mengontrol kolesterol

Tips Mengontrol Kolesterol Secara Alami

Kolesterol berperan penting dalam tubuh. Namun, jika terlalu banyak kolesterol dalam darah juga sangat tidak baik. Berikut ini beberapa tips untuk mengontrol kadar kolesterol Anda secara alami.

mengontrol kolesterol

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menutup pembuluh darah. Hal itu berarti dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga stroke. Karena itu, penting bagi kita untuk mengontrol kolesterol.

Berikut beberapa tips untuk mengontrol kolesterol secara alami seperti dikutip dari Healthmeup, Kamis (12/02).

1. Batasi konsumsi daging merah

Hindari mengonsumsi daging yang dimasak menggunakan minyak. Sebaiknya pilih daging panggang. Ayam dan ikan adalah pilihan yang lebih baik daripada daging merah.

Menurut World Cancer Research Fund, jumlah yang direkomendasikan untuk mengonsumsi daging merah adalah 70 gram per hari.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) tanpa mempengaruhi kolesterol HDL (kolesterol baik). Dua sendok makan atau sekitar 23 gram minyak zaitun per hari sangat baik untuk jantung.

Perlu diingat, minyak zaitun juga mengandung kalori sehingga konsumsi berlebih dapat meningkatkan berat badan Anda.

3. Tambahkan omega-3

Asam lemak omega-3 dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL). Ikan, biji rami, kacang-kacangan, dan almond merupakan beberapa sumber omega-3.

American Hearth Association (AHA) merekomendasikan mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan dalam satu minggu. Ikan yang mengandung tinggi asam lemak omega-3 antara lain makarel, sarden, salmon, dan tuna.

4. Tetap aktif

Aktivitas fisik membantu mengontrol berat badan dan dapat mengurangi risiko seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes.

Aktivitas fisik juga dapat mengurangi stres, yang merupakan faktor utama dalam penyakit jantung. Sebaiknya, Anda harus berolahraga selama 30 menit setiap hari lima kali dalam seminggu.

5. Bawang putih

Bawang putih dapat menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi terhadap infeksi.

Dalam penelitian yang diterbitkan di The Journal of the Royal College of Physicians oleh Silagy CS dan Neil HAW tahun 1994 menyebutkan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) hingga 10 persen.

6. Minum teh hitam

Teh hitam adalah pertahanan besar terhadap kadar kolesterol LDL tinggi. Dianjurkan untuk minum satu cangkir teh hitam setiap hari.

Menurut United State Department of Agriculture (USDA), rutin minum teh hitam dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen dalam waktu tiga minggu.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Awas, Ada Bahan Berbahaya dalam Makanan Anda!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes