Unik dan Sehatnya Yoga Ketawa

Yoga ketawa. Mendengar namanya saja Anda pasti sudah bisa menebak bahwa yoga ketawa adalah latihan yoga yang sangat menyenangkan karena berisi orang-orang yang tertawa lepas sepanjang latihan. Asik bukan?

Adalah Dr. Madan Kataria, seorang dokter yang berasal dari Mumbai, India, yang mulai mengenalkan metode yoga ketawa ini kepada dunia. Pada awalnya metode ini hanya diikuti 5 orang peserta. Namun, seiring besarnya manfaat kesehatan yang bisa didapat dari yoga ketawa, kini metode unik ini telah menyebar di hampir 65 negara, dan menampung orang-orang dari segala usia untuk ber “ha-ha hi-hi” bersama.

Konsep Yoga Ketawa
Yoga ketawa merupakan sebuah konsep unik yang menggabungkan seni pernapasan Yoga (pranayama) dengan olah gerak dan permainan kanak-kanak yang akan menghasilkan tawa. Seni napasnya meningkatkan pasokan oksigen ke dalam tubuh dan otak, sehingga membuat pelaku yoga lebih sehat dan energik.

Konsep Yoga Ketawa berdasarkan fakta ilmiah bahwa tubuh kita tidak bisa membedakan tawa asli dengan tawa ‘aspal’ (asli tapi palsu). Baik alami maupun tidak, tertawa akan memberi manfaat yang sama secara fisiologis dan psikologis, yaitu membuat rasa gembira dan meningkatkan hormon endorfin atau hormon pencetus rasa gembira.

Konsep inovatif ini telah diterima secara luas di dunia dan telah dipublikasikan di majalah-majalah dan media terkemuka seperti TIME Magazine, National Geographic, Wall Street Journal, Los Angeles Times, Daily Telegraph (Inggris).

Bagaimana Melakukan Yoga Ketawa?

Yoga Ketawa dilakukan di dalam kelompok. Tiap peserta memerlukan teman untuk tertawa bersama sambil berinteraksi dan saling menatap mata. Dimulai dengan tepuk tangan, pernapasan, gerakan-gerakan khusus yang disertai tawa, serta relaksasi.

Dalam Yoga Ketawa, orang percaya bahwa ketawa itu ‘menular’, jadi bila Anda bertatap mata dan berinteraksi dengan orang yang sedang tertawa, maka Anda akan terpancing untuk tertawa juga. Jadi dalam kelompok tersebut, peserta saling menularkan gelak tawa.

Klub Yoga ketawa dijalankan oleh tenaga sukarela dan ketua kelompok yang telah mendapat training khusus dari seorang guru Yoga Ketawa bersertifikat. Klub ini bebas dari pengaruh politik, agama, dan bersifat non-profit yang dijalankan di bawah pengawasan Laughter Club International di India serta Laughter Yoga International.

Nah, bagi Anda yang stres dan jarang ketawa, jangan tunda lagi untuk mencoba latihan unik yang siap mengocok perut Anda ini. (dan)

BACA JUGA : 6 Tip untuk Tingkatkan Energi Seketika

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes