Tip Cegah Kaki Berbau Tak Sedap dan Berpenyakit di Musim Hujan

Hujan bisa menjadi penyebab kaki berbau tidak sedap karena lembap dan basah. Akibatnya kaki bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri dan bahkan penyakit tertentu. Bagaimana menjaga kesehatan kaki selama musim hujan?

Musim hujan saat ini mungkin datang lebih awal dari biasanya. Karenanya, Anda juga harus mempersiapkan diri lebih awal menghadapi musim hujan yang sarat akan penyakit kulit termasuk kulit kaki. Jalan akan dipenuh dengan air yang kotor sehingga membuat kaki Anda basah dan lembap. Sepatu saja tidak cukup untuk melindungi kaki dan bahkan malah akan menyebabkan kaki menjadi berbau tak sedap dan menimbulkan penyakit.

Tip Cegah Kaki Berbau Tak Sedap dan Berpenyakit di Musim Hujan

Berikut beberapa tip menjaga kesehatan kaki Anda seperti yang dilansir dari The Times of India baru-baru ini :
• Jaga kaki Anda sekering mungkin setelah sampai di rumah termasuk setiap ruas diantara jari kaki karena sebagian besar penyakit kaki seperti kutu air muncul di ruas jari-jari kaki.
• Segera cuci kaki Anda memakai air antiseptik setelah sampai di rumah. Hal ini untuk menjaga terhindar dari infeksi bakteri yang dibawa oleh air dan udara lembap di luar.
• Cuci sepatu Anda secara berkala dengan air disinfektan dan jemur hingga benar-benar kering sebelum Anda memakainya. Jangan gunakan sepatu yang sama dua hari berturut-turut untuk memberi kesempatan sepatu mengering dari kelembapan.
• Gantilah kaos kaki setiap hari agar kaki Anda tetap kering.
• Gunakan bedak anti jamur selama musim hujan untuk menjaga kaki Anda tetap bersih dan tidak bau.
• Pastikan rutin memotong kuku jari kaki karena bisa saja bakteri dari air kotor dan udara lembap bersembunyi dibalik kuku jari kaki.
• Rendam kaki Anda dalam air hangat yang dicampur dengan satu sendok garam dapur sebagai disinfektan dari kuman. Regangkan otot-otot kaki Anda supaya rileks setelah beraktivitas seharian.

So, tidak ingin bau kaki mengganggu penampilan Anda? Coba tip diatas ya fitness mania! (boy)

BACA JUGA : Ketahui Penyebab Kenapa Kaki Anda Terasa Nyeri Ketika Berolahraga

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes