Waspadai Tekanan Darah Tinggi!

Tekanan darah tinggi atau hipertensi telah menjadi penyakit yang umum bagi banyak orang saat ini, apalagi bagi mereka yang tinggal di kawasan perkotaan. Tekanan darah tinggi menjadi salah satu faktor penyebab stroke, serangan jantung, dan juga gagal ginjal. Dan akibat terburuk dari penyakit ini adalah kematian.


Tekanan darah tinggi adalah, terjadinya tekanan yang terlalu besar pada dinding arteri. Hal ini terjadi jika tekanan darah lebih dari 140/90 mm/Hg, dan tetap pada tingkat ini dalam waktu yang lama. Tekanan darah tinggi biasanya terjadi di kalangan orang dewasa atau usia 15 tahun ke atas. Tekanan darah biasanya ditulis dalam dua nomor, sistol dan diastol. Sebagai contoh, 120 (sistol) dan 70 (diastol) ditulis 120/70. Tekanan darah tertinggi yang dapat dianggap normal untuk ukuran orang dewasa sehat adalah 120/80 mm/Hg.

Kenali Penyebab Tekanan Darah Tinggi Anda
Secara umum, ada 2 jenis tekanan darah tinggi berdasarkan faktor penyebabnya, yaitu:

  • Tekanan Darah Tinggi Primer
    Tekanan darah tinggi primer adalah suatu kondisi dimana terjadinya tekanan darah tinggi sebagai akibat dampak dari gaya hidup seseorang dan faktor lingkungan. Seseorang yang pola makannya tidak terkontrol dan mengakibatkan kelebihan berat badan atau bahkan obesitas, berisiko besar terkena penyakit tekanan darah tinggi. Begitu pula seseorang yang berada dalam lingkungan atau kondisi stress tinggi, sangat mungkin terkena penyakit tekanan darah tinggi, termasuk orang-orang yang kurang olahraga.
  • Tekanan Darah Tinggi Sekunder
    Tekanan darah tinggi sekunder adalah suatu kondisi dimana terjadinya peningkatan tekanan darah tinggi sebagai akibat seseorang mengalami/menderita penyakit lainnya seperti gagal jantung, gagal ginjal, atau kerusakan sistem hormon tubuh. Sedangkan pada Ibu hamil, tekanan darah secara umum meningkat saat kehamilan berusia 20 minggu. Terutama pada wanita yang berat badannya di atas normal atau gemuk.

Oleh karena itu, Anda harus memahami bahwa menjalankan gaya hidup sehat sangatlah penting. Hidup bebas stres, menjaga pola makan sehat dan rajin berolahraga adalah hal yang wajib Anda lakukan untuk menghindari serangan berbagai penyakit, termasuk penyakit tekanan darah tinggi.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, antara lain:

  • Hindari makanan yang mengandung sodium atau natrium yang tinggi dengan cara, pilih kandungan sodium rendah saat membeli makanan, batasi mengonsumsi daging dan keju, hindari camilan yang asin-asin, kurangi pemakaian saos yang umumnya mengandung sodium.
  • Banyak mengkonsumsi makanan kaya potassium atau kalium. Potasium bisa Anda dapatkan pada buah-buahan dan sayuran. Buah dan sayuran yang mengandung potasium dan baik untuk di konsumsi penderita tekanan darah tinggi antara lain semangka, alpukat, melon, buah pare, labu siam, bligo, labu parang/labu, mentimun, lidah buaya, seledri, bawang dan bawang putih. Selain itu, makanan yang mengandung unsur Omega-3 seperti ikan salmon, tuna, bayam, juga dikenal efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah.

Turunkan tekanan darah tinggi dengan memulai pola hidup sehat. Hindarkan diri Anda dari stres yang berlebihan dan cukupi kebutuhan olahraga Anda tiap hari agar tubuh Anda senantiasa sehat kini dan nanti.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes