Wasir

Wasir: Si Kecil yang Sangat Mengganggu

Wasir
Sering kita lihat atau mungkin alami sendiri kondisi wasir. Wasir atau dalam bahasa medis disebut hemorrhoid adalah kondisi yang ditandai dengan pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar anus sehingga Nampak seperti benjolan di area tersebut dan meneteskan darah terutama saat buang air besar (BAB).

Gejala yang sering dikeluhkan pada penderita wasir adalah benjolan di anus yang berdarah menetes saat BAB, dan kadang muncul rasa nyeri di anus.

Wasir perlu dibedakan berdasar lokasi terjadinya benjolan karena berdampak pada pengobatan yang dilakukan. Berdasar lokasi, wasir dibagi menjadi 2 yaitu wasir dalam (hemorrhoid interna) atau wasir luar (hemorrhoid externa). Sedangkan berdasar derajatnya, wasir dibagi menjadi 4.

Gambar diatas saya ambil dari http://www.manchesterhaemorrhoidcentre.co.uk/exports/slide_grading.jpg

  • Stage 1: wasir terjadi tanpa ada benjolan, dan biasanya hanya berupa darah yang menetes saat BAB.
  • Stage 2: mulai muncul benjolan namun bisa hilang atau kempes sendiri
  • Stage 3: benjolan muncul namun masih bisa ditekan masuk kedalam secara manual
  • Stage 4: benjolan sudah menetap dan tidak dapat masuk lagi.

Jadi bagaimana mengobati wasir ini?
Pengobatan wasir dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu perubahan pola makan dan intervensi dari dokter.

Perubahan Pola Makan
Pada wasir tahap awal, tujuan utama adalah untuk mencegah tidak terjadi perburukan stage dari wasir itu sendiri. Wasir akan makin berat apabila ada tekanan dari rongga perut terutama saat BAB hingga mengakibatkan pembengkakan wasir makin berat.

Makanan yang tinggi serat baik larut atau tidak larut dibutuhkan untuk mempermudah pasase kotoran di usus sehingga mudah dikeluarkan tanpa mengedan. Hal lain yang dapat dilakukan sendiri adalah dengan berendam air hangat (bukan air panas) saat mandi dengan tujuan untuk relaksasi dari pembuluh darah di area tersebut dan kemudia diikuti dengan kompres dingin untuk menekan reaksi radang.

Intervensi Medis
Intervensi medis dibagi lagi menjadi 2 bagian, yaitu tindakan invasif seperti operasi dan tindakan non-invasif yaitu dengan obat-obatan.

Pemberian obat akan membantu untuk wasir stage awal berupa cream untuk meredakan reaksi radang, pelicin untuk mempermudah aliran kotoran sehingga tidak perlu mengedan. Namun obat-obatan tidak cukup untuk digunakan pada wasir stage 3-4 sehingga dibutuhkan tindakan yang bersifat invasive.

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, terdapat 2 jenis wasir yaitu wasir dalam dan luar, (hal ini ditentukan oleh dokter anda). Pada wasir dalam yang belum menonjol, dapat dilakukan penyuntikan skleroterapi oleh dokter internis anda. Namun pada wasir dalam yang sudah menonjol keluar dan wasir luar, maka tindakan operasi oleh dokter bedah merupakan keharusan.

Semoga membantu

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes