kanker kelenjar getah bening

Waspada, Kanker Kelenjar Ludah Lebih Ganas dan Mematikan

Dewasa ini, penyakit yang sering didengar adalah penyakit kanker. Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) memprediksi akan terjadi lonjakan penderita kanker di Indonesia sampai tujuh kali lipat. Upaya deteksi dini diperlukan agar angka kematian akibat kanker bisa ditekan.

rs

Salah satu jenis kanker yang biasa muncul dipermukaan adalah kanker serviks, payudara, darah atau leukemia, hati dak kulit. Selain itu, terdapat salah satu kanker yang perlu diantisipasi lagi, yakni kanker kelenjar ludah.

Apa Itu Kanker Kelenjar Ludah?

Kanker kelenjar ludah merupakan penyakit langka yang ganas. Hal ini terjadi karena sel-sel yang ada pada kelenjar ludah. Kanker kelenjar ludah adalah suatu bentuk kanker yang jarang terjadi dan dapat dimulai pada salah satu kelenjar ludah dalam, leher mulut atau tenggorokan. Kelenjar ludah berfungsi membuat air liur, yang membantu pencernaan dan menjaga kelembaban mulut.

Sampai saat ini tak jelas apa yang menyebabkan penyakit kanker kelenjar ludah ini. Dokter menyatakan bahwa kanker kelenjar ludah terjadi ketika beberapa sel dalam kelenjar ludah mengembangkan mutasi pada DNA-nya. Mutasi memungkinkan sel untuk tumbuh dan membelah dengan cepat.

Sel-sel tersebut akan terus bermutasi dan hidup ketika sel-sel lainnya akan mati. Kemudian sel tersebut akan mengumpul dan membentuk tumor yang dapat menyerang jaringan di dekatnya. Sel kanker dapat pecah dan menyebar (metastasis) ke seluruh bagian tubuh.

Gejala yang Ditimbulkan

Dokter mengkasifikasikan kanker kelenjar ludah berdasarkan jenis sel yang terlibat dalam tumor. Terdapat beberapa jenis penyakit kanker ludah ini. Misalnya, seperti Acinic, Acinic Cell Carcinoma, Adenocarcinoma, Adenoid Cystic Carcinoma, Clear Cell Carcinoma, Malignant Mixed Tumor, Mucoepidermoid carcinoma, Oncocytic Carcinoma, Polymorphous Low-grade Adenocarcinoma, Salivary Duct Carcinoma, dan Squamus Cell Carcinoma. Jenis kanken kelenjar ludah akan membantu dokter menentukan pilihan pengobatan yang terbaik untuk pesiennya.

Gejala-gejala yang ditimbulkan oleh kanker kelenjar ludah antara lain yaitu benjolan yang mengakibatkan sulit menelan, mati rasa di bagian wajah, dan kesulitan menelan. Gejala lain yang muncul ialah kesulitan membuka mulut secara luas, kelemahan otot pada satu sisi wajah, dan persistent nyeri di daerah kelenjar ludah. Hal ini dapat diketahui ketika kita memeriksakan gigi ke dokter.

Pengobatan yang Dilakukan

Terdapat beberapa pengobatan untuk penderita kanker kelenjar ludah. Perawatan standar yang saat ini digunakan untuk pengobatan dan juga ada beberapa yang sedang diuji secara klinis. Uji klinis ini digunakan untuk meningkatkan perawatan dan mendapat informasi tentang perawatan baru untuk penderita kanker.

Uji klinis yang ada menunjukkan bahwa pengobatan baru lebih baik daripada perawatan standar. Tetapi beberapa uji klinis hanya terbuka untuk pasien yang belum mulai melakukan pengobatan.

Pengobatan untuk kanker kelenjar ludah tergantung pada ukuran, jenis, dan tahap kanker kelenjar ludah pasien serta kesehatannya secara keseluruhan. Pengobatan kanker kelenjar ludah biasanya melibatkan operasi penghapusan sel kanker dengan atau tanpa terapi radiasi, seperti kebanyakan pengobatan kanker lainnya.

Semoga informasi tentang kanker kelenjar ludah ini dapat bermanfaat. (gie)

BACA JUGA: Alasan Lain Mengapa Pria Harus Berhenti Merokok

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes