Sering Mimisan, Benarkah Pertanda Sakit Keras?

Apa saat Anda kecil pernah mengalami mimisan? Ya, mimisan atau epitaskin merupakan pendarahan yang keluar dari lubang hidung. Pendarahan yang terjadi ketika mimisan ini terjadi akibat terlepasnya mukosa yang terdapat pada pembuluh darah kecil. Bukan hanya bisa terjadi pada anak kecil, bahkan mimisan juga dapat terjadi dan dialami oleh orang dewasa sekalipun.

MIMISAN fIX

Pada dasarnya mimisan terjadi bukan karena penyakit yang serius. Jadi jika Anda mengalami mimisan sesekali , hal itu wajar. Namun, bagaimana jika mimisan sering terjadi. Bahkan berkali-kali? Ya, tentu Anda harus segera membawanya ke dokter. Mimisan yang sering Anda alami bisa saja menandakan sebuah ketidakberesan yang terjadi di tubuh Anda. Bawalah ke dokter, dan konsultasikan masalah tersebut.
Berikut ini adalah penyebab mimisan yang wajib Anda ketahui:

Pengaruh Cuaca

Cuaca adalah salah satu penyebab mengapa Anda mengalami mimisan. Terutama apabila cuaca sedang panas, maka kelembapan hidung berkurang. Sehingga, pada area hidung akan mengering. Keringnya area hidung dapat membuat iritasi, hingga akhirnya pendarahan keluar dan terjadi mimisan.

Alergi

Tidak hanya karena faktor cuaca, alergi juga dapat membuat seorang mengalami mimisan. Reaksi alergi terhadap sesuatu dapat juga menyebabkan pembuluh darah kapiler menjadi terbuka, sehingga mengeluarkan darah dari lubang hidung Anda.

Trauma

Penyebab mimisan juga dapat terjadi akibat trauma ringan. Misalnya, seperti mengorek hidung terlalu dalam, benturan ringan, bersin, mengeluarkan ingus secara disengaja terlalu keras. Bisa juga karena trauma yang sifatnya lebih berat, yakni seperti terkena pukulan di hidung, jatuh, kecelakaan, ataupun akibat terjadinya benda asing tajam atau trauma karena pembedahan.

Tekanan Darah Naik

Penderita hipertensi juga sangat rentan berisiko mimisan. Hal ini sering kali terjadi pada wanita dan ibu hamil.

Tumor

Faktor lainnya yang menyebabkan mimisan adalah tumor. Hal ini mungkin terjadi apabila seseorang menderita tumor di rongga hidung, atau yang sering disebut sebagai angiofibroma. Sering ditemukan baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Ditandai dengan adanya benjolan berukuran sebesar kacang, yang berwarna merah keputihan di hidungnya.

Flu

Ya, flu dapat membuat seseorang terkena mimisan. Bukan virus yang menyebabkan flu tersebut penyebabnya. Melainkan, ketika Anda flu secara otomatis akan dibarengi dengan pilek. Ketika Anda pilek dan berusaha mengeluarkan ingus yang ada pada hidung Anda, bisa saja Anda menekannya secara keras hingga terjadi mimisan.

Pertanda Gejala Penyakit Serius

Mimisan juga menandai seseorang sedang mengalami penyakit yang serius. Misalnya adalah leukemia. Gejala penderita leukemia terkadang juga disertai dengan mimisan dan sakit kepala.

Pertolongan Pertama Ketika Mimisan

Ketika Anda mimisan, maka duduklah dan posisikan agar hidung berada lebih tinggi dari posisi jantung Anda. Jangan tidur telentang yang membuat darah yang keluar dari hidung Anda semakin deras. Sementara, jangan bernafas melalui rongga hidung. Bernafaslah menggunakan rongga mulut Anda. Lalu, tekan cuping hidung Anda selama lima menit, selanjutnya kompres hidung Anda menggunakan air dingin. Hal ini untuk memperlambat aliran darah ke hidung. Anda juga bisa menggunakan cara tradisional dengan menggunakan daun sirih yang dimasukkan ke rongga hidung Anda. Sejak lama, daun sirih dipercaya dapat menghentikan pendarahan karena mimisan. Itulah pertolongan pertama jika Anda mengalami mimisan.

Namun tetap, apabila pendarahan pada hidung Anda tak kunjung berhenti, maka segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat. (gie)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes