Sehat dengan Serat

Ada banyak alasan untuk mengkonsumsi serat, mengingat banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari serat. Sebenarnya serat makanan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu serat larut (soluble fiber) dan serat tidak larut (insoluble fiber). Serat larut (serat yang larut di dalam air) antara lain terdiri atas pektin, gum, mucilage dan beta glucan, seperti pada sayuran, buah, produk kedelai, bijian-bijian. Serat tidak larut antara lain lignin, selulosa dan hemiselulosa seperti pada sereal, kulit buah, sayuran terutama berbentuk daun, dan kacang-kacangan.

Manfaat serat untuk kesehatan antara lain:

  • Mencegah konstipasi atau sembelit
    Serat makanan meningkatkan massa dan ukuran feses serta melunakkannya, sehingga lebih mudah dikeluarkan dan menurunkan risiko Anda susah BAB.
  • Menurunkan risiko gangguan pencernaan
    Pola makan yang tinggi serat dapat menurunkan risiko Anda terkena gangguan spesifik seperti hemoroid atau wasir, moncler shirts shoes 2 iritasi usus besar maupun luka disertai benjolan dalam usus besar (diverticulitis).
  • Menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah penyakit jantung
    Serat tak larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dalam darah dengan menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Penurunan kadar kolesterol dalam darah mengurangi kemungkinan terjadinya penyumbatan pembuluh darah jantung atau aterosklerosis yang berujung pada penyakit jantung koroner.
  • Mengontrol kadar gula darah
    Serat, terutama serat larut, dapat memperlambat penyerapan gula, di mana untuk pasien diabetes, serat dapat memperbaiki kadar gula darah. Diet dengan serat tinggi juga adapat menurunkan risiko perkembangan diabetes tipe 2.
  • Membantu menurunkan berat badan
    Makanan tinggi serat umumnya lebih lambat diserap, sehingga memberikan waktu bagi tubuh Anda untuk mengatur kapan Anda kenyang, dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda terhindar dari makan berlebihan. Dan juga, diet tinggi serat juga memberikan kalori yang lebih sedikit.
  • Mencegah kanker.
  • Untuk tampilan otot lebih padat
    Sayur-mayur kaya serat seperti brokoli, kembang kol, dan bayam, memiliki kandungan yang disebut indoles. Indoles dapat sedikit menekan tingkat estrogen pada pria dan sedikit meningkatkan kadar testoteron. Hal ini sangat kondusif untuk mencapai tampilan fisik yang lebih keras dan padat, serta sintesa protein yang lebih baik untuk pembentukan otot.

Untuk memelihara kesehatan, dianjurkan untuk memperbanyak asupan serat seperti sayur dan buah, juga menjaga pola makan sehat serta berolahraga teratur. Namun, saat ini kebanyakan orang lebih menginginkan segala sesuatunya bersifat efektif dan efisien sehingga mereka cenderung menambah asupan serat dengan mengonsumsi suplemen sebagai pilihan kedua.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes