nyeri punggung

Sering Nyeri Punggung? Mungkin Ini Penyebabnya!

Nyeri punggung dapat dialami siapa saja dan itu bisa jadi sangat menyebalkan karena dapat mengganggu aktivitas dan produktivitas Anda. Lalu apa saja sih yang dapat menyebabkan seseorang mengalami nyeri punggung? Juga bagaimana mencengahnya?

nyeri punggung

Apa penyebab dari nyeri punggung? Bagian belakang manusia terdiri dari struktur komplek dari otot, ligamen, tendon, cakram, dan tulang belakang yang empuk dengan bantalan tulang rawan. Masalah pada komponen ini dapat menyebabkan nyeri punggung.

Penyebab nyeri punggung

Nyeri punggung hampir dialami setiap orang. Sebagian besar nyeri punggung hanya berlangsung singkat. Namun, Profesor Charles Rosen M.D. dari UC Irvine School of Medicine mengatakan, sekitar 85 persen orang berpotensi dapat mengalami sakit punggung yang parah minimal selama 4-5 hari.

1. Rokok

Ini merupakan salah satu dampak buruk lain yang diakibatkan oleh rokok. Kebiasaan merokok dapat membebani punggung Anda. Studi yang ditulis oleh Scott Shemory, M.D., mengatakan bahwa sekitar 17 persen orang yang ketergantungan nikotin dapat membuat nyeri punggung bawah.

Alasannya adalah, nikotin dapat mengurangi aliran darah ke seluruh tubuh dan itu berarti cakram di tulang belakang Anda bisa kekurangan nutrisi. Akibatnya, sel-sel dalam cakram akan menyusut kemudian mati. Sementara itu, Andrew Hecht, M.D, dari Mount Sinai Hospital and Health System menjelaskan bahwa perokok cenderung mengalami nyeri punggung yang lebih sakit daripada mereka yang bukan perokok.

>> Satu Lagi Bahaya Rokok Ditemukan! << 2. Depresi

nyeri punggung

Menurut penelitian yang dipresentasikan dalam Annual Meeting of the American Academy of Orthopaedic, 1 dari setiap 5 orang yang mengalami depresi dilaporkan juga mengalami nyeri punggung. Namun, hal ini masih belum pasti apakah depresi bisa disebut sebagai penyebab nyeri punggung. Para ahli berpendapat, seseorang yang depresi kemudian mengalami nyeri punggung tersebut bisa terjadi karena dampak lain. Seperti karena depresi kemudian merokok atau kurang gerak.

3. Minuman keras

Nyeri punggung juga bisa disebabkan oleh minuman keras. Karena terlalu mabuk, banyak yang tidak melakukan latihan atau olahraga yang tentu saja dapat menyebabkan melemahnya otot dan fleksibilitas tulang belakang. Pecandu alkohol biasanya juga lebih mungkin untuk merokok, depresi, serta mengonsumsi ekstra kalori yang tentu saja bisa menyebabkan nyeri punggung.

4. Berat badan berlebih

Pada penelitian yang sama diteumkan bahwa sekitar 17 persen orang obesitas mengalami nyeri punggung. Alasannya sederhana, berat badan berlebih bisa meningkatkan tekanan pada tulang belakang. Perut yang besar dapat menarik tulang belakang ke depan yang tentu saja menambah tekanan pada punggung.

5. Terlalu lama mengemudi

Menurut Charles Roosen, getaran ketika Anda mengemudi bisa mengganggu punggung Anda. Ketika seseorang mengemudi atau mengendarai dalam jangka waktu yang lama, hal itu bisa mengganggu cakram di tulang belakang Anda. Gangguan tersebut bisa memicu nyeri punggung.

Lalu bagaimana solusinya?

Bagaimana cara yang tepat untuk mencegah atau mengatasi nyeri punggung? Langkah sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan yang menjadi penyebab. Seperti berhenti merokok, mencegah stres, tidak minum-minuman keras, berat badan ideal, serta jangan duduk terlalu lama.

1. Latihan

Salah satu langkah utama yang harus dilakukan untuk mencegahnya adalah membuat kita tetap aktif atau rutin melakukan latihan. Mengapa latihan? Dengan melakukan olahraga rutin akan membantu menjaga cairan sendi serta menjaga berat badan tetap ideal. Salah satu latihan yang sederhana untuk dilakukan adalah dengan berjalan.

Latihan untuk menguatkan otot perut juga dapat dilakukan untuk menghindari nyeri punggung. Seperti crunch, leg raise, atau plank. Selain itu, juga haru menjaga fleksibilitas otot kaki dan punggung bagian bawah. Untuk itu, Anda dapat melakukan latihan peregangan pada bagian hamstring, quadricep, dan otot di sekitar pinggul.

nyeri punggung

2. Menjaga postur tubuh

Mungkin rasa nyeri punggung yang dialami karena terlalu lama latihan di gym. Padahal, nyeri punggung disebabkan ketegangan akibat duduk terlalu lama dengan postur yang kurang tepat. Karena itu, segera perbaiki postur tubuh Anda ketika beraktivitas. Baca juga: 5 Latihan Untuk Perbaiki Postur Tubuh Yang Bungkuk.

3. Berhenti merokok

Merokok sudah jelas akan dapat merusak paru-paru Anda. Namun tahukah Anda bahwa rokok juga dapat membuat punggung terganggu?

Dalam studi yang diterbitkan American Journal of Medicine menemukan bahwa perokok dan mantan perokok lebih berpotensi untuk mengalami sakit punggung. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, nikotin dalam rokok membuat pembuluh darah mengecil dan menghambat distribusi darah ke tubuh.

4. Cegah stres

Seperti yang disebutkan sebelumnya, stres dapat menyebabkan nyeri atau sakit punggung. Stres menyebabkan otot Anda tegang, dan ketegangan inilah yang dapat berakibat pada sakit punggung. Karena itu, lakukan aktivitas yang dapat meredakan stres seperti meditasi, yoga, atau tai chi.

Suplementasi untuk mengusir nyeri punggung

nyeri punggung

Melakukan latihan rutin memang dapat menghindarkan seseorang dari sakit punggung. Namun, latihan juga dapat menimbulkan masalah pada punggung. Nah, untuk mengatasinya adalah melalui suplementasi. Suplemen akan optimal jika dibarengi dengan latihan, pola makan yang sehat, serta manajemen stres yang baik.

Beberapa suplemen cukup tepat untuk mengatasi nyeri punggung, seperti glucosamine dan chondroitin. Keduanya merupakan senyawa yang ada dalam tubuh. Namun Anda dapat menambahkannya melalui suplemen seperti Glucosamine & Chondroitin MSM dari Ultimate Nutrition yang membantu mengatasi masalah sendi, memperbaiki elastisitas tulang rawan, mengurangi peradangan, dan rasa sakit pada sendi.

So, jika ingin melakukan latihan untuk mengurangi nyeri atau sakit pada pungung Anda, konsultasikan terlebih dahulu pada ahlinya untuk membantu Anda berlatih dengan benar.

BACA JUGA: Yuk, Bikin Bahu Anda Lebih Seksi dengan Latihan ini

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes