Solusi Tepat Atasi Rambut Rontok & Kebotakan

Rambut rontok hingga kebotakan merupakan masalah yang kerap dialami oleh banyak orang di berbagai kalangan. Baik pria maupun wanita, tua maupun muda, semua bisa mengalami masalah yang satu ini.

Solusi-Tepat-Atasi-Rambut-Rontok-&-Kebotakan

Nah, kali ini mari kita telusuri lebih jauh mengenai mitos sekaligus solusi dan perawatan paling tepat untuk mengatasi kebotakan dan kerontokan rambut bagi Anda kaum pria.

Hair Loss: A Common Problem

Sekitar 85 persen pria akan mengalami rambut rontok yang cukup signifikan di usia 50-an, seperti yang disampaikan American Hair Loss Association. Bahkan, beberapa pria akan mulai mengalami rambut rontok sebelum mereka berumur 21 tahun.

Mengungkap Mitos di Balik Rambut Rontok

Benarkah sering mengenakan topi dapat menyebabkan rambut rontok? Tidak. Selain faktor usia, rambut rontok bisa terjadi karena cara merawat rambut yang kurang tepat dan kasar. Misalnya saat menyisir, kebiasaan mewarna rambut, atau terlalu sering menggunakan hair dryer.

Berhenti Merokok Dapat Mencegah Rambut Rontok?

Beberapa studi menunjukkan hubungan yang cukup signifikan bahwa merokok dapat memperburuk kondisi rambut rontok. Jadi jika Anda ingin menambahkan satu alasan lain untuk berhenti merokok, tambahkan alasan ini “mencegah rambut rontok” di daftar Anda.

Rambut Rontok adalah Tanda Gangguan Kesehatan?

Untungnya, dalam banyak kasus, rambut rontok (alopecia) tidak menandakan masalah medis dan tidak menimbulkan risiko kesehatan. Namun kekhawatiran muncul ketika seseorang merasa penampilannya terganggu dan terlihat lebih tua karena mengalami kebotakan akibat rambut rontok.

Apa Penyebab Rambut Rontok?

Lebih dari 95 persen rambut rontok yang terjadi pada pria merupakan faktor genetik. Gen tersebut biasanya diwariskan oleh orang tua. Dalam kasus lain, efek dari obat-obatan tertentu, terlalu banyak asupan vitamin A, dan kurangnya asupan protein ke dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab rambut rontok.

Rambut yang rontok dalam jumlah banyak atau dikenal dengan telogen effluvium bisa juga terjadi akibat sakit atau mengalami stres yang tinggi.

Tanda Menuju Kebotakan

Salah satu tanda seseorang akan mengalami kebotakan adalah rambut bagian depan membentuk huruf ‘M’. Selanjutnya rambut yang berada di bagian atas kepala akan mulai menipis hingga terlihat area kebotakan. Kemudian rambut di bagian kanan dan kiri kepala akan bertemu membentuk tapal kuda dengan area botak di bagian lengkungnya seperti digambarkan di Norwood Scale berikut ini.

Norwood Scale

Sumber: www.WebMD.com

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes