gangguan mood

SAD, Gangguan Mood yang Sebabkan Anda Depresi Akut

Jika Anda mengalami gangguan mood dan merasa murung setiap waktu, maka hal tersebut tentunya akan mempengaruhi aktivitas Anda seharian penuh. Namun, hal itu masih tergolong wajar jika hanya berlangsung hanya beberapa hari. Namun, hal tersebut akan menjadi sangat mengganggu bila mood dan murung terjadi secara terus menerus. Bisa jadi, Anda sedang mengalami Seasonal Affective Disorder (SAD).

Jendela melamun

Apa Itu SAD?

Seasonal Affective Disorder adalah sejenis depresi ringan yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahun. Jenis gejala depresi ini, Anda akan merasakan melemahnya energi dan merasa moody pada musim-musim tertentu. Jika Anda mengalaminya, kemungkinan besar Anda sedang mengalami SAD.

Sebenarnya, SAD adalah suatu kondisi siklik musiman. Dengan demikian, gejala yang dialami mucul dan hilang pada waktu yang sama setiap tahun.

Apa Penyebabnya?

Banyak penyebab yang mendasari Anda mengalami SAD ini. Salah satunya adalah jam biologis Anda. Hal ini disebabkan oleh kurangnya sinar matahari di musim gugur dan dingin yang dapat mengganggu jam internal tubuh, yang memungkinkan kita tahu kapan harus terlelap dan terjaga. Itulah yang menyebabkan perasaan depresi.

Bukan hanya itu, faktor penyebab Anda mengalami SAD salah satunya yakni meningkatnya hormon melatonin di tubuh Anda. Perubahan musim dapat mengganggu keseimbangan hormon ini, sehingga mempengaruhi pola tidur dan suasana hati. Selain melatonin, penurunan serotonin, zat kimia otak juga dapat mempengaruhi suasana hati. Mengurangi sinar matahari juga dapat menyebabkan penurunan serotonin, sehingga berisiko besar memicu depresi.

Lalu, Bagaimana Mengatasinya?

Memang, perubahan mood dapat mempengaruhi aktivitas dan hubungan Anda dengan orang-orang terdekat Anda. Itulah sebabnya, sebisa mungkin Anda akan mencoba mengatasinya. Berikut adalah beberapa solusi untuk menghindari mood musiman yang sangat mengganggu.

    •Maksimalkan Vitamin D
    Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium. Tanpa asupan vitamin D yang memadai, maka pemenuhan kalsium di tubuh Anda akan berkurang. Sehingga tulang Anda pun tentunya juga semakin lemah dan rapuh. Vitamin D juga sangat penting bagi pertumbuhan sel, menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi peradangan. Mendapatkan jumlah vitamin yang tepat akan membantu Anda memastikan kualitas performa Anda setiap hari, sehingga mengurangi gejala SAD.
    •Mencoba Terapi Cahaya
    Terapi Cahaya sangat berguna bagi Anda yang tidak cukup mendapatkan vitamin D. Anda bisa mencoba terapi cahaya dengan menggunakan lampu khusus, lampu yang sangat terang (3.000-10.000 lux). Ini adalah sejenis lampu atau “light box” yang dapat membantu tubuh Anda secara alami membuat vitamin D yang Anda butuhkan. Cahaya yang dikeluarkan lampu tersebut juga dapat meringankan gejala dari depresi.
    •Menemukan Latihan yang Cocok Bagi Anda
    Berolahraga dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk memrangi depresi. Mengambil bagian dalam program latihan yang teratur akan meningkatkan kesejahteraan Anda dengan menyebabkan banjir endorfin yang baik bagi Anda. Latihan yang baik juga membantu Anda meningkatkan energi. Jika Anda berolahraga dengan tujuan untuk membantu dan meringankan kesedihan Anda, maka setidaknya fokuslah untuk melakukan latihan membangun otot dan menghilangkan lemak. Anda bisa melakukannya dengan metode latihan yang Anda sukai. Misalnya, seperti yoga, emnari, berenang, atau angkat beban.
    •Menjaga Tidur Reguler Anda
    Musim dingin adalah waktu terbaik dan mudah untuk membuat Anda tidur neynyak. Namun, ketika siang hari, usahakan agar tetap beraktivitas, sehingga sebanyak mungkin Anda akan mendapatkan sinar matahari yang baik bagi tubuh Anda. Untuk mengatur jam tidur Anda, pergilah ke tempat tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun setiap pagi pada waktu yang sama. Ini membantu menjaga tubuh Anda agar berada di rutininitas yang sama. Namun jika Anda sering mengalami kualitas tidur yang buruk, maka Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi suplemen.

    Semoga informasi ini bermanfaat. Dan bagi yang mengalami SAD, Anda bisa mengatasinya dengan solusi-solusi di atas. (gie)

    BACA JUGA: Maksimalkan Bakar Lemak, Buat Tubuh Kekar Atletis

    Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes