smartphone ganggu kesehatan

SMS-an Berakibat Buruk Bagi Kesehatan Anda Lho!

Kita semua pastinya tidak bisa lepas dari sebuah karya dari kecanggihan zaman yang satu ini. Ya, smartphone merupakan salah satu alat komunikasi yang populer beberapa tahun terakhir ini. Berapa jam yang Anda gunakan untuk mengetik di smartphone Anda setiap hari? Tahukah Anda bahwa sering menggunakan salah satunya aplikasi smartphone ini yaitu sering bersms-an, BBM-an, ataupun menggunakan aplikasi lainnya bisa mengganggu kesehatan Anda?

aUTIS

Menurut Harvard Center for Risk’s Analysis Studi, selain mengemudi, berkirim pesan dengan handphone juga bisa meningkatkan risiko kematian setiap tahunnya. Mungkin Anda berpikir bahwa saling bersms-an dengan duduk maupun berdiri tidak akan berpengaruh sedikit pun bagi kesehatan Anda. akan tetapi, fakta membuktikan bahwa texting dengan berdiri berisiko terhadap tulang belakang dan leher Anda. Dr. Kenneth K. Hansraj, seorang dokter dan kepala bagian pembedahan dan rehabilitasi medik tulang belakang di New York menunjukkan bahwa menurunkan kepala kita dan memajukannya sedikit saat kita melihat layar smartphone dapat memberikan tekanan sekitar 55 kg pada leher dan tulang belakang, serta punggung Anda.

Jadi, apakah leher kita kuat untuk mengangkat tekanan sekitar 55 kg? dan bisakah Anda melakukannya dua jam dalam sehari? Karena rata-rata orang bisa bersms-an minimal 42 menit setiap hari. Dalam studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Surgery Technology International, Dr. Hansraj menulis sebuah pernyataan:

“Kepala manusia beratnya 4 sampai 5 kg dalam posisi netral. Dan jika posisi kepala lebih maju, maka beratnya akan bertambah 12 kg dalam posisi 15 derajat, dan bertambah 18 kg dengan kemiringan 30 derajat, dan bertambah menjadi 28 kg ketika kepala dalam posisi kemiringan hingga 60 derajat.” Kemiringan kepala ini akan menambah tekanan pada tulang belakang Anda. Dan jika hal ini sering kali dilakukan selama bertahun-tahun maka sudah pasti akan menimbulkan rasa nyeri pada otot punggung dan leher Anda.

Seorang psikolog dari Harvard Bussiness School, Amy Cuddy mengatakan bahwa meskipun Anda tidak merasakan sakit pada otot punggung ataupun di leher, sikap tubuh saat sedang bersms-an akan membuat Anda merasa kurang percaya diri karena sikap kepala yang miring dapat menurunkan percaya diri Anda dan meningkatkan hormon yang memicu stres. Jadi bagaimanakah cara terbaik untuk mengatasinya? Berikut ini 3 langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu memperbaiki postur bermasalah ini:

1. Genggamlah Smartphone Anda Lebih Tinggi, atau Jangan Sampai Mata dan Leher Menunduk

Saat mengetik sms pada smartphone Anda, berhati-hatilah dalam memposisikan dan mengatur antara jarak kepala dengan smartphone Anda. Dalam jurnalnya Dr. Hansraj juga menuliskan bahwa posisi tubuh yang buruk juga disebabkan karena posisi kepala yang dimiringkan ke depan dan bagian bahu yang juga maju ke depan. Sebagai perbandingannya, posisi tubuh yang baik yaitu telinga yang selaras dengan bahu dan tulang belikat Anda sedikit ditarik ke belakang.

2.Berlatihlah Yoga Dengan Posisi Cobra dan Upward Dog

Dr. Hansraj juga menuliskan bahwa berlatih yoga dengan posisi kobra dan upward dog adalah latihan ideal untuk membantu mengatasi postur tubuh yang buruk.

Berikut ini cara melakukan yoga dengan posisi upward dog:

a.Baringkan perut Anda. Regangkan tubuh Anda di lantai dan rileks. Regangkan lengan tubuh Anda dan rileks.
U1

b.Tekuk lengan dan istirahatkan telapak tangan Anda di lantai di antara kedua sisi dada Anda. Kaki Anda masih harus berbaring di lantai. Tatapan mata melihat langsung ke depan dengan posisi dagu menempel di lantai.
u2

c.Tarik napas dan angkat bahu Anda ke telinga Anda. Tekan bahu Anda bersama-sama.
U3

d.Buang napas dan tekan tangan Anda ke bawah. Luruskan lengan, angkat badan dan kaki dari lantai seolah-olah Anda sedang melakukan setengah pushup. Berat badan Anda harus ditumpukan di antara tangan dan jari-jari kaki.
u4

e.Geser tangan Anda di lantai untuk lebih dekat ke arah kaki Anda sambil tetap menjaga posisi pinggul lebih tinggi.
U5

f.Tarik sisi tubuh Anda dan tarik leher Anda. Tahan gaya ini selama beberapa tarikan napas, kemudian baringkan tubuh Anda kembali ke lantai.
U6

Berikut ini cara melakukan yoga dengan posisi cobra:

a.Berbaringlah dan telungkup di lantai atas tikar yoga dengan telapak tangan dalam posisi datar, menghadap ke atas. Ujung kaki Anda harus menempel di lantai.
C1

b.Aktifkan perut Anda dengan mengangkat panggul Anda dan menarik bagian pusar ke arah tulang belakang Anda.
C2

c.Lebarkan jari Anda dan tekan telapak tangan Anda ke lantai. Putar bahu Anda kembali dan jauh di bawah telinga Anda.
C3

d.Dorong tubuh bagian atas Anda dan luruskan lengan Anda senyaman mungkin sambil menjaga posisi pinggul dan kaki di atas tikar. Angkat dagu Anda dan angkat dada Anda ke atas.C4

e.Tahan selama 5 tarikan napas penuh kemudian lepaskan.
C5

3.Gerakkan Leher Anda

Gerakkan leher Anda dengan gerakan berikut:

a.Fleksi
Merupakan gerakan yang memungkinkan Anda untuk menekuk kepala ke arah dada. Dalam fleksi normal, Anda dapat menyentuh dagu Anda ke dada Anda. Dimulai pada posisi netral, rentang gerak fleksi berada di antara 40 sampai 60 derajat.

b.Extensi
Yaitu gerakan dengan memiringkan kepala Anda kembali. Sebuah kisaran normal gerak akan memungkinkan Anda untuk melihat langit-langit. Ruang gerak yang diperbolehkan dalam gerakan ini antara 45 sampai 70 derajat.

c.Rotasi leher
Yakni gerakan memutar kepala ke kanan dan ke kiri. Anda harus mampu menggerakkannya cukup jauh sehingga dagu Anda hampir menempel atau dekat dengan bahu Anda. Rentang gerakan yang diperbolehkan antara 60 sampai 80 derajat.

Memiliki postur tubuh yang baik dengan rajin berolahraga dan memiliki pola hidup yang sehat akan membantu kesehatan di sepanjang hidup Anda. Perhatikan terus kesehatan Anda, dan jangan pernah lagi mengabaikan nyeri leher Anda. Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Sering Sendawa Setelah Makan?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes