kekurangan vitamin

Sering Kram Otot atau Bibir Pecah-Pecah? Bisa Jadi Anda Sedang Kekurangan Vitamin!

Apakah Anda sering mengalami kram otot pada jari kaki, betis, atau paha belakang (hamstring)? Masalah tersebut bisa jadi pertanda bahwa tubuh kekurangan vitamin. Apa saja tanda-tanda lain jika tubuh kekurangan vitamin? Simak di sini!

kekurangan vitamin

Sepantasnya kita harus bersyukur karena memiliki tubuh yang sehat. Tubuh kita diciptakan dengan berbagai kehebatannya. Bahkan, tubuh dapat ‘mengatakan’ kepada kita jika tubuh mengalami masalah. Salah satunya adalah kekurangan vitamin (avitaminosis).

Kekurangan vitamin mungkin belum tentu bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit tertentu. Namun, kekurangan vitamin dapat membuat tubuh tidak berfungsi dengan optimal dan perannya tidak dapat digantikan dengan senyawa lain. Kondisi yang demikian tentunya dapat berujung pada potensi untuk tertular penyakit menjadi semakin besar.

Tidak ingin hal ini terjadi bukan? Karena itu, berikut ini lima tanda yang menunjukkan bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin dan cara mengatasinya.

#1. Bibir Kering dan Pecah-Pecah

kekurangan vitamin

Tanda-tanda ini menunjukkan kurang vitamin vitamin B (niacin/B3, riboflavin/B2, dan B12). Juga nutrisi penting lain seperti zat besi, dan zinc (seng). Tidak mendapat asupan zat besi yang cukup biasanya terjadi pada seseorang yang vegetarian.

Bagaimana mengatasinya?

Cara terbaiknya adalah dengan makan-makanan seperti ayam, ikan salmon, tuna, telur, kerang, atau kacang-kacangan. Penyerapan zat besi juga membutuhkan vitamin C. Jadi kombinasikan makanan-makanan tadi dengan sayuran seperti brokoli, paprika merah, kale, dan kembang kol.

>> Atasi Bibir Kering dengan Cara Alami Ini <<

#2. Muncul Ruam pada Wajah dan Rambut Rontok

kekurangan vitamin

Selain pada wajah, tanda tanda ini juga bisa terjadi pada bagian tubuh lain serta rambut rontok. Tanda-tanda ini terjadi karena tubuh kekurangan vitamin Biotin (B7) yang dikenal sebagai vitamin rambut. Berbeda dengan vitamin A, D, E, dan K yang bersifat larut dalam lemak sehingga mudah disimpan tubuh, vitamin B dan C bersifat larut dalam air. Sehingga tubuh dapat menyimpan vitamin ini lebih sedikit dan biasanya akan segera hilang bersama aliran makanan. [Baca Juga: Vitamin C & E: Kombinasi Hebat Agar Sehat Setiap Saat]

Bagaimana mengatasinya?

Ingat, makan telur mentah juga dapat membuat tubuh rentan karena protein dalam telur mentah yang disebut avidin, dapat menghambat tubuh untuk menyerap biotin. Sebaiknya konsumsi telur yang dimasak, ikan salmon, alpukat, jamur, kembang kol, kacang-kacangan, raspberry, atau pisang akan membantu mencukupi kebutuhan biotin tubuh.

#3. Benjolan seperti jerawat

kekurangan vitamin

Tanda-tanda ini biasanya muncul di pipi, lengan, paha, atau pantat. Apakah terjadi pada Anda? Jika benar maka salah satu penyebabnya adalah tubuh kekurangan vitamin A, dan D, serta kekurangan asam lemak esensial seperti omega-3.

Bagaimana mengatasinya?

Hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Sebaiknya pilih makanan yang mengandung lemak sehat. Seperti salmon, kacang-kacangan (kenari, almond), sarden, dan biji-bijian.

Sementara untuk memenuhi vitamin A bisa didapat dari sayuran hijau dan sayuran berwarna seperti wortel, paprika merah, atau ubi jalar. Makanan tersebut mengandung beta karoten yang dapat mendorong tubuh membentuk vitamin A.

#4. Kesemutan dan kaku pada tangan atau kaki

kekurangan vitamin

Sering mengalami kesemutan di tangan atau kaki? Mungkin itu merupakan tanda bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin. Tanda-tanda seperti ini dapat terjadi akibat tubuh kekurangan vitamin B seperti folat (B9), B6, dan B12. Selain karena kekurangan vitamin, gejala ini juga bisa terjadi karena depresi, anemia, kelelahan, kecemasan, dan ketidakseimbangan hormon. [Baca Juga: Manfaat Lengkap dari Vitamin B Komplex]

Bagaimana mengatasinya?

Cara terbaik untuk mengantisipasinya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti bayam, asparagus, kacang, telur, dan daging ayam. Selain itu, perlu juga untuk menjaga kondisi mental dengan manajemen stres yang baik serta istirahat yang cukup.

#5. Kram otot di jari kaki, betis, atau hamstring

kekurangan vitamin

Tanda ini terjadi karena tubuh kekurangan beberapa vitamin dan mineral penting seperti magnesium, kalsium, dan kalium. Latihan yang keras dan intens juga dapat membuat seseorang kehilangan mineral atau vitamin (vitamin B yang larut dalam air) melalui keringat.

Bagaimana mengatasinya?

Solusinya adalah dengan mengonsumsi lebih banyak pisang, kacang almond, apel, jeruk, brokoli, dan sayuran hijau seperti kale atau bayam.

Kesulitan mendapatkan sumber makanan kaya vitamin?

Mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi tentunya akan dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin harian tubuh Anda. Namun tidak sedikit yang mengaku cukup kesulitan mendapatkan makanan-makanan tersebut. Lalu bagaimana agar vitamin tetap tercukupi? Langkah terbaiknya adalah dengan menambahkan suplemen multivitamin dan multimineral.

Dengan penambahan suplemen vitamin akan membantu asupan vitamin tubuh tetap terjaga, sehingga fungsi tubuh berjalan dengan optimal. Selain itu, suplementasi vitamin juga membantu menjaga kebugaran tubuh, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Selain dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat, cara terbaik untuk mendapatkan kesehatan yang menyeluruh adalah dengan rutin berolahraga serta istirahat yang cukup. (ctr)

BACA JUGA: Buat Generasi Bangsa Merdeka dari Narkoba

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes