tidur siang

Tidur Siang Bikin Gendut? Mitos atau Fakta?

Dulu saat akan tidur siang, beberapa teman langsung mengingatkan, “awas lho nanti tambah gendut.” Alhasil Anda mengurungkan niat untuk tidur.

Tetapi benarkah tidur siang itu bikin gendut?

Sebenarnya setelah melakukan aktivitas seharian penuh, tubuh tentu telah dikuras energinya. Tak heran apabila di siang hari Anda akan merasa lelah dan mengantuk. Dan di waktu ini, tak apa kalau Anda tidur, karena sebenarnya tidur sejenak akan membantu memulihkan energi Anda.

Mitos Vs Fakta Soal Tidur Siang

tidur siang

Mitos 1: Membuat sulit tidur di malam hari

Faktanya, tidur siang akan membuat tubuh lebih segar. Lisa Shives, MD, seorang ahli medis di North Shore Sleep medicine mengatakan bahwa tidur 10 menit akan membantu memulihkan energi serta ingatan. Sehingga Anda bisa lebih fokus pada kegiatan.
Tak harus memakan waktu lama, tetapi kualitas tidur jauh lebih penting dibandingkan lamanya.

Mitos 2: Membuat cepat gemuk

Faktanya, tidur siang tidak membuat Anda cepat gemuk karena saat tidur sebenarnya tubuh juga membakar kalori. Tetapi tentunya Anda harus mengimbangi juga dengan asupan kalori sehari-hari.
Jika memang asupan kalori Anda sangat tinggi, tidak heran kalau Anda cepat gemuk.

>>Hanya 20 Menit Tidur Siang Dapat Mengubah Hidup Anda Lebih Baik!<<

Fungsi Positif pada Tubuh

tidur siang

Jika Anda berpikir tidur siang hanya bermanfaat untuk bayi, anak-anak, lanjut usia atau yang sedang sakit, maka sebaiknya Anda berpikir ulang. Tidur ini diklaim dapat memengaruhi tubuh secara positif untuk kesehatan orang dewasa. Berikut ini beberapa manfaat di antaranya:
– Mengurangi rasa lelah.
– Meningkatkan konsentrasi.
– Memperbaiki mood.
– Meningkatkan kinerja, termasuk reaksi yang lebih cepat, daya ingat yang lebih baik, menekan kemungkinan kecelakaan, kesalahan dan kebingungan.

Kapan Tidur Siang Dibutuhkan?

tidur siang

Ada beberapa kondisi yang membuat tidur lebih dibutuhkan oleh orang dewasa:
– Orang dewasa yang cenderung mengalami kurang tidur pada malam hari, misalnya karena harus bekerja dengan jangka waktu yang panjang.
– Merasa lelah setelah beraktivitas atau rasa mengantuk yang tidak tertahankan.

Memperkirakan Waktu Ideal

tidur siang

Memanfaatkan tidur siang bukan berarti Anda harus mengorbankan waktu tidur pada malam hari. Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan hal-hal berikut ini.
– Perhatikan jangka waktu. Dengan jangka waktu yang terlalu lama tidak disarankan. Coba sisihkan sekitar 20-30 menit saja sudah cukup untuk menghindari inersia tidur.
– Buat perencanaan. Menunda tidur hingga sudah terlalu mengantuk dapat membuat Anda tidak nyaman, bahkan berbahaya.
– Pilih saat yang tepat. Waktu terbaik untuk tidur siang adalah pukul 14.00-15.00. Kemungkinan besar ini adalah saat Anda merasa mengantuk setelah makan siang. Tidur siang pada saat ini kemungkinannya lebih sedikit mengganggu tidur malam Anda.

Dr. Jill Dorian dari Centre for Sleep Research University of South Australia menyampaikan bahwa salah satu strategi meredakan rasa lelah adalah kombinasi kafein dan tidur singkat yang berkualitas. Minum secangkir kopi lalu dilanjutkan dengan tidur berkualitas selama 20 menit, Anda akan terbangun dengan segar. Sebab efek kafein masih terasa ketika anda terjaga. Kafein juga menggurangi efek inersia.

Sebelum tidur siang, Anda bisa konsumsi Javaprime Coffee terlebih dahulu. Kopi rendah kalori ini akan membantu tingkatakn metabolisme level energi Anda. Sehingga, setelah bangun tidur, Anda akan merasakan segar kembali. Kopi ini tidak mengandung gula, sehingga cocok bagi Anda yang sedang berdiet. Selamat mencoba, fitnes mania!

BACA JUGA: Trik Jitu Dapatkan Tidur Siang yang Berkualitas

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes