Steroid: Apa yang Harus Anda Ketahui

Testosteron banyak digunakan untuk indikasi medis seperti pada beberapa jenis anemia, penyembuhan luka, gangguan pertumbuhan pada anak, dan berbagai penyakit lainnya, namun penyalahgunaan hormon ini sangat tinggi hingga pada tahun 2002, Physician Desk Reference menyebut kata fenomenal untuk ini. Seiring dengan efek anabolik yang sangat nyata dan drastis, pengguna hormon cenderung mengabaikan kontraindikasi, peringatan dan efek samping yang telah dikeluarkan oleh kalangan medis.

Beberapa macam jenis testosteron yang tersedia saat ini adalah

Testosterone esters

  • Testosterone propionate
  • Testosterone cypionate
  • Testosterone enanthate

Testosterone derivatives

  • Methyltestosterone
  • Methandrostenolone
  • Fluoxymesterone

Nandrolone derivatives

  • Nandrolone decanoate
  • Ethylestrenol
  • Trenbolone

Dihydrotestosterone derivatives

  • Oxandrolone
  • Stanozolol
  • Oxymetholone

Tiap tiap jenis steroid diatas memiliki derajat potensi dan perbandingan sifat anabolik-androgen yang berbeda.

Efek samping dari penggunaan steroid ini memiliki spektrum yang luas dan sebagian bersifat fatal

Kardiovaskular

Peningkatan denyut nadi dan tekanan darah

Peningkatan kadar kolesterol LDL dan penurunan HDL sehingga berbahaya bagi orang dengan gangguan jantung sebelumnya

Hati

Semua sediaan oral dari steroid bersifat merusak hati

Dilaporkan bebarapa kasus remaja dengan kanker hati ternyata telah menyalahgunakan steroid anabolik ini.

Sistem Endokrin/Hormonal

Sistem hormonal manusia merupakan suatu sistem sirkuit tertutup antara otak dan kelenjar penghasil hormon, sehingga bila ada perubahan dari luar, akan mengganggu sirkuit ini

Pada penggunaan steroid, maka terjadi penekanan produksi hormon endogen tubuh dan bila hal ini berlangsung lama maka akan membuat kelenjar penghasil hormon tidak berfungsi dan pada pria akan menekan produksi sperma (menjadi infertil)

Testosterone dalam tubuh manusia akan mengalami aromatisasi menjadi estrogen, sehingga dapat menimbulkan masalah seperti pembesaran kelenjar payudara seperti wanita.

Sistem Kemih

Steroid anabolik akan mengakibatkan pembesaran prostat sehingga menimbulkan gangguan dalam berkemih.

Steroid merupakan kontraindikasi bagi orang dengan resiko kanker prostat

Dermatologi

Peningkatan produksi sebum kulit yang menimbulkan jerawat secara luas dan menimbulkan kebotakan pada pria.

Penyalahgunaan steroid sebenarnya merupakan masalah yang sangat kompleks dan sudah terjadi sejak jaman yunani kuno. Pada era modern, tercatat mulai terjadi penyalahgunaan secara luas adalah pada tahun 1950 oleh para atlet muda yang masih duduk di bangku sekolah karena adanya konsep ”win at all cost”

Beberapa laporan menyebutkan penggunaan pada usia pubertas akan menyababkan timbulnya sifat agresivitas yang merusak dan ketergantungan penggunaan seumur hidup karena kerusakan sistem hormon tubuh oleh penekanan steroid dari luar.

Dengan begitu banyaknya pemberitaan negatif tentang steroid, memang telah terjadi penurunan dari pemakaian obat ini, namun besarnya modal yang berada dibalik produksi, upaya untuk mengembalikan penggunaan nya terus dilancarkan.  Saya pernah membaca suatu website yang dibuat oleh produsen steroid tertentu berani mengklaim bahwa steroid mereka aman dan hampir tidak ada efek samping, tentu saja hal ini adalah suatu kebohongan yang perlu dicermati dengan benar.

Dengan indikasi penggunaan yang tepat serta pemantauan oleh dokter yang berkompeten, maka steroid memiliki manfaat dalam pengobatan, namun di tangan yang salah dan hanya ingin ”mengeksploitasi” obat ini, maka efek samping yang timbul justru akan membahayakan penggunanya.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes