kedutan atau penyakit

Sering Kedutan, Sebuah Pertanda atau Penyakit?

Sebagian orang percaya bahwa tubuh mempunyai cara sendiri dalam meramalkan masa depan. Seperti halnya ketika bagian tertentu tubuh Anda mengalami kedutan. Pasti Anda akan menerka bahwa suatu pertanda baik atau buruk akan segera terjadi. Terlebih, jika kakek atau nenek, bahkan orang tua Anda masih mempercayai hal ini, tentu Anda juga akan mempercayainya. Hal ini berkembang seperti sebuah tradisi dalam suatu lingkungan masyarakat.

Kedutan Jendela

Entah dari mana asal-usulnya, hingga kedutan dijadikan pertanda dan dapat meramalkan masa depan bagi banyak orang. Lalu, gejala seperti apakah sebenarnya kedutan itu? Lalu, bagaimana kaca mata medis memandang fenomena kedutan ini? Berikut adalah penjelasannya yang telah dirangkum oleh artikel DuniaFitnes.com untuk Anda.

Apa Itu Kedutan?

Anda tentu pernah mengalami bagian tubuh tertentu Anda serasa berdenyut berkali-kali. Ya, fenomena itulah yang biasa disebut dengan kedutan. Semua orang percaya bahwa kedutan di bagian tubuh tertentu memiliki arti yang dapat meramalkan masa depan Anda. Waow, ajaib bukan? Namun, ramalan masa depan ini ditolak mentah-mentah jika dilihat dari kaca mata medis.

Menurut medis, kedutan istilah medisnya adalah Blepharospasm. Bukan termasuk ke dalam fenomena, namun berupa gejala yang terjadi akibat kontraksi spontan sekelompok serabut otot yang dipersarafi satu motor unit. Dengan artian, motor tersebut seperti halnya serabut-serabut yang dilengkapi dengan saraf mototrik. Secara umum, kedutan adalah pergerakan sel saraf yang tidak dapat dikontrol.

Lalu, Apa Penyebabnya?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kedutan adalah gerakan spontan atau tiba-tiba pada bagian tubuh tertentu. Kedutan tidak akan menjadi masalah jika hanya terjadi beberapa kali saja. Namun, bagaimanakah jika kedutan terjadi berkali-kali, hingga hal tersebut lebih tampak meramalkan timbulnya penyakit untuk Anda?

Misalnya, ketika Anda sedang merasakan kedutan di salah satu bagian mata Anda. Jika dari segi fenomena dan mitos, maka kedutan di bagian mata kiri tandanya Anda akan menangis, sebaliknya jika kedutan di mata kanan, maka Ada seseorang yang sedang merindukan Anda.

Menurut Dr. Karen Wolfe, penulis buku ‘Create The Body Your Soul Desires’, mata kedutan bisa menjadi pertanda bahwa tubuh anda sedang mengalami gangguan ringan.

Namun, jika berkali-kali Anda mengalami kedutan di bagian tubuh yang sama, maka itu meramalkan adanya penyakit. Para ahli kesehatan sepakat, 99% kedutan pada mata disebabkan karena tubuh didera stres dan kelelahan. Tidak ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk menghentikan kedutan pada mata ini selain membiarkan tubuh dan mata Anda untuk beristirahat.

Berikut adalah penyebab lain kedutan yang wajib Anda ketahui sedari dini untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya penyakit:

1) Kualitas Tidur yang Buruk
Beberapa pakar menyebutkan bahwa kedutan bisa diakibatkan oleh gangguan pada organ penglihatan Anda yang bersifat sementara akibat kurang istirahat. Gangguan ini lebgih parah jika sudah menjalar ke otot sekitar bibir. Kondisi ini disebabkan oleh adanya iritasi yang terjadi pada saraf kranial ke-7 di wajah, oleh pembuluh darah arteri, serebri, anterior, atau karena gangguan yang lain.

2.) Gangguan Saraf Motorik ke-7
Telah disinggung dalam poin 1, bahwa salah satu penyebabnya karena ada yang tidak beres dengan gangguan saraf mototrik ke-7. Meskipun gangguan ini hanya bersifat sementara, tapi tetap perlu mendapatkan perhatian Anda. hal ini, bisa atasi dengan mengonsumsi multivitamin penambah darah atau vitamin E.

3.) Perlu Perbaikan Nutrisi
Itulah sebabnya penting untuk Anda mengonsumsi banyak sumber makanan yang bernutrisi tinggi. Kurangnya magnesium adalah pemicu mengapa Anda sering mengalami kedutan.

4.) Alami Stres Berat
Sudah hampir di setiap artikel mengatakan bahwa stres adalah pemicu penyakit, mulai dari mengganggu kesehatan mental hingga fisik Anda. Bahkan, stres juga salah satu pemicu terjadinya kedutan di bagian tertentu tubuh Anda.

Itulah informasi yang harus Anda ketahui tentang kedutan. Untuk itu, DuniaFitnes.com tidak memaksa Anda untuk mempercayai fenomena kedutan sebagai pertanda atau bahkan kedutan dalam kaca mata medis. Namun satu yang wajib Anda perhatikan, bahwa sering kedutan di bagian tubuh yang sama adalah sebuah pertanda bahwa kemungkinan besar hal tersebut disebabkan karena adanya penyakit. (gie)

BACA JUGA: Morning Activities Untuk Turunkan Berat Badan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes