Tips Mengontrol Gula Darah

Pengendalian kadar gula darah dan insulin dalam tubuh sangat penting dilakukan oleh para penderita diabetes untuk mencegah menurunnya daya tahan tubuh.

Tips mengontrol gula darah dan insulin

Hal ini juga bermanfaat sebagai gaya hidup sehat yang berguna tidak hanya bagi penderita diabetes, tetapi juga bagi orang lainnya agar terhindar dari penyakit diabetes.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk mengontrol gula darah dan insulin:

  1. Diet
    Diet sangat membantu para penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 untuk mengontrol kadar gula darah. Kuncinya adalah membatasi asupan karbohidrat sebagai faktor utama yang mempengaruhi level gula darah.
    Penuhi diet dengan sayuran, buah-buahan, daging, kacang-kacangan, susu, dan biji-bijian. Buatlah pola makan yang sehat dan sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Konsumsi diet tinggi serat (25-35 gram per hari) untuk membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.
  2. Olahraga
    Lakukan olahraga ringan secara teratur. Olahraga terbukti positif dapat mengontrol dan menurunkan level gula darah dalam tubuh, terutama pada penderita diabetes tipe 2. Olahraga dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin yang kemudian merangsang hati dan otot mengolah glukosa.
  3. Hindari Hipoglikemia
    Jus, buah, dan permen adalah sumber gula yang membantu Anda terhindar dari kondisi gula darah yang terlalu rendah. Konsumsi setidaknya 15-20 gram gula atau karbohidrat dalam sehari untuk mengatasi hipoglikemia.
  4. Perbaiki Gaya Hidup
    Hal lain yang dapat mempengaruhi diabetes adalah stres dan gaya hidup tidak sehat seperti merokok. Stres membuat kadar gula darah melonjak. Atasi dengan yoga, meditasi, dan melakukan hobi yang menyenangkan. Sedangkan rokok meningkatkan kemungkinan Anda mengalami komplikasi diabetes pada kaki, kerusakan saraf, mata, jantung, pembuluh darah, dan penyakit ginjal.

    Perbaikilah gaya hidup Anda dengan menghindari alkohol, rutin melakukan tes gula darah, perbanyak minum air, dan makan lebih teratur.

Diabetes bukanlah sebuah hal yang menakutkan, yang Anda perlukan adalah cara yang tepat untuk mengatasi dan meringankan risiko yang mungkin terjadi. Semoga kesehatan Anda selalu terjaga dengan baik!

BACA JUGA : Menghitung Kalori Ketika Berolahraga Tidaklah Penting untuk Membuang Lemak

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes