Yuk, Lawan Diabetes dengan Pemberian ASI

Menyusui dengan air susu ibu (ASI) ternyata bisa membantu wanita dalam menjaga berat badan dan menurunkan risiko gemuk ketika semakin tua. Maka dari itu munculah istilah, semakin lama menyusui, maka semakin besar manfaat yang akan didapatkan nantinya.

Menurut sebuah penelitian terbaru, wanita pascamenopause yang menyusui di masa muda selama setidaknya enam bulan memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih rendah daripada mereka yang tidak menyusui, terlepas dari berapa banyak anak yang mereka miliki.

Para peneliti menemukan, untuk setiap enam bulan menyusui, BMI rata-rata wanita adalah 1% lebih rendah dibandingkan wanita yang tidak menyusui. Meskipun terlihat tidak berefek besar, para peneliti mengatakan bahwa menyusui bisa berdampak besar pada kesehatan jangka panjang dan risiko obesitas.

“Walau penurunan BMI hanya 1%, secara substansial menyusui bisa mengurangi jumlah penyakit terkait obesitas dan biaya yang akan dikeluarkan untuk berobat,” tulis peneliti Kirsty Bobrow, dari University of Oxford dan rekannya di International Journal of Obesity.

“Tampaknya relevan untuk menginformasikan bahwa wanita yang menyusui memang hanya mengalami penurunan yang relatif kecil, namun penting untuk diingat bahwa menyusui terus-menerus bisa mempengaruhi berat badan dalam waktu sedekade kedepan,” tulis mereka.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes