tips berhenti merokok

Tips Berhenti Merokok Melalui Makanan

Mungkin Anda yang perokok sudah berniat untuk tidak merokok lagi karena alasan kesehatan. Namun terkadang, usaha yang Anda lakukan gagal dan masih sulit terlepas dari rokok. Nah, mungkin tips pemilihan makanan ini membantu Anda untuk mengurangi dan berhenti merokok.

tips berhenti merokok

Rokok, penghisap berbahan dasar tembakau ini memang tidak direkomendasikan bagi kesehatan. Banyak penyakit yang dapat timbul akibat merokok, salah satunya jantung. Untuk itu, perlu bagi perokok agar segera berhenti merokok.
Namun, beberapa diantara perokok mengaku cukup kesulitan untuk menghindari rokok meski jelas-jelas mereka mengetahui dampak bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan yang mungkin dapat membantu Anda menghindari dan berhenti dari rokok.

1. Rasa Pahit

Sebelum menghisap rokok, cobalah terlebih dahulu mengonsumsi seledri, wortel, susu, atau buah-buahan lain. Hal itu akan dapat membuat rasa pahit setelah Anda merokok. Hal itu akan mendorong Anda untuk segera memadamkan rokok.

2. Vitamin C

Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung tinggi vitamin C seperti jeruk, lemon, atau jambu dapat mengurangi keinginan Anda untuk merokok. Hal ini dikarenakan, ketika Anda tidak merokok, vitamin C akan menggantikan nikotin biasa didapat saat merokok.

3. Garam

Setiap kali ada keinginan untuk merokok, coba alihkan dengan makanan ringan yang memiliki rasa asin. Atau, Anda juga dapat memberi sedikit garam pada ujung lidah Anda. Hal itu akan membantu ‘membunuh’ keinginan Anda untuk merokok.

4. Mulut Tetap Sibuk

Menjaga mulut tetap sibuk adalah salah satu cara mengurangi dorongan merokok. Anda bisa melakukannya dengan mengunyah permen karet atau permen yang bebas gula.

5. Buah Kering

Aroma dari buah-buahan kering seperti kismis, anggur kering, cranberry, buah ara, atau plum,juga dapat membantu Anda mengurangi dorongan atau keinginan untuk merokok. Selain untuk berhenti merokok, buah-buahan kering tersebut menurut Journal of the American College of Nutrition bahwa jumlah antioksidannya dua kali lebih banyak dibandingkan buah segar.

Sudah banyak penelitian dan bukti yang menunjukkan bahwa merokok itu sangat tidak baik bagi kesehatan. Untuk itulah, bagi Anda yang perokok segera untuk berhenti dan melakukan aktivitas yang baik bagi kesehatan. Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Alasan Lain Mengapa Pria Harus Berhenti Merokok

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes