Waspadai Kadar Kolesterol Anda!

Bila kadar kolesterol dalam tubuh melambung tinggi, jelas berbahaya. Meski demikian, kolesterol juga memiliki manfaat bagi tubuh.

Kebutuhan tubuh akan lemak memang diperlukan dalam pembentukan energi dan pembentukan sel dalam tubuh. Kolesterol adalah salah satu komponen lemak yang ada di seluruh tubuh. Wujudnya berupa zat berwarna putih, seperti lilin.

Kolesterol ditemukan di dalam darah dan berada di setiap sel tubuh. Sebanyak 80 persen kolesterol diproduksi oleh tubuh sendiri (endogen) yakni oleh organ hati. Sisanya 20 persen diperoleh dari luar tubuh alias asupan Anda. Kadar kolesterol yang diperlukan tubuh adalah kurang dari 200mg/dl.

Beberapa manfaat dari kolesterol berperan sebagai bahan dasar pembentukan hormon steroid (progresteron, estrogen, testosterone dan kortisol), membantu mencerna lemak dan menghasilkan vitamin D.

Perlu Anda ketahui. Ada dua jenis kolesterol, yakni LDL (low density lipoprotein) dan HDL (high density lipoprotein). Kondisi tubuh dikatakan sehat, jika kadar HDL lebih tinggi dibandingkan dengan kadar LDL. Sebagai kolesterol jahat, LDL mengandung 70-75 persen kolesterol dan sedikit protein. LDL ini tidak bermasalah bila dalam batas normal yakni 100 mg/dl dengan ambang batas 130mg/dl sampai 159mg/dl. Sedangkan fungsi HDL atau kolesterol baik sebaliknya.

HDL memiliki fungsi scavenger. Dengan kata lain, HDL menangkap LDL yang ada di dalam tubuh. Artinya, HDL memindahkan atau membuang kolesterol jahat dari pembuluh darah serta mengangkut kolesterol lebih sedikit dan membuang kelebihan LDL di pembuluh darah arteri, kembali ke hati untuk diproses dan dibuang.

Sebanyak 20-30 persen kolesterol dari HDL ini dialirkan ke seluruh tubuh. HDL normal bagi tubuh yakni berkisar 40mg/dl, bahkan bila mencapai di atas 60mg/dl, bahkan bila mencapai di atas 60mg/dl dipercaya dapat melindungi Anda dari serangan jantung. (aai)

BACA JUGA : Terobsesilah pada Makanan Sehat!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes