Tips untuk Dapatkan Tidur Berkualitas

"7

Ada banyak saran dan tips tentang cara mendapatkan tidur yang lebih baik. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

Kebiasaan baik untuk kualitas tidur yang baik:

  1. Berolahragalah secara teratur. Sempatkanlah olahraga setiap hari bahkan dengan berjalan kaki sekalipun.
  2. Jangan konsumsi kafein di atas jam 7 malam.
  3. Satu jam sebelum tidur, hindari melakukan segala jenis pekerjaan yang membutuhkan Anda untuk berpikir keras dan berkonsentrasi.
  4. Sesuaikan suhu ruangan di kamar tidur Anda menjadi agak sedikit dingin.
  5. Kondisikan agar kamar tidur Anda gelap. Penelitian menunjukkan bahwa bahkan cahaya kecil dari jam alarm digital pun dapat mengganggu siklus tidur kita. Saat ini banyak barang-barang bahkan yang berukuran kecil di dalam kamar yang menyala di kegelapan dengan bersinar hijau terang (glow in the dark). Sebenarnya benda-benda itu pun bisa cukup mempengaruhi tidur kita.
  6. Jaga kamar tidur serapi mungkin. Tempat tidur yang kacau dan berantakan membuat istirahat kita jadi tidak tenang.

Jika Anda mengalami kesusahan untuk tidur, cobalah lakukan beberapa tips berikut:

  1. Tarik napas panjang dan perlahan semaksimal mungkin sesuai kemampuan Anda.
  2. Jika Anda sedang banyak pikiran (misalnya merencanakan liburan, berbelanja, khawatir tentang diagnosa medis), tulislah apa yang ada di pikiran Anda. Teknik ini biasanya benar-benar efektif.
  3. Manjakan diri Anda dengan body lotion. Selain rasanya menyenangkan, jika Anda mengalami kesulitan tidur karena merasa panas, body lotion akan mendinginkan Anda.
  4. Jika kaki Anda terasa dingin, kenakan kaos kaki.
  5. Regangkan seluruh tubuh Anda.
  6. Beberapa orang mengklaim bahwa susu hangat mengandung melatonin dan trytophan, sebagai suplemen alami yang akan membantu kita tidur, tetapi pada kenyataannya, segelas susu tidak mengandung cukup banyak zat tersebut hingga memberikan efek. Tapi itu masih tetap menjadi minuman yang menenangkan. Anda juga bisa konsumsi suplemen alami yang akan membantu Anda mengatasi masalah tidur Anda dan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda, yaitu suplemen Melatonin dari Ultimate Nutrition.
  7. Menguaplah.
  8. Regangkan jari Anda ke atas dan ke bawah beberapa kali.
  9. Katakan pada diri Anda, “Aku harus bangun sekarang sekarang.” Bayangkan Anda baru saja mematikan dan menunda alarm Anda semenit yang lalu, Anda pun akan siap menghadapi rutinitas pagi.

Jika Anda mengalami susah tidur, maka jadikan itu sebagai kesempatan untuk mendapatkan waktu ekstra dari jadwal sehari Anda. Anda bisa manfaatkan waktu itu untuk menangani tugas-tugas rumah yang belum tersentuh seperti mengatur ataupun merapikan rak buku dan sebagainya. Lalu keesokan paginya, Anda akan memulai hari dengan perasaan bahagia karena telah mencapai sesuatu bahkan sebelum Anda memulai rutinitas hari ini.

Jadi mulailah terapkan tips sederhana di atas untuk dapatkan tidur berkualitas sehingga Anda siap menghadapi hari Anda dengan kondisi fisik yang fresh dan penuh semangat.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes