obesitas

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Obesitas

Obesitas adalah kegemukan atau kelebihan berat badan. Jika mengalami obesitas, maka seseorang tersebut berpotensi menderita penyakit kardiovaskuler. Berikut ini yang perlu diketahui dari obesitas.

obesitas

Obesitas menjadi masalah cukup serius di beberapa negara. Banyak hal yang menyebabkan obesitas, seperti emotional eating atau gaya hidup yang tidak sehat.

Dari beberapa hasil penelitian, obesitas juga dapat memunculka beragam penyakit kardiovaskuler seperti jantung atau stroke. Selain itu, obesitas juga dapat mengakibatkan penyakit kanker, tekanan darah tinggi, hingga diabetes. Berikut ini merupakan beberapa fakta yang perlu diketahui mengenai obesitas.

Apa itu BMI?

Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) adalah pengukuran yang membandingkan berat badan dengan tinggi badan. Fungsinya adalah untuk mengukur lemak tubuh dan berat badan yang ideal bagi tiap orang.

BMI sendiri ditemukan oleh polymath asal Belgia, Lambert Adolphe Jacques Quetelet, antara tahun 1830 dan 1850. Melalui BMI, dapat membantu menganalisa ukuran tubuh, serta mengidentifikasi kemungkinan munculnya penyakit tertentu.

Mengukur Obesitas

BMI dapat membantu dalam menghitung obesitas. Cara pengukuran lain untuk mengetahui obesitas juga dapat dilakukan seperti:

– Mengukur lingkar pinggang
– Body Fat Callipers
– Scan DEXA untuk mengetahui lemak dan kepadatan tulang
– Pengujian Bioelectric
– MRI lemak tubuh
– Pengujian Water Displacement
– Biopod

Tingkat Obesitas

– Kegemukan
BMI antara 23,5-27,5
Kriteria dari tingkat ini adalah seseorang yang gemuk memiliki risiko besar mengalami obesitas. Solusi terbaiknya adalah pasien ini harus melakukan program gizi yang dianjurkan ahlinya.

– Obesitas Level I
Pasien ini memiliki BMI antara 27,5-32,5. Sangat penting bagi seseorang pada level ini untuk menjaga berat badan. Kesempatan ke berat badan normal ada namun masih belum berkesempatan atau berkeinginan menjalani program.

– Obesitas Level II
Pasien ini memiliki pengukuran BMI antara 32-37. Pada level ini sudah mulai sering menimbulkan penyakit seperti diabetes tipe 2, hipertensi, jantung, sleep apnea, atau nyeri sendi. Solusinya adalah rutin melakukan olahraga, diet sehat, serta menjalani gaya hidup sehat. Pada level ini juga sudah dianjurkan untuk melakoni operasi berat badan (Bariatric Surgery)

– Obesitas Level III
Pasien ini memiliki BMI lebih dari 37,5 dan ini adalah yang paling berbahaya. Pada level ini, usaha seperti olahraga atau diet tidak memberikan hasil yang berarti. Solusi utamanya adalah dengan menjalani operasi bariatrik.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: OBESITAS DAPAT PERSINGKAT USIA HINGGA DELAPAN TAHUN

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes