The ‘+’ Project: Kompetisi Ide Untuk Hidup Yang Lebih Sehat

Pertumbuhan ekonomi, perluasan wilayah kota, dan perubahan demografi telah banyak membawa perubahan yang signifikan negara di kawasan Asia Pasifik pada umumnya, dan di Indonesia khususnya. Perubahan gaya hidup telah membuat manusia modern sangat sedikit melakukan aktivitas fisik dan membuat penerapan pola makan yang baik menjadi tantangan untuk hidup sehat saat ini.


Kesehatan adalah harta yang tidak ternilai. Tanpa kesehatan yang baik, kita tidak bisa menjalankan aktifitas dengan baik. Kesehatan merupakan modal utama dalam kehidupan sehari-hari. Pola hidup yang sehat adalah salah satu langkah untuk tetap mempertahankan kesehatan yang prima. Di sisi lain, kesehatan masih merupakan tantangan yang perlu diwujudkan oleh banyak orang, baik kita warga biasa maupun pemerintah. Banyak faktor yang menyebabkan terhambatnya kita dalam memulai gaya hidup sehat atau berada di lingkungan sehat itu sendiri.

Gaya hidup berperan penting dalam mencegah kita mengalami masalah kesehatan serius, seperti misalnya obesitas. Pola makan, aktivitas fisik, dan tingkat stres adalah beberapa hal utama yang harus dijaga untuk mencegah terjadinya obesitas. Obesitas terjadi karena ketidakseimbangan jumlah makanan yang masuk dibanding dengan pengeluaran energi oleh tubuh.


Obesitas tidak bisa dilihat hanya sebagai hal yang tidak baik dari segi estetika, tapi hal ini juga sangat berbahaya. Secara global World Health Organization (WHO) menyatakan sebanyak 1 miliar orang dewasa menderita kelebihan berat badan dan sejumlah 2,6 juta jiwa sekarat karena penyakit yang disebabkan oleh obesitas.

Sumber: http://www2.yourhealthandwellbeing.asia/indonesia/healthy-living

Beberapa fakta mengejutkan mengenai masalah obesitas di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Sensus Kesehatan Nasional tahun 1989 menunjukkan jumlah penderita obesitas di perkotaan adalah sebesar 1,1% dan 0,7% terdapat di pedesaan.
  • Di tahun 1999 jumlah tersebut meningkat menjadi 5,3% di perkotaan dan 4,3% di pedesaan.
  • Menurut Himpunan Studi Obesitas Indonesia (Hisobi), angka tersebut meningkat tajam pada tahun 2004, di mana sebanyak 9,16% pria dan 11,02% wanita di Indonesia menderita obesitas.

Pada dasarnya, cara efektif untuk mencegah dan mengatasi masalah obesitas adalah mengurangi asupan energi serta meningkatkan keluaran energi, yaitu dengan cara pengaturan pola makan, peningkatan aktivitas fisik, modifikasi gaya hidup serta dukungan secara mental & sosial dari keluarga dan lingkungan.

Untuk Anda yang sudah bergaya hidup sehat maupun belum, pasti punya dong ide bagaimana mewujudkan gaya hidup yang sehat (pola makan, tips olahraga, dan lain-lain)?

Pikirkan apa yang dapat kita lakukan untuk membantu dan memberikan inspirasi bagi banyak orang untuk mewujudkan gaya hidup sehatnya ke arah yang lebih baik? Jadilah bagian dalam The ‘+’ Project dari Philips, sebuah project kompetisi ide yang bertujuan untuk mewujudkan hidup yang lebih sehat dan kota layak huni.


Setiap minggu, akan dipilih satu ide terbaik dari setiap tema dan akan mendapatkan hadiah dari Philips. Periode ini akan berjalan selama delapan minggu ( 28 November 2011 – 29 Januari 2012), di mana pemenang mingguan dari setiap tema akan menjadi finalis yang berkesempatan untuk menjadi bagian dari tim Philips untuk mewujudkan ide mereka menjadi kenyataan.

Nah, ingin berpartisipasi sekarang juga? Ini caranya:

  1. Daftarkan diri di website http://philips.co.id/plus
  2. Pilih tantangan dan submit ringkasan ide tidak lebih dari 1000 kata. Jika ada, materi pendukung berupa foto atau video bisa ditambahkan.
  3. Mekanisme kompetisi selengkapnya bisa dibaca di: http://www2.yourhealthandwellbeing.asia/indonesia/health-and-wellbeing-in-indonesia/how-it-works

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes