tips sehat

Tips Sehat: Jaga Kebugaran Mulai dari Meja Kerja Anda

Pada tips sehat kali ini, akan kita bahas bagaimana caranya agar Anda tetap fit dan bugar saat bekerja.

Apakah Anda bekerja di kantor dengan aktivitas lebih sering duduk menghadap komputer?

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah mengetahui bahwa kebiasaan duduk yang terlalu lama sepanjang hari dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

Bahkan, seorang ahli kesehatan tulang dari Inggris, Dr John Tanner mengatakan bahwa tubuh Anda akan beradaptasi dengan apa yang sering Anda lakukan.

“Jika Anda duduk seharian, berarti tubuh Anda akan beradaptasi dengan kebiasaan tersebut daripada aktivitas lain yang membutuhkan lebih banyak gerakan. Efeknya, tubuh Anda bisa kehilangan keseimbangan, kekuatan dan bahkan mempunyai cara berjalan yang buruk”

Memang, untuk mengatur jadwal olahraga atau latihan cukup sulit bagi Anda yang disibukkan dengan pekerjaan, baik pekerjaan kantor maupun rumah.

Berikut beberapa tips sehat yang dapat membantu Anda mendapatkan kesehatan yang optimal dan bisa Anda mulai dari meja kerja Anda.

# Tips Sehat: Lebih Aktif Saat Berangkat ke Kantor

tips sehat

Lebih aktif yang dimaksud adalah lebih baik menggerakkan tubuh Anda saat pergi ke kantor. Misalnya, lebih memilih berjalan kaki atau bersepeda daripada menggunakan kendaraan bermotor.

Meski begitu, bukan berarti Anda diharuskan berjalan kaki atau bersepeda apabila jarak kantor dan rumah Anda berkilo-kilometer. Yang dimaksud adalah sebaiknya Anda lebih banyak bergerak.

Misalnya, ketika Anda memarkir kendaraan Anda, pilihlah tempat parkir di ujung atau letaknya sedikit cukup jauh dari tempat kerja. Dengan tips sehat ini, Anda memiliki kesempatan untuk meregangkan otot-otot Anda sebelum dan setelah bekerja.

Jika jarak rumah dan tempat kerja Anda tidak terlalu jauh, sebaiknya gunakan sepeda atau berjalan kaki. Atau Anda bisa menggunakan kendaraan umum dan berhenti sebelum terlalu dekat dengan kantor.

Baca Juga: Tips Sehat dan Bugar Ala Cristiano Ronaldo

#Tips Sehat: Lebih Memilih Gunakan Tangga

tips sehat

Telah banyak gedung perkantoran yang kini dilengkapi dengan lift. Bahkan, Anda mungkin sangat sering menggunakannya untuk menuju tempat kerja Anda.

Namun, untuk mendukung kesehatan Anda dalam jangka panjang, maka sebaiknya pilih tangga daripada naik lift. Tips sehat naik tangga ini adalah cara yang bagus untuk membakar kalori secara gratis.

Tidak cukup hanya itu, latihan menaiki tangga juga akan membantu meningkatkan stamina, membangun ketahanan, serta kekuatan otot kaki Anda.

# Tips Sehat: Berdiri Selama yang Anda Bisa

tips sehat

Tips sehat berikutnya adalah sebaiknya Anda mencoba untuk berdiri atau berjalan-jalan.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, terlalu banyak duduk sangatlah rawan bagi kesehatan Anda dalam jangka panjang. Mulai dari penyakit kardiovaskuler hingga wasir.

Apabila pekerjaan mengharuskan Anda duduk di depan komputer, maka sempatkanlah untuk berdiri atau berjalan-jalan di sekitar kantor. Tips sehat ini dapat Anda lakukan ketika mengangkat telpon atau pada saat membalas email dari rekan kerja Anda.

Selain untuk menyegarkan pikiran, dengan berjalan juga membuat organ Anda bergerak, sehingga otot-otot Anda pun juga kendur dan mengalami peregangan.

>> Tips Sehat Menambah Berat Badan <<

# Tips Sehat: Berolahraga Saat Istirahat

tips sehat

Duduk dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan lingkar pinggang yang besar. Kondisi tersebut tentu saja dapat menimbulkan risiko penyakit kardiovaskuler dan metabolik. Otot-otot yang kendur ketika seseorang duduk terlalu lama membuat jantung tidak dapat memompa darah secara maksimal.

Untuk itu, penting bagi Anda yang bekerja di depan komputer untuk tetap bergerak disela-sela pekerjaan. Pada penelitian yang diterbitkan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise tahun 2014 lalu mengatakan, cukup berjalan-jalan selama lima menit dapat mencegah menggumpalnya darah di kaki selama duduk.

Tips sehat dapat Anda lakukan ketika jam istirahat, dengan menyempatkan untuk melakukan olahraga di sekitar tempat kerja Anda.

Misalnya, Anda membawa dumbbell dari rumah dan gunakan latihan ringan seperti dumbbell press, knee extension, bench dips, chair squat, push up, sit up, atau mountain climb.

Atau Anda dapat melakukan yoga untuk membantu meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, serta mengurangi stres. Tips sehat ini pastinya akan membuat kebugaran Anda bertambah.

Tetap aktif meski ketika bekerja adalah langkah tepat untuk mengurangi segala risiko penyakit atau masalah kesehatan akibat terlalu lama duduk.

Simak juga informasi menarik tentang tips sehat untuk menjaga berat badan Anda tetap ideal dalam artikel 6 Tips Praktis Diet Sehat dan Aman.

# Tips Sehat: Minum Air Putih Lebih Banyak

tips sehat

Terkadang, rasa haus Anda akan berkamuflase dengan rasa lapar. Jika demikian, kemungkinan Anda akan ngemil sebisa Anda. Tentu, hal itu akan bisa mempengaruhi program diet yang Anda lakukan.

Karena itu, tips sehat selanjutnya adalah sebelum mengambil cemilan, minumlah segelas air untuk mengurangi asupan kalori dan tetap terhidrasi. Perlu diingat bahwa minum air dingin dapat membantu membakar beberapa kalori.

Memiliki waktu khusus olahraga di pagi hari atau setelah bekerja memang tidak mungkin dilakukan oleh semua orang. Karena itu, Anda perlu melakukan olahraga di sela-sela pekerjaan untuk menjaga kebugaran serta kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes