meningkatkan kesehatan jantung

Ubah Gaya Hidup Agar Terhindar Dari Penyakit Jantung

Penyakit jantung ditengarai sebagai penyebab utama kematian dini 17,1 juta penduduk dunia setiap tahun. Menurut World Heart Federation, hanya dengan mengubah gaya hidup yang sehat dapat mengurangi risiko kematian hingga 80 persen.

pebyakit jantung

Selain menghindari rokok dan alkohol, perubahan gaya hidup yang sehat dapat diterapkan melalui manajemen diet, olahraga, atau aktivitas fisik yang rutin.

Berikut adalah beberapa perubahan gaya hidup penting untuk membantu Anda mencegah dan mengatasi efek berbahaya dari penyakit jantung.

1. Aktivitas Fisik dan Mengontrol Berat Badan

Salah satu cara terbaik untuk menjalani hidup sehat dan menghindari penyakit adalah manajemen berat badan yang tepat. Obesitas merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung, hipertensi dan stroke. Oleh karena itu, jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, sekarang adalah waktu yang tepat untuk merencanakan program manajemen berat badan yang efektif. Seperti melakukan latihan atau olahraga rutin.

Anda dapat mencari bantuan dari seorang pelatih kebugaran atau berkonsultasi dengan dokter. Pasalnya, penurunan berat badan yang berlebih juga dapat menjadi sumber masalah jika Anda memiliki penyakit jantung stadium lanjut.

2. Modifikasi Pola Makan

Untuk mengurangi risiko penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner dan gagal jantung, wajib untuk makan makanan yang sehat. Mengapa tidak mulai dengan makan lebih banyak buah dan sayuran?

Buah-buahan seperti pisang mengandung banyak mineral alami yang disebut elektrolit yang membantu untuk menurunkan tingkat tekanan darah. Kurangi asupan makanan lemak jenuh, lemak trans. Ganti dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh seperti omega 3.

Selain itu, sebaiknya jangan selalu menggunakan minyak goreng. Cobalah lebih sering memanggang, merebus, atau mengukus makanan Anda. Bahkan jika Anda menggunakan minyak goreng, pilih jenis yang sehat seperti minyak zaitun.

3. Stres

Cobalah untuk selalu rileks dan buat semuanya menjadi mungkin untuk mengurangi tingkat stres Anda. Hal ini dapat dilakukan melalui teknik pernapasan, yoga, atau melalui musik.

Selain itu, selalu ketahui sinyal tubuh Anda dan coba selalu berpikir positif.

4. Hindari Alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol juga sebagai salah satu pemicu utama penyakit jantung. Mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan depresi fungsi kontraktil pada jantung.

5. Stop Rokok

Seperti dilaporkan American Heart Association, rokok sangat berkaitan dengan kematian akibat penyakit jantung. Rokok dapat mengurangi tingkat HDL (kolesterol baik) dalam tubuh dan berpotensi membekukan darah yang berbahaya.

Merokok merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner di mana pembuluh darah yang membawa oksigen ke jantung menyempit karena penumpukan plak.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Ketahuilah, Beribu Manfaat Anda Dapatkan dengan Berolahraga

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes