membentuk otot baru

4 Hal yang Harus Anda Percaya Ketika Ingin Memulai Fitnes

Tidak sedikit fitnes mania yang baru memulai latihan di fitnes, ingin segera mendapatkan hasil yang memuaskan. Pastinya, seorang fitnes mania memiliki keinginan untuk memiliki tubuh yang berotot dan sehat sesuai goal fitnes mereka dengan cepat.

memulai fitnes

Inilah empat hal yang harus dipercaya oleh fitnes mania jika ingin membentuk tubuh, memahat perut sixpack, menurunkan badan, atau kesehatan secara keseluruhan ketika memulai fitnes.

1. Kekuatan Otot Berkembang Lebih Dulu Ketimbang Ukuran Otot

Ketika baru memulai latihan fitnes atau mencoba program baru yang sangat berbeda dengan latihan yang dilakukan biasanya, fitnes mania mungkin tidak dapat melihat perkembangan secara nyata pada beberapa minggu pertama. Tapi, hal ini akan meningkatkan kekuatan otot.

memulai fitnes

Ini dikarenakan sistem saraf pusat fitnes mania menyesuaikan pelatihan sebelum otot. Sistem saraf akan merangsang pertumbuhan serat otot untuk dapat membantu menyelesaikan latihan. Ketika fitnes mania kesulitan dan memaksa mengangkat beban pada otot tersebut, maka saraf akan merespon untuk ‘memanggil’ serat-serat otot agar lebih kuat.

Menurut para ahli, perubahan ukuran tubuh baru akan terlihat dalam waktu kurang lebih satu bulan. Ini masih tergantung pada berapa lemak yang dimiliki oleh fitnes mania.

Baca Juga: Latihan Cerdas Berdasarkan Tipe Serat Otot

2. Otot Akan Datang Secara Perlahan

memulai fitnes

Fitnes mania yang ingin meningkatkan bentuk tubuhnya agar lebih berotot, mungkin setelah satu bulan fitnes berhasil menambah berat badan sebanyak beberapa kilogram. Namun, hal itu tidak berarti semua otot yang padat. Ini karena masih terdapat air, glikogen (karbohidrat yang tersimpan dalam otot sebagai energi), dan lemak.

Apabila fitnes mania ingin ototnya terlihat lebih kering dan padat, maka langkah utama yang harus dilakukan adalah menjaga rutinitas latihan serta menjaga pola makan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, semua membutuhkan proses dan fitnes mania akan mendapat hasil yang diinginkan apabila disiplin berlatih.

3. Memangkas Lemak Berlebih Adalah Hal yang Mudah

memulai fitnes

Banyak yang mengatakan bahwa menurunkan berat badan adalah hal yang sangat sulit. Sebenarnya, memangkas lemak berlebih dalam tubuh adalah cara yang cukup mudah. Kunci utama mengatasi timbunan lemak berlebih adalah dengan cara mengontrol asupan kalori dan kalori yang dibakar.

Agar pembakaran kalori maksimal, maka yang harus dilakukan adalah dengan mengatur pola makan (diet) dan juga latihan rutin. Tak hanya latihan kardio, latihan bukan juga sangat efektif untuk membakar lemak tubuh berlebih.

Baca Juga: 4 Metode Latihan Terbaik untuk Pangkas Lemak Tubuh Berlebih

4. Program Latihan untuk Merangsang Hormon Testosteron

memulai fitnes

Meskipun program yang dilakukan saat ini sudah mulai menunjukkan hasil, banyak fitnes mania yang cenderung untuk mencoba program latihan lain yang menurutnya lebih pas. Harapannya, program latihan baru tersebut dapat membantu fitnes mania dalam membentuk tubuh lebih berotot, kuat, atau ramping.

Melompati ke program lain padahal program sebelumnya belum membuahkan hasil, maka tubuh fitnes mania akan beradaptasi kembali dengan program yang baru.

Ketika fitnes mania memilih program latihan, pastikan latihan tersebut selalu dapat menunjukkan hasil. Selama fitnes mania dapat menambah berat beban, repetisi, set, mengurangi istirahat setiap gerakan latihan, atau melakukan latihan lebih banyak, ini merupakan stimulus untuk perkembangan latihan.

Tips: Apabila masih pemula, carilah program yang memiliki latihan dasar seperti press, squat, pull up, atau row. Latihan compound tersebut akan bekerja lebih banyak otot dan sendi sehingga dapat merangsang perubahan hormonal yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otot.

Note: Latihan yang intens, pola makan yang sehat, istirahat yang cukup serta didukung dengan suplementasi, maka pertumbuhan otot akan menjadi lebih maksimal >> Tribulus Terrestris dari Ultimate Nutrition

[sc:TribulusMotivation ]

Orang pintar perlu belajar lebih dulu, itulah yang dinamakan proses. Begitu pula dengan fitnes. Perkembangan tidak akan langsung terlihat secara fisik dan itu memerlukan sebuah proses. Jika fitnes bertujuan menjadikan tubuh lebih sehat, kenapa tidak dimulai dari sekarang?

BACA JUGA: Sit Up, Latihan Sederhana yang Efektif Membentuk Perut Sixpack

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes