sehat meski lembur

Sering Lembur? Coba InI Agar Tubuh Tetap Bugar

Tentu, semua orang yang bekerja pasti pernah merasakan yang namanya kerja lembur. Ya, kerja lembur dilakukan untuk menyelesaikan tugas yang harus selesai sebelum deadline yang ditentukan oleh pimpinan. Terlebih, menjelang liburan Natal dan Tahun Baru tentu Anda akan disibukkan dengan tugas kantor Anda. Semua harus selesai sebelum liburan tiba. Hal ini demi memaksimalkan kualitas libur, agar nantinya tak kepikiran dengan tugas kantor.

Jendela lembur fix

Setelah delapan jam duduk dan melakukan aktivitas kantor, Anda masih perlu menambahnya dengan lembur. Itulah sebabnya, mengapa kerja lembur sering membuat Anda loyo, lemas, dan daya tahan tubuh Anda pun akan menurun drastis. Jika sudah begitu, maka Anda akan jatuh sakit. Akibatnya, pekerjaan semakin menumpuk dan menambah pikiran Anda.

Tak mau ‘kan hal itu terjadi pada Anda? Oleh sebab itu, simak tips sehat mempertahankan tubuh agar tetap bugar di saat Anda lembur kerja sekalipun. Berikut adalah informasinya untuk Anda.

1.) Jika Ada Kesempatan, Ambil Waktu untuk Tidur

Memang, rutinitas kantor akan membuat Anda terlalu sibuk, sehingga melupakan bahwa tubuh Anda perlu beristirahat. Delapan jam kerja membuat tubuh dan pikiran Anda lelah. Belum lagi jika terdapat tugas yang harus dikerjakan di rumah. Hal itu tentunya akan menyita waktu tidur Anda. Meskipun begitu, Anda tetap harus meluangkan waktu Anda untuk tidur.

Karena, pada saat Anda tidur, hormon pertumbuhan akan bekerja untuk mengganti sel-sel yang rusak. Jika Anda mempunyai waktu yang terbatas, setidaknya Anda dalam sehari mempunyai tidur tujuh jam dalam sehari. Jika ada kesempatan atau waktu luang, gunakanlah untuk tidur. Meskipun hal itu hanya sebentar, namun tidur akan membuat tubuh Anda nampak bugar setelah terbangun.

2.) Makanan Bergizi untuk Penuhi Nutrisi

Bekerja lembur secara tak langsung akan banyak menguras energi Anda. Baik itu energi fisik maupun mental. Itulah sebabnya Anda perlu makan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Makanan yang memiliki sumber nutrisi baik akan memberikan energi positif bagi Anda. Metabolisme tubuh Anda juga semakin bekerja lebih baik dari sebelumnya. Sebagai rekomendasi, konsumsilah makanan yang mempunyai sumber protein, vitamin, dan mineral yang tinggi. Hal tersebut untuk mengisi kembali kekuatan Anda, sehingga kerja lembur Anda juga semakin maksimal dan cepat selesai.

3.) Menentukan Prioritas Tugas yang Dikerjakan

Dunia kerja memang lebih kejam dibanding ketika Anda mengerjakan tugas-tugas kuliah. Ketika di dunia kerja Anda tidak akan diberi banyak tugas, yang semuanya harus diselesaikan dalam satu waktu. Untuk itu, kesehatan otak sangat diperlukan dalam hal ini. Jika Anda dibingungkan dengan banyak tugas, dan terus memikirkan dan mengeluh, maka telah jelas bahwa tugas-tugas tersebut tidak akan pernah selesai.

Untuk memudahkan Anda, pilih prioritas tugas yang memiliki bobot paling berat dan harus diselesaikan secepatnya. Dengan membuat jadwal prioritas tersebut, maka Anda bisa mengatur tugas mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Anda pun juga harus disiplin dengan jadwal prioritas tugas yang sudah Anda buat. Seleseai8kan tugas-tugas tersebut sesuai dengan target waktu yang tepat.

4.) Penerangan Lampu Ruangan Harus Memadai

Setelah delapan jam bekerja ditambah dengan jam lembur, maka jelas tingkat konsentrasi Anda akan menurun drastis. Padahal Anda dituntut untuk selalu teliti dalam mengerjakan tugas lembur Anda. Lalu bagaimana solusinya? Ya, langkah yang harus Anda ambil adalah dengan memaksimalkan pencahayaan ruangan kantor Anda.

Jika lampu di ruangan kantor meredup, maka tubuh Anda akan membaca bahwa redupnya penerangan menandakan saatnya Anda untuk tidur. Saran untuk Anda, jika lampu kantor Anda bewarna kekuningan, maka ganti dengan lampu yang mempunyai cahaya putih. Hal ini dikarenakan, lampu kuning dapat membuat mata Anda terlelap untuk tidur

5.) Agar Terjaga, Kopi Adalah Solusi

Bagian pada poin ini mungkin Anda semua sudah mengetahuinya. Ya, kopi bukan hanya cocok diseduh ketika Anda sedang berkumpul dengan kerabat Anda, melainkan juga dapat digunakan teman untuk menemani kerja lembur Anda.

Kafein yang terkandung pada kopi dapat membuat Anda agar lebih terjaga. Sehingga, rasa kantuk dapat terusir pergi. Namun, bagi Anda yang mempunyai riwayat maag, Anda juga perlu mengurangi minuman jenis ini. Hal ini dapat memperburuk penyakit maag yang Anda derita.

6.) Atur Suhu Ruangan yang Tepat

Ketika Anda sedang melakukan lembur di kantor, Anda juga perlu memperhitungkan suhu ruangan. Jangan sampai suhu terlalu dingin mempengaruhi kondisi kesehatan fisik Anda. Sebaliknya, jika suhu ruangan Anda hangat, maka kondisi tersebut akan membuat Anda tidak mudah terserang penyakit. Hal ini disebabkan karena penurunan suhu tubuh seseorang yang sedang lembur semalaman hingga dini hari membuat kondisi tubuh Anda semakin menurun.

Memang, kerja menuntut kita untuk selalu memberikan waktu dan dedikasi. Namun, bukan berarti Anda menjadi ‘gila kerja’ dengan melupakan kesehatan Anda sendiri. Lakukan tips di atas untuk menunjang kerja lembur Anda dan mempertahankan tubuh agar tetap bugar. (gie)

BACA JUGA: Tidak Bugar Saat Latihan? Awas Hipertensi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes