Tips dan Kiat Berpuasa bagi Penderita Sakit Maag

Topik ini sangat sering ditanyakan saat penderita sakit maag ingin menjalankan ibadah puasa. Maag sendiri berasal dari bahasa Belanda yang artinya lambung. Sakit maag adalah kumpulan gejala yang timbul akibat gangguan keseimbangan cairan asam di dalam lambung.


Gejala yang paling sering muncul pada pendertia maag adalah nyeri ulu hati, rasa kembung disertai banyak sendawa hingga pada kondisi yang lebih berat muncul muntah kehitaman akibat perdarahan lambung.

Sebenarnya sebagian penderita sakit maag mengalami perbaikan saat menjalani ibadah puasa, karena pada saat berpuasa justru terjadi perubahan pola makan yang lebih teratur dibanding saat tidak berpuasa. Namun ada sebagian penderita maag yang disarankan untuk tidak menjalani puasa.

Ada 2 kelompok besar penyebab sakit maag :

  1. Kelompok maag organik adalah sakit maag yang disertai luka, erosi atau kelainan seperti polip di lambung dan usus halus.
  2. Kelompok maag fungsional adalah sakit maag yang tidak disertai adanya gangguan tersebut. Kedua kelompok ini hanya dapat dibedakan melalui pemeriksaan endoskopi.

Jadi, bagaimana seorang penderita sakit maag dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik?Pertama, tentukan dahulu apakah anda merupakan penderita sakit maag yang aman atau tidak untuk ikut berpuasa. Penderita sakit maag organik tidak disarankan untuk berpuasa.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes