manfaat susu kedelai

Susu Kedelai vs Susu Sapi, Mana Yang Terbaik?

Bagi kalangan vegan (menghilangkan semua produk hewani dari dietnya, termasuk susu), susu kedelai dapat dijadikan alternatif untuk menambah protein. Selain itu, susu yang terbuat dari sari kacang kedelai ini bermanfaat bagi orang yang tidak toleran terhadap laktosa (intoleransi laktosa).

manfaat susu kedelai

Beberapa orang percaya bahwa susu kedelai lebih bergizi dan populer ketimbang susu sapi. Namun, keduanya ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Nah, berikut ini perbandingan keduanya bagi Anda yang bingung memilih antara susu sapi atau kedelai.

Alasan Memilih Susu Kedelai Ketimbang Susu sapi

1. Susu kedelai mengandung protein, air dan minyak, karena terbuat dari kacang kedelai. Karena Susu kedelai yang tinggi protein, menjadikan susu ini suplemen yang sangat baik untuk pertumbuhan dan pengembangan serta untuk perbaikan dan pemeliharaan jaringan tubuh, otot, dan organ.
2. Orang dengan intoleransi laktosa dapat beralih ke susu kedelai.
3. Rendah lemak jenuh dan kolesterol, susu kedelai menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Dengan demikian dapat mencegah penyakit jantung. Pasien jantung disarankan untuk memiliki susu kedelai yang juga dikenal dapat mencegah aterosklerosis dan stroke.
4. Pitosterol pada susu kedelai meningkatkan kesehatan seperti mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Susu kedelai mengandung 10% serat makanan sedangkan susu sapi tidak.
5. Kedelai mengandung asam lemak omega-3 yang menurunkan kadar lipid dan zat besi yang diperlukan untuk penyerapan oksigen dalam tubuh.
6. Kandungan vitamin B kedelai lebih tinggi dari susu sapi. Vitamin B memainkan peran penting dalam metabolisme sel.
7. Susu kedelai mengandung hormon estrogen. Jika dikonsumsi berlebihan akan mengakibatkan ketidakseimbangan hormon estrogen dan testosteron.
8. Susu kedelai merupakan alternatif yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi dalam kedelai membuat rasa kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan. Asam lemak mengatur penyerapan dan mengurangi penyimpanan lemak.

Alasan Memilih Susu Sapi Ketimbang Susu Kedelai

1. Tidak seperti kedelai, susu sapi kaya akan kandungan kalsium, yang dibutuhkan untuk memperkuat tulang dan gigi.
2. Vitamin D membantu menjaga kulit sehat dan bercahaya karena susu sapi merupakan sumber vitamin D.
3. Kandungan protein dan fosfor susu sapi lebih tinggi dibandingkan susu kedelai.
4. Satu-satunya kelemahan dari susu sapi adalah kandungan lemak dan karbohidrat tinggi, tetapi dapat diatasi dengan mengonsumsi susu skim.
5. Susu sapi mengandung kasein dan whey protein yang dibutuhkan untuk otot yang kuat.
6. Susu kedelai mengandung kandungan fitoestrogen yang dapat menyebabkan penurunan kesuburan atau ketidakseimbangan hormonal pada orang jika dikonsumsi berlebihan. Susu sapi bebas estrogen tersebut.
7. Kedelai mengandung oligosakarida, sejenis karbohidrat yang sulit dicerna. Jadi anak-anak disarankan untuk tidak diberi susu kedelai secara berlebihan.
8. Kedelai dapat memicu kondisi alergi pada anak-anak dan bisa parah dalam banyak kasus. Susu sapi adalah yang paling aman dan sehat untuk anak-anak.

So, susu manakah yang baik bagi Anda? (ctr)

BACA JUGA: Atur Pola Makan, Demi Tubuh Ideal Saat Liburan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes