Ubah Gaya Hidup Untuk Cegah Serangan Kanker Pankreas


Steve Jobs, pendiri sekaligus mantan CEO Apple Inc, meninggal di usianya yang ke 56 pada Rabu, 5 Oktober 2011, setelah bertahun-tahun berjuang melawan kanker dan sejumlah komplikasi penyakit lainnya. Kabar meninggalnya Jobs ini diumumkan oleh Apple pada Rabu malam.

Jobs telah berjuang melawan kanker pankreas langka yang sudah dideritanya sejak beberapa tahun yang lalu. Ia pun telah melakukan serangkaian pengobatan termasuk transplantasi liver pada tahun 2009 silam. Jobs mengalami pancreatic neuroendocrine tumor, di mana hanya sekitar 5% dari 43.000 orang penderita kanker pankreas yang menderita kanker jenis ini. Sebenarnya apa kanker pankreas itu dan bagaimana cara mencegahnya?

Gejala Kanker Pankreas
Kanker pankreas merupakan salah satu penyakit yang mematikan, karena sulit dideteksi sejak dini dan pertumbuhannya pun cukup cepat. Biasanya penderita akan mengalami gejala seperti sakit perut atau mual. Hal ini terjadi karena tumor semakin membesar dan menekan organ di sekitarnya. Rasa sakit ini akan bertambah setelah makan atau saat berbaring. Selain itu, berat badan penderita akan turun drastis karena sel-sel kanker mengalahkan sel-sel yang sehat.

Kanker pankreas juga dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk mencerna dan menyerap makanan. Gejala lainnya adalah menguningnya kulit dan bola mata karena tingginya kandungan bilirubin, yaitu pigmen kuning yang dihasilkan oleh pemecahan hemoglobin (Hb) di dalam liver. Pada tahap selanjutnya, penderita akan merasakan gatal-gatal, mual, dan muntah hingga depresi yang parah. Gejala yang nampak ini merupakan tanda bahwa penyakit ini sudah mencapai tingkatan yang parah dan sulit untuk diobati.

Faktor Penyebab Kanker Pankreas
Meskipun faktor keturunan memainkan peran besar dalam munculnya kanker pankreas (sekitar 10% dari kasus kanker pankreas karena keturunan), namun sebagian besar kasus kanker ini diakibatkan oleh gaya hidup yang kurang baik. American Cancer Society menyatakan bahwa, sekitar 30% dari semua kasus kanker pankreas disebabkan oleh kebiasaan merokok. Terlalu sering mengonsumsi makanan hewani, kurangnya konsumsi sayuran dan buah-buahan, obesitas, dan kurang aktivitas fisik juga turut meningkatkan risiko penyakit ini.

Selain faktor di atas, faktor usia juga berperan besar dalam meningkatkan risiko kanker pankreas. Usia di atas 60 tahun dan orang kulit hitam lebih berpotensi terkena kanker pankreas dari pada orang kulit putih dan Asia. Perempuan, penderita diabetes, dan orang-orang yang menjalani operasi untuk tukak lambung juga cenderung lebih berisiko.

Pencegahan Kanker Pankreas
Mengubah gaya hidup adalah salah satu upaya pencegahan yang wajib Anda lakukan untuk mengurangi risiko penyakit ini. Kebiasaan merokok, sebagai salah satu pemicu penyakit ini, harus Anda hilangkan. Asap rokok mengandung begitu banyak zat karsinogen yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Jika Anda kelebihan berat badan, turunkanlah, karena kelebihan berat badan juga turut memicu terjadinya kanker pankreas.

Dengan mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat seperti dengan berhenti merokok, makan makanan sehat, dan berolahraga secara rutin berarti Anda telah menurunkan risiko serangan kanker pankreas pada diri Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes