Yoga Tingkatkan Kesehatan Mental Remaja

Ada kabar gembira buat para orang tua yang memiliki anak remaja. Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa remaja yang rajin berlatih yoga memiliki kesehatan psikologis yang lebih baik daripada remaja yang tidak berlatih yoga, seperti yang dilansir emaxhealth pada Senin, 30 April 2012.

Usia remaja merupakan masa di mana mereka berusaha menemukan jati diri, sehingga sering mengalami gejolak emosi yang dapat mempengaruhi kesehatan mental mereka. Meskipun para orang tua menyadari hal ini, namun mereka ingin menemukan cara yang efektif agar putra-putrinnya lebih tenang dalam menghadapi gejolak emosi ini.

Para peneliti dari Brigham and Women’s Hospital and Harvard Medical School, meneliti pengaruh dari latihan yoga terhadap kesehatan mental pelajar di Massachusetts high school. Sepertiga dari jumlah pelajar diminta untuk mengikuti kelas yoga selama 10 minggu, 2-3 kali seminggu, sedangkan sisanya diminta untuk mengikuti program latihan fisik lainnya.


Latihan yoga yang diberikan meliputi, latihan pernapasan, relaksasi, dan meditasi yang dapat membantu para pelajar lebih tenang baik secara fisik dan mental. Untuk mengetahui efektifitas manfaat yoga bagi para pelajar, peneliti juga memberikan test psychosocial sebelum dan sesudah 10 minggu penelitian.

Hasilnya, pelajar yang mengikuti kelas yoga memiliki mood yang lebih baik dan tingkat kegelisahan yang lebih rendah, serta memiliki kontrol emosi yang lebih baik daripada pelajar yang tidak mengikuti kelas yoga.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes