tidur siang

Trik Jitu Dapatkan Tidur Siang yang Berkualitas

Tidur siang sering diibaratkan dengan kebiasaan orang malas dan kebiasaan orang yang memiliki tulang yang rapuh. Akan tetapi sebenarnya hal tersebut tidak lagi berlaku. Mengapa begitu?

Rest

Pada sebuah polling yang dilakukan pada tahun 2013, Gallup Poll mengungkapkan bahwa hampir 40% orang tidur dalam jangka waktu kurang dari 7 jam. Di sisi lain 43% orang mengatakan bahwa mereka merasa lebih bugar jika mereka punya lebih banyak waktu untuk tidur. Jadi, akan sangat masuk akal jika banyak orang yang mulai mencoba untuk menambah jam tidurnya kapanpun dan bahkan bisa dimana saja. Perusahaan seperti Google, Ben & Jerry, serta Proctor and Gamble mengharuskan karyawannya untuk tidur siang. Dan beberapa kampus seperti Michigan University juga mulai menyediakan kamar untuk tidur siang.

Mengantuk sebelum tidur adalah hal yang sangat normal bagi kita. Jam biologis internal tubuh kita telah mengatur fisik, mental, perubahan emosional, dan juga waktu kita untuk terjaga. Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School, kita biasanya akan selalu terjaga di siang hari dan mulai mengantuk seiring datangnya malam. Tetapi ada juga beberapa orang yang kadang sudah mengantuk di sore hari.

Dari penelitian tersebut juga ditemukan beberapa manfaat tidur siang bagi tubuh, diantaranya meningkatkan kekuatan otak, meningkatkan daya ingat, dan membuat Anda terjaga lebih lama. Diketahui juga bahwa tidur siang akan membantu menjaga tubuh Anda langsing karena jika Anda kekurangan jam tidur maka hal itu akan memicu rasa lapar yang dapat menyebabkan Anda makan secara berlebihan.

Dan di musim dan cuaca yang sering kali berubah-ubah dan sangat dingin ini, bisakah Anda memikirkan kapan waktu yang tepat dan efektif untuk tidur siang? Berikut ini trik jitu yang bisa Anda jajal untuk dapatkan tidur siang yang efektif:

Waktu Terbaik Untuk Tidur Siang

Menurut Michael Grandner, PhD, seorang instruktur psikiatri di University of Pennsylvania Perelman School of Medicine mengatakan bahwa tidur siang yang efektif adalah sebelum pertengahan hari dan jangan di atas jam 3. Jika Anda memaksakan tidur siang di atas jam 3 siang, maka hal tersebut akan mengganggu tidur malam Anda.

Tidurlah Secukupnya

Saat Anda berniat untuk tidur siang dengan jangka waktu yang lama, maka hal itu dapat dikatakan bukan ide yang baik bagi tubuh Anda. Waktu untuk tidur siang yang efektif adalah 20-30 menit. Anda bisa tidur siang dalam waktu satu jam, akan tetapi Anda akan mendapatkan efek peningkatan kekuatan otak dan manfaat lainnya lebih sedikit daripada yang hanya tidur dalam 30 menit. Dan jika Anda tidur siang lebih dari 60 menit maka tubuh Anda akan memasuki tahapan tidur yang lebih dalam dan mungkin akan membuat Anda terbangun dengan perasaan grogi yang bisa mempengaruhi segala aktivitas di sisa hari Anda.

Cobalah Berbaring di Sofa

Saat Anda merasa mengantuk dan seperti ingin tidur layaknya tidur di malam hari, maka coba rebahkanlah tubuh Anda di tempat yang nyaman, tapi juga tidak begitu nyaman, seperti sofa.

Jadikan Tempat Anda Setenang Mungkin

Jika Anda ingin tidur siang dengan lelap dan nyenyak, maka jadikan tempat tidur Anda setenang mungkin. Usahakan agar kondisi ruangan atau kamar yang Anda pakai tidur cukup gelap untuk menutup mata, tapi tidak gelap gulita. Suhu ruangan ideal untuk kenyamanan tidur siang Anda adalah tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Hal itu disarankan agar tubuh Anda tidak terlalu lama mengatur suhu tubuh yang bisa membuatnya sulit untuk bersantai.

Minumlah Kopi Tepat Sebelum Tidur Siang

Mungkin trik yang satu ini kelihatannya agak menimbulkan pro dan kontra. Namun, pada penelitian yang dilakukan di Jepang pada tahun 2003 menunjukkan bahwa secangkir kopi yang diminum tepat sebelum tidur malah akan memberikan efek lelap pada tidur siang Anda. Alasannya adalah kafein yang terkandung dalam kopi tidak akan bekerja sampai 20-30 menit setelah diminum. Jadi Anda bisa terbangun dengan efek kopi yang segar pada tubuh Anda setelah 30 menit.

Hanya dengan bersantai, menarik napas dalam-dalam, menutup mata Anda bisa beristirahat sejenak di tengah padatnya pekerjaan di kantor Anda. Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Mitos Salah yang Sebabkan Berat Badan Gagal Turun

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes