penyebab sakit kepala saat olahraga

Sakit Kepala Saat Latihan? Ini Sebabnya

Chepalgia atau yang biasa kita sebut dengan sakit kepala memang bukan penyakit baru bagi masyarakat dunia. Setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala dengan sensasi yang berbeda.

penyebab sakit kepala saat olahraga

Ada yang merasakan sakit kepala seperti ditusuk-tusuk, kepala terasa berat, hingga kepala berdenyut-denyut. Lokasi sakit kepala juga bermacam-macam. Bisa dirasakan di seluruh area kepala atau di bagian tertentu seperti ubun-ubun, kepala bagian depan, samping hingga ke bagian tengkuk. Sedangkan sakit kepala pada separuh bagian kepala sering disebut dengan migrain.

Ada berbagai faktor penyebab sakit kepala dan dapat berasal dari organ yang ada di kepala yaitu otak, mata, hidung, telinga, pembuluh darah, tumor dan juga otot.

Gangguan Organ Lain Pemicu Sakit Kepala

  • Sakit kepala yang disebabkan tekanan darah tinggi terjadi karena jantung memompa darah terlalu kuat, sehingga pembuluh darah di otak menekan jaringan otak dan muncullah sakit kepala. Tidak hanya pada tekanan darah tinggi, penderita tekanan darah rendah pun sering mengeluhkan sakit kepala. lni terjadi karena jantung tidak cukup menyuplai oksigen dan darah ke otak sehingga otak kekurangan darah dan oksigen.
  • Beberapa gangguan mata dapat menyebabkan sakit kepala, seperti mata minus dan silindris. Penyakit flu dengan gejala sakit kepala, pilek, juga dapat memicu sakit kepala.
  • Sinus (rongga pada tengkorak) yang terinfeksi dapat menyebabkan migrain, misalnya infeksi sinus dibawah mata kiri menyebabkan sakit sebelah kiri.
  • Infeksi pada telinga dapat menyebabkan demam dan sakit kepala. Kurang tidur juga dapat menyebabkan sakit kepala.
  • Posisi tubuh yang kurang tepat saat latihan juga berpotensi menyebabkan sakit kepala
    Ada begitu banyak penyebab sakit kepala, sehingga sebelum Anda mengobatinya perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab sakit kepala yang Anda alami sehingga pengobatan yang dilakukan tepat sasaran.

Sakit Kepala Saat Latihan

Banyak pula fitnessmania yang mengeluhkan sakit kepala saat latihan atau sesaat setelah latihan. Olahraga atau latihan yang Anda lakukan dapat menyebabkan perubahan fisiologis dalam tubuh seperti; tekanan darah meningkat, aliran darah menjadi lancar, suhu tubuh meningkat, dan tubuh kekurangan cairan.

Semua perubahan ini akan berdampak pada organ tubuh secara keseluruhan, sehingga nyeri otot, kelelahan hingga sakit kepala bisa saja terjadi saat latihan. Pada olahraga daya tahan, seperti misalnya lari jarak jauh yang cepat, bila merasa lelah, maka jantung tidak akan cukup memompa darah ke otak, sehingga otak kekurangan oksigen yang menyebabkan sakit kepala.

Sedangkan pada latihan beban, teknik yang kurang tepat biasanya menjadi pemicu sakit kepala, terutama teknik pernapasan pada saat mengangkat dan menurunkan beban. Lantas bagaimana teknik pernapasan yang tepat saat latihan beban?

Teknik pernapasan yang baik saat latihan beban adalah; ekspirasi atau buang napas saat mengangkat beban dan ambil napas saat menurunkan beban. Jika Anda melakukan sebaliknya maka, tekanan dalam rongga dada dan perut akan meningkat sehingga menghambat aliran darah ke otak. Akibatnya otak kekurangan oksigen dan Anda pun mengalami sakit kepala, mata berkunang-kunang, hilang keseimbangan, dan bahkan pingsan.

Sakit Kepala saat Latihan Outdoor

Tak semua sakit kepala terjadi akibat kelelahan fisik dan stres. Kualitas udara yang tidak sehat ternyata bisa menjadi penyebab sakit kepala yang sering Anda alami. Terutama bagi Anda yang gemar berolahraga di luar ruangan (outdoor).

Sebuah studi yang dilakukan para ahli di kota yang padat populasi seperti provinsi Santiago, Chile, yang secara geografis cenderung memiliki kadar polusi yang tinggi, menemukan bahwa tingkat kejadian sakit kepala atau migrain di kota itu sangat tinggi. Dibuktikan dengan tingginya jumlah orang yang berobat ke rumah sakit karena keluhan sakit kepala.

Di tempat lain, Dr.Sabit Cakmak, dari Kanada melakukan penelitian mengenai hal tersebut dengan memonitor kadar polusi udara di tujuh stasiun antara tahun 2001-2005. Di tiap lokasi diukur kadar polutan udara dan ozon, seperti nitrogen, sulfur dioksida, karbon monoksida, dan partikel kecil lain yang bertebangan yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil.

Pada saat yang sama, para peneliti juga mengumpulkan informasi mengenai jumlah pasien yang berobat di rumah sakit untuk keluhan sakit kepala, migren, darah tinggi, serta berbagai tipe sakit kepala lainnya. Hasilnya, polusi udara merupakan faktor risiko kasus sakit kepala tersebut.

Sakit Kepala Karena Kurang Nutrisi

Pemicu sakit kepala lainnya adalah terlambat makan. Terlambat makan dapat menurunkan kadar gula darah, yang kemudian mendorong sakit kepala. Tubuh membutuhkan nutrisi seperti karbohidrat sebagai sumber energi. Jika Anda tidak mengasup cukup karbohidrat sebelum latihan, maka besar kemungkinan Anda akan merasakan sakit kepala saat latihan.

Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein 30 menit sebelum latihan di mulai.
Dengan memahami penyebab sakit kepala yang dapat menyerang setiap saat, terutama pada saat berolahraga, diharapkan Anda dapat memperkecil risiko serangan sakit kepala sehingga aktivitas harian Anda menjadi lancar. (dan)

BACA JUGA : SALAD BUAH, SEGARKAN OTOT PASCA LATIHAN BEBAN

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes