Sering Melewatkan Olahraga Pagi Karena Bangun Kesiangan? Mungkin Ini Penyebabnya!

Melakukan olahraga atau latihan sangat disarankan bagi mereka yang ingin mendapatkan atau menjaga tubuh tetap ideal. Selain itu, latihan rutin juga dapat membantu tubuh kita tetap sehat secara keseluruhan.

Latihan pagi biasanya direkomendasikan karena udara yang cenderung masih segar serta suasana yang tenang. Namun, latihan pagi biasanya justru sering terlewat. Kenapa?

Salah satu jawabannya adalah karena bangun kesiangan, entah itu karena begadang menonton tayangan sepak bola, lembur pekerjaan, atau karena kebiasaan. Nah, beberapa hal berikut mungkin menjadi penyebab dan juga cara mengatasinya agar Anda bangun lebih awal dan tidak melewatkan acara latihan.

#1. Kurang Tidur

Tidur2

Ya, kurang tidur adalah salah satu penyebab utama mengapa Anda kesulitan bangun pagi. Bukan hanya kesulitan bangun lebih awal, tubuh akan terasa lelah ketika bangun nanti. Dan waktu tidur yang sering direkomendasikan adalah 7-8 jam semalam.

Memiliki tidur yang berkualitas sangat penting untuk menjaga energi tubuh Anda. Selain itu, tidur yang baik akan dapat meningkatkan produktivitas Anda.

Tidur akan sangat penting dalam membentuk dan memperbaiki otot yang dirusak sewaktu latihan.

Selain itu, orang yang kurang tidur tubuhnya berpotensi untuk menyimpan lemak lebih banyak dibanding mereka yang mendapatkan tidur berkualitas. Pastinya ini akan sangat mengganggu Anda yang menjalani program penurunan berat badan.

Baca Juga: Mengapa Tidur Malam Sangatlah Penting Bagi Tubuh?

#2. Terlalu Banyak Pikiran (Stres)

Penyebab kesulitan bangun lebih pagi selanjutnya adalah karena stres.

Stres akan dapat mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk tidur dan juga kualitas tidur Anda.

Karena itu, cobalah untuk mengatasi setiap masalah agar terhindar dari stres. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan aktivitas yang ringan seperti yoga sebelum tidur.

#3. Mengonsumsi Stimulan Dekat dengan Waktu Tidur

Kafein adalah salah satu stimulan yang membuat tubuh Anda tetap terjaga.

Kafein biasanya identik dengan kopi. Padahal, bukan hanya kopi yang mengandung kafein, salah satunya suplemen.

Ok, katakanlah Anda membutuhkan suplemen yang mengandung kafein sewaktu latihan, seperti suplemen pembakar lemak. Simak juga artikel menarik lain seperti Kafein, Menambah Daya Ingat Hingga Maksimalkan Pembakaran Lemak.

Namun untuk mengatasinya, janganlah melakukan latihan dan juga konsumsi suplemen dekat dengan waktu tidur. Ini akan membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

#4. Sarapan Terlalu Sedikit

TidurSarapan

Lantaran ingin menurunkan berat badan, Anda menikmati sarapan terlalu sedikit.

Padahal, jika Anda kekurangan nutrisi akan membuat pagi Anda terasa lelah dan kurang energi. Tapi perlu diingat, tidak makan sedikit bukan berarti makan dengan banyak. Kuncinya adalah makan dengan cerdas.

Sarapan dengan nutrisi seimbang dan mengandung karbohidrat kompleks untuk melepaskan energi secara perlahan. Anda juga dapat menambahkan protein dalam sarapan Anda.

#5. Terlalu Akrab dengan Gadget

Pada beberapa penelitian menyebutkan, cahaya yang dipancarkan dari perangkat elektronik maupun gadget akan dapat mengganggu tidur Anda.

Ini dikarenakan paparan cahaya tersebut merangsang otak Anda untuk lebih waspada pada jam tidur Anda. Akibatnya, waktu tidur Anda pun akan terganggu.

Karena itu, sebisa mungkin singkirkan gadget Anda selama beberapa waktu saat akan beranjak tidur.

>> Cahaya dari Gadget Elektronik Bisa Menghambat Tidur <<

#6. Tidak Ada Rutinitas

TidurRutin

Bila memungkinkan, cobalah untuk pergi tidur dan bangun setiap harinya dengan waktu yang sama. Jika tidak terbiasa mungkin Anda akan sulit pada awalnya. Tetapi, cara ini akan membuat perbedaan besar.

Jam tubuh Anda akan mulai beradaptasi dengan rutinitas ini sekitar dua minggu. Bahkan, mungkin Anda akan bangun lebih awal sebelum alarm Anda berbunyi.

#7. Tidur dengan Lampu Menyala

Ini adalah hal umum yang biasa dilakukan banyak orang, mungkin termasuk Anda. Mungkin Anda sudah terlalu nyaman untuk beranjak dari ranjang hanya sekedar mematikan lampu.

Lampu yang terlalu terang akan dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Bahkan, kondisi ini bisa menyebabkan Anda bangun merasa lesu dan berasa pusing.

Sulit Mendapatkan Tidur yang Berkualitas? Bantu dengan Suplementasi!

Tidur5

Salah satu hormon yang penting untuk mengontrol waktu tidur Anda adalah hormon melatonin. Hormon ini sendiri diproduksi oleh tubuh secara alami. Ketika diproduksi di otak, melatonin membantu tubuh Anda membedakan antara siang dan malam.

Tubuh Anda memiliki waktu tersendiri untuk mengontrol siklus alami jam tidur dan bangun. Jam tubuh Anda akan mengontrol jumlah produksi melatonin Anda. Tingkat produksi melatonin alami akan menurun secara perlahan seiring berjalannya usia.

Karena itu, penting untuk menjaga produk kadar hormon melatonin agar Anda memiliki tidur yang berkualitas. Beberapa makanan yang mengandung melatonin antara lain daging, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Selain itu, melatonin juga bisa didapat dengan suplementasi.

Apabila rutin tidak melewatkan olahraga pagi dan diimbangi dengan pola makan yang sehat, maka tubuh kita akan tetap sehat dan ideal. (ctr)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes