Yin Yoga the Magnificent Stress Reliever

Tak hanya menyehatkan secara fisik, latihan yoga juga dapat meningkatkan kesehatan kejiwaan Anda. Lebih dari ratusan tahun yoga dikenal sebagai metode alternatif untuk membuat seseorang menjadi lebih tenang dan rileks.

Yin-Yoga-the-Magnificent-Stress-Reliever

Salah satu variasi yoga yang dikenal ampuh meningkatkan kesehatan kejiwaan adalah yin yoga. Yin yoga telah banyak dicoba oleh sebagian besar orang yang mengalami kondisi kesehatan mental seperti stres, depresi, dan sebagainya, demi mencapai ketenangan di dalamnya.

Yin Yoga adalah salah satu style hatha yoga yang dilakukan secara lembut dan perlahan, tanpa mengencangkan satu pun otot tubuh. Biasanya latihan ini dilakukan antara 3 – 5 menit untuk setiap asana.

Yin-yoga-1

Berbeda dengan saat melakukan asana dalam style yoga lainnya ( yang bertarget pada penguatan otot tubuh ), Yin Yoga lebih bertarget pada pengolahan bagian tubuh yang tidak ‘tersentuh’ saat melakukan asana dengan cara konvensional, yakni sendi, ligamen, cartilage (tulang rawan ) tendon, dan tulang.

Saat otot tubuh dilemaskan, dan postur ditahan lebih lama, maka organ – organ jaringan ikat (yang tersembunyi di bawah otot ) akan terlatih, menjadi lebih kuat dan lentur. Secara khusus, tujuan dari melakukan yin yoga adalah untuk meningkatkan kelenturan sendi tubuh, khususnya pada tubuh bagian bawah, agar dapat duduk nyaman saat bermeditasi.

yin-yoga-2

Saat berlatih yin yoga, mata harus terpejam agar dapat mencapai fase latihan lebih dalam. Ini berfungsi untuk melatih kepekaan, naluri, dan mencapai relaksasi tubuh yang sesungguhnya.

Tertarik untuk mencobanya? (dan)

BACA JUGA : Gerakan Yoga untuk Turunkan Tekanan Darah

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes