Tetap Fit Saat Bekerja (Bagian 1)

Mencuri terkadang bukanlah hal yang terlarang. Apalagi bagi Anda yang sibuk bekerja. Tetapi yang dimaksud di sini adalah mencuri waktu untuk berlatih di kantor! Beberapa artikel sebelumnya memang pernah membahas tentang hal ini, tetapi kali ini kami akan memberikan kembali berbagai latihan lain yang mudah Anda lakukan agar tetap fit sambil bekerja di kantor.

Jika Anda mengalami kesulitan ketika berusaha untuk tetap fit di tempat kerja, tips berikut ini menawarkan solusi supaya Anda tetap bisa bergerak tanpa harus jauh dari meja kerja. Maksud kata “bergerak” di sini adalah tentang melakukan peregangan dan memperkuat tubuh selagi Anda bekerja.

Yang Perlu Diperhatikan
Ada 3 hal utama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan latihan ini
:

  1. Jika Anda memiliki sejarah cedera atau penyakit yang beresiko tinggi, cobalah konsultasi dengan dokter Anda.
  2. Pastikan kursi yang Anda gunakan stabil.
  3. Jika kursi Anda memiliki roda, sandarkan kursi tersebut pada dinding agar tidak menggelinding ketika berlatih.

Peralatan Yang Dibutuhkan
Sebuah kursi dan botol yang penuh terisi air atau dumbbell yang ringan sebagai beban latihan.

  1. Peregangan untuk Pergelangan Tangan dan Lengan
    • Wrist Stretch: Rentangkan lengan ke arah depan, telapak tangan menghadap ke atas dan pegang jari-jari dengan tangan yang satunya. Tariklah jari-jari Anda secara perlahan ke arah belakang untuk meregangkan lengan bawah. Tahan selama 20-30 detik. Ulangi dan lakukan untuk tangan yang lain.
    • Wrist & Forearm Stretch: Tekan kedua tangan di depan dada Anda secara bersamaan, tekuk siku sampai sejajar dengan lantai. Tekuk pergelangan tangan secara lembut ke arah kanan dan kiri sebanyak 10 kali repetisi.
    • Lower Back Stretch: Duduk dengan posisi tinggi dan tempatkan lengan kiri di belakang pinggul kiri. Putar ke kiri dengan lembut, gunakan tangan kanan untuk memperdalam peregangan. Tahan selama 20-30 detik. Ulangi dan lakukan untuk sisi lainnya.
  2. Latihan Tubuh Bagian Bawah
    • Hip Flexion: Duduk dengan posisi tinggi, posisikan abs berada di dalam. Kemudian, angkat kaki kiri beberapa inchi dari lantai, dengan lutut ditekuk. Tahan selama 2 detik, lalu turunkan kembali. Ulangi sebanyak 16 repetisi. Ulangi dan lakukan pada sisi lainnya.
    • Leg Extension: Duduklah tinggi dengan abs dan memperpanjang kaki kiri sampai itu sejajar dengan pinggul, meremas paha depan. Tahan selama 2 detik, lebih rendah dan ulangi untuk 16 repetisi. Ulangi di sisi lain.
    • Inner Thigh: Ambil handuk, tempatkan botol air atau cangkir kopi yang kosong di antara lutut saat Anda duduk tegak dengan abs di dalam. Remas botol atau cangkir tersebut, lepaskan setengah jalan, kemudian meremas lagi sampai selesai. Selesaikan sebanyak 16 repetisi secara lambat dan perlahan.
  3. Latihan-latihan untuk membuat Anda tetap fit selama bekerja di kantor tidak terbatas untuk kedua jenis latihan di atas saja, tetapi di artikel berikutnya, Anda juga akan menemukan latihan apa saja yang bisa Anda lakukan dengan bantuan kursi kerja Anda, juga latihan untuk melatih tubuh bagian atas serta perut Anda. Selamat berlatih di kantor!

    Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes