjaan jika Anda benar-benar tidak bisa lagi berpikir jernih. Berjalanlah keluar ruangan, pejamkan mata, tarik napas yang dalam dari hidung dan keluarkan perlahan lewat mulut. Lakukan cara ini selama 5-10 menit, maka Anda akan mersa segar kembali.

Sabtu

Kunjungi Orang Terdekat
Akhir minggu adalah saat yang tepat untuk mengunjungi orang terdekat, baik orang tua, kekasih ataupun kerabat. Bersosialisasi ternyata juga memberikan dampak menyehatkan bagi tubuh. Orang yang sendiri dan kesepian biasanya cenderung gelisah dalam tidurnya. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Chicago menyebutkan bahwa orang yang memiliki hubungan sosial yang baik lebih mungkin mendapatkan tidur yang nyenyak ketimbang orang yang suka menyendiri.

Minggu

Buang Energi Negatif
Tekanan pekerjaan dapat meningkatkan energi negatif dan mengurangi energi positif dalam hidup Anda. Bisa jadi Anda merasa seperti sebuah robot yang bekerja siang malam tanpa memiliki waktu untuk diri sendiri. Jika Anda merasa seperti itu, kini saatnya Anda melakukan perjalanan wisata, travelling atau aktivitas lain yang menyenangkan bagi Anda.

Melakukan sesuatu yang membuat Anda senang akan membuang energi negatif dan meningkatkan energi positif sehingga Anda siap untuk menjalani kehidupan Anda kembali.

Itulah resolusi awal bulan yang bisa Anda pilih sebagai aktivitas sehat setiap hari. Bahkan Anda tidak perlu menunggu hingga berganti tahun untuk memulai resolusi sehat.

Selamat mencoba! (dan)

BACA JUGA : Vitamin & Mineral, Cegah Pilek hingga Kanker Penyebab Kematian

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes