Kapalan dan Mata Ikan

Yuk, Kenalan Dengan Kapalan dan Mata Ikan

Banyak orang yang pernah mengalami atau menderita kapalan dan mata ikan khususnya di bagian kaki, terutama pada wanita yang sering menggunakan high heels dengan ujung yang sangat sempit atau pada orang yang sering menggunakan sepatu yang menekan jari-jari kaki. Kapalan dan mata ikan ini sering sekali dialami oleh banyak orang dan banyak dari kita yang menganggapnya sebagai sakit biasa. Sebelum mengangapnya sebagai penyakit yang tidak serius, yuk kenali terlebih dahulu dengan kedua penyakit ini:

JENDELA MATA IKAN

Kapalan

Kapalan, adalah lapisan korneum yang terbentuk di titik-titik tertentu dari kulit karena hiperkeratosis (penumpukan berlebihan dari sel-sel kulit yang bersama dengan sebum dan bakteri yang terperangkap). Ketika kehilangan kelembaban, saraf berhenti berkembang dan menenun menjadi lebih keras dan sensitive pada rasa sakit. Jika kulit ini secara konstan mendapatkan tekanan, maka kulit akan membentuk permukaan kekuningan dan bersifat keras dan tebal.

Kapalan memiliki variasi dalam bentuk dan ukuran. Umumnya, kapalan memang tidak menyakitkan, namun dalam beberapa kasus, kapalan dapat membuat kulit kehilangan fleksibilitas yang disebabkan disebabkan malaise. moncler outlet polo 2

Mata Ikan

Mata ikan yang juga dikenal dengan Verruca Plantaris, Verruca merupakan hiperplasi epidermis akibat pertumbuhan epitel yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus tipe tertentu yang termasuk golongan Virus Papova. Mata ikan umumnya tumbuh pada kulit permukaan kaki, tumit, jari-jari kaki, telapak dan jari-jari tangan. Kebanyakan mata ikan memiliki warna agak kekuning-kuningan, dan memerah saat terjadi peradangan.

Kedua penyakit di atas disebabkan oleh gesekan atau tekanan pada kulit. Hal ini juga bisa disebabkan karena pemakaian kaos kaki, atau sepatu yang tidak cocok atau sempit. Dalam beberapa kasus, kapalan dan mata ikan juga disebabkan oleh arthritis atau kelainan bentuk pada struktur tulang.

Mata ikan dan kapalan dapat didiagnosis dengan mudah pada awalnya dan langkah penting untuk menghindari kedua penyakit tersebut adalah dengan mengidentifikasi jenis alas kaki yang sedang digunakan. Dalam sebagian besar kasus, nfl jerseys ranked custom kapalan dan mata ikan tidak membutuhkan perhatian medis, kecuali saat kedua hal tersebut mulai menyakitkan, muncul berulang-ulang atau yang terkena infeksi.

Pada beberapa orang, kadang-kadang diperlukan beberapa tindakan medis untuk menangani mata ikan. Tindakan medis yang biasa dilakukan adalah dengan melalui operasi kecil yang dilakukan di rumah sakit. Mata ikan juga bisa dihilangkan dengan air hangat dan garam epsom atau dengan mengoleskan krim Humectante. Kemudian ditutupi dengan kain kasa lembab selama beberapa menit agar nantinya mata ikan tersebut bisa digosok dengan batu apung.

Sangatlah membahayakan jika orang tersebut menderita diabetes atau penyakit yang menyebabkan kekurangan sirkulasi. Pada penderita diabetes yang sudah mengalami gangguan saraf tepi kaki, biasanya mata ikan tidak terasa nyeri sama sekali. Hal ini sangat berbahaya, karena dapat meluputkan perhatian akan adanya luka yang dapat berakibat serius pada penderita diabetes mellitus.

Untuk mencegahnya kita perlu melakukan hal-hal berikut ini:

•Gunakan sepatu atau alas kaki yang nyaman.
•Hindari pemakaian sepatu dengan tumit yang tinggi dan ujung yang sempit. monster beats amazon australia
•Gunakan kaos kaki yang lembut.
•Pijatlah kaki sebelum berbaring atau merendamnya dengan air hangat dan garam, cuka, atau sabun untuk melunakkan bagian keras.
•Jangan menggunakan gunting atau pisau untuk membersihkan kapalan dan mata ikan.
•Pergi dan konsultasikan dengan dokter spesialis Anda.

Nah, setelah kita kenal dengan mata ikan dan kapalan, bagaimana cara Anda untuk mencegahnya? Apakah sudah termasuk pada daftar di atas? Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Studi: Sinar Matahari Ternyata Dapat Tekan Obesitas

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes