cegah osteoporosis

Tips Miliki Tulang Kuat, Jauh dari Osteoporosis

Pola gaya hidup sangat mempengaruhi gaya hidup Anda. Jika gaya hidup Anda sehat, maka tubuh Anda juga semakin sehat. Sebaliknya, jika pola hidup Anda buruk, maka kesehatan Anda juga pasti memburuk. Gaya hidup yang tak sehat pasti mempengaruhi kesehatan Anda dari berbagai lini. Misalnya, kesehatan organ tubuh dan juga tulang. Ya, tulang merupakan pondasi terkuat yang ada di tubuh manusia, tanpanya maka manusia tak pernah bisa melakukan segala aktivitas.

Osteoporosis

Sayangnya, gaya hidup yang salah sering kali mempengaruhi kepadatan tulang Anda. Akibatnya, tulang keropos (osteoporosis) akan membayangi Anda. Seperti namanya, tulang keropos akan mudah patah. Sehingga, apabila Anda melakukan aktivitas yang berat, maka Anda berisiko besar terkena patah tulang.

Bahkan, bukan hanya manusia yang berumur senja saja yang mengalami keropos tulang. Sekarang mulai banyak juga muda-mudi yang terkena keropos tulang. Dengan demikian, bukan umur yang menjadi penentu seseorang mengalami keropos tulang, melainkan gaya hidup seseorang tersebut.

Nah, berikut adalah tips-tips untuk mencegah tulang keropos:

1.) Peroleh Kalsium yang Cukup

Kalsium merupakan nutrisi yang begitu penting untuk tulang. Idealnya, kebutuhan kalsium seseorang dalam sehari adalah 800-1200mg. Itulah sebabnya, Anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium, seperti halnya ikan, susu, kacang kedelai, dan sayuran-sayuran hijau lainnya. Namun dari banyaknya jenis makanan tersebut, tentunya tak bisa memenuhi asupan kalsium yang diperlukan oleh tubuh Anda. Saat inilah suplemen berperan besar dalam memenuhi asupan kalsium tubuh Anda.

2.) Hindari Rokok, Kafein, dan Alkohol

Jika Anda ingin memiliki tulang yang kuat, maka Anda memiliki pantangan untuk tidak merokok, minum-minuman berkafein, dan alkohol. Mengapa hal ini dilarang? Karena, rokok dapat mengganggu kepadatan tulang Anda. Sedangkan minuman berkafein dapat mengeluarkan kalsium dari tubuh Anda melalui urin. Terakhir, alkohol bisa menghambat sebuah penyerapan zat kalsium, dan membuat nafsu makan berkurang.

3.) Kenali Risiko Lebih Dini

Memang, semua usia bisa saja menderita osteoporosis. Namun, sudah pasti jika kebanyakan yang mengalami penyakit pengeroposan tulang ini adalah mereka yang berusia senja. Mengapa? Karena, semakin bertambahnya usia, maka penurunan jumlah kalsium di dalam tubuh juga semakin besar. Terlebih, jika wanita sudah mengalami monopause, maka akan lebih rentan terserang pengeroposan tulang. Untuk sebab itu, bagi Anda yang sudah tahu risikonya sejak dini, seharusnya Anda dapat mencegahnya. Sehingga, kepadatan tulang Anda semakin terjaga.

4.) Raih Berat Badan Ideal

Jika Anda berat badan Anda tidak ideal, maka risiko Anda terkena patah tulang juga semakin besar. Mengapa begitu? Hal ini karena, tulang dipaksa untuk menahan bobot tubuh Anda. Hal tersebut akan memberikan tekanan yang terlalu berat pada tulang Anda, terutama pada bagian sendi-sendi pada tulang kaki Anda. Solusi masalah ini hanya satu, yakni dengan menurunkan berat badan Anda.

5.) Olahraga Teratur

Tentu, olahraga adalah obat terbaik untuk segala penyakit. Karena, melalui olahraga dapat menjaga kebugaran tubuh Anda, termasuk di dalamnya adalah tulang-tulang Anda. Olahraga akan memaksa tulang-tulang tubuh Anda untuk bergerak, sehingga akan membuatnya tetap sehat dan terhindar dari pengeroposan tulang.

Lakukan poin-poin di atas untuk memperoleh tulang yang kuat. Sebagai rekomendasi latihan untuk mencegah osteoporosis, baca artikel Latihan Terbaik untuk Mencegah Osteoporosis yang ada di DuniaFitnes.com. Selamat mencoba, semoga Anda selalu memperoleh tulang yang sehat dan kuat.

BACA JUGA: Latihan Plyometric untuk Latihan yang Intensif

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes