Ambar Dwi Wulandari: Lebih Pede Setelah Turun 18 Kg

Disclaimer: Hasil yang didapatkan mungkin berbeda-beda tergantung dari situasi tubuh masing-masing pengguna.

Beberapa waktu lalu tim Duniafitnes.com mendapat kesempatan mewawancarai Ambar Dwi Wulandari, salah satu dari sekian banyak orang yang berhasil menurunkan berat badan setelah mengikuti tips diet Denny Santoso melalui akun twitter @dennysantoso.

Before-After-Ambar

Apa rahasia sukses Ambar menurunkan berat badan hingga 18 kg? Berikut petikan wawancara Ambar Dwi Wulandari bersama tim Duniafitnes.com seputar keberhasilannya menurunkan berat badan.

Bagaimana awalnya Anda memutuskan untuk berdiet?
Awal saya memutuskan berdiet karena sering mendapat ejekan dari teman-teman dan orang-orang terdekat karena saya obesitas. Selain itu saya merasa kurang percaya diri dan merasa kurang lincah dengan berat badan yang berlebih.

Apa yang memotivasi untuk berdiet dan membentuk tubuh seperti sekarang ini?
Motivasi saya awalnya hanya untuk menurunkan berat badan, karena saya merasa kurang percaya diri. Akan tetapi setelah tahu cara berdiet yang benar melalui akun twitter Denny Santoso (saya sering mengikuti kultwitnya), motivasi saya berubah.

Saya berdiet bukan untuk membentuk tubuh saja, saya berdiet untuk investasi kesehatan saya di masa tua nanti. Mendapatkan bentuk tubuh yang bagus dan berat badan turun merupakan bonus dari apa yang saya lakukan.

Bagaimana pola makan dan aktivitas fisik sebelum menjalani diet?
Sebelum saya mengikuti program pembentukan tubuh, saya suka sekali makanan junk food. Hampir tiap hari saya mengkonsumsi pizza, burger, kentang goreng, ayam goreng, minuman bersoda, dan makanan yang manis2. Sementara itu untuk aktifitas fisik minim sekali, kegiatan saya hanya duduk, tidur, dan bisa dikatakan tidak pernah olahraga sama sekali.

Dari mana Anda mengenal diet sehat dan apakah Anda pernah menjalani diet ngawur?
Seperti yang sudah saya sampaikan di awal, saya mengenal diet sehat melalui akun twitter Denny Santoso. Saya selalu mengikuti kuliah beliau tentang cara berdiet yang benar, yaitu dengan makan lebih sering (5-6 kali sehari) dengan porsi kecil dan sarat gizi.

Melalui penjelasan Denny Santoso ini saya mulai paham, bahwa yang paling penting dalam penurunan berat badan adalah dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Dan salah satu cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh adalah dengan makan 5-6 sehari porsi kecil.

Sebelum mengenal Denny Santoso, saya pernah menjalani diet ngawur. Saya pernah dalam sehari hanya makan buah saja. Akan tetapi diet yang seperti itu malah membuat badan saya kekurangan nutrisi. Dan malah membuat diet saya gagal, karena ada keinginan makan lebih banyak lagi setelahnya.

Seperti apa pola makan atau diet yang Anda jalani?
Pola makan yang saya jalani adalah dengan makan sehari 5-6 kali, makan yang tidak membuat saya terlalu kenyang (porsi kecil). Dan saya memperhatikan makanan yang saya konsumsi. Saya mengganti nasi putih dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, atau outmeal. Buah, sayur, protein, juga selalu ada di makanan yang saya konsumsi setiap hari.

Selain itu, saya menambahkan konsumsi whey protein dan bcaa di antara jam makan saya untuk membantu pembentukan massa otot saya.

Apakah ada menu wajib yang harus ada di menu makan Anda?
Saya tidak mewajibkan menu makanan tertentu setiap hari. Hanya saja saya selalu mengusahakan kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, buah dan sayur, harus selalu ada di setiap makanan yang saya konsums.

Berapa kali Anda berlatih dalam seminggu?
Dalam seminggu saya latihan beban 2-3 kali dengan durasi 1-1,5 jam. Selain itu di antara latihan beban tersebut, saya melakukan kardio dengan mengikuti senam aerobik atau melakukan HIIT menggunakan tredmill/eliptical. Selain waktu saya untuk latihan beban dan cardio, saya gunakan waktu tersebut untuk recovery.

Apa latihan favorit Anda?
Karena saya merasa bagian tubuh bawah saya kurang bagus, saya menyukai latihan untuk tubuh bagian bawah (paha, pantat, pinggul) dan punggung. Latihan yang sangat mengena untuk organ-organ tersebut adalah deadlift, dan saya sangat menyukai jenis latihan ini.

Bagaimana peran suplemen bagi keberhasilan Anda?
Suplemen sangat membantu keberhasilan saya dalam melakukan pembentukan badan. BCAA, suplemen yang saya gunakan saat ini, selain berfungsi untuk membantu pembentukan massa otot, BCAA membantu saya dalam menjaga performa latihan (tidak mudah lelah) sehingga latihan saya lebih maksimal.

Selain itu dari literatur yang saya baca, BCAA juga dapat membantu mengurangi timbunan lemak di perut dengan cara membantu proses pembakaran lemak (itu menurut jurnal yang saya baca, dan karena ini juga yang membuat saya memilih BCAA sebagai suplemen andalan saya).

Selain BCAA, saya gunakan Whey Protein (saya menggunakan ISO Cool) untuk mempercepat recovery dan pembentukan massa otot.

Apa saja kendala dan hambatan ketika menjalani program ini?
Kendala saya saat menjalani program ini, hanya masalah mengatur waktu latihan karena kesibukan saya setiap hari. Kadang dalam waktu seminggu saya tidak bisa latihan beban 2-3 kali. Akan tetapi saya usahakan dalam waktu seminggu itu saya latihan beban minimal 2 kali.

Ada cerita unik dan paling berkesan selama menjalani program ini?
Yang paling berkesan adalah saat orang-orang terdekat saya tahu, bahwa saya bisa menurunkan berat badan dan saya mengalami transformasi yang sangat cepat dan drastis. Banyak teman-teman dan keluarga saya tidak percaya dengan perubahan yang saya alami. Selain itu, diet dan olahraga yang saya jalani ini membuat saya merasa jauh lebih muda. Banyak orang-orang yang baru mengenal saya menganggap saya masih duduk di bangku SMA, padahal saya sudah berusia 25 tahun hehehe…

Apa rencana atau target ke depan yang ingin dicapai?
Rencana ke depan, saya ingin menurunkan berat badan saya lagi akan tetapi dengan mempertahankan massa otot. Bahkan kalau bisa, saya ingin menaikkan massa otot, menekan lemak, dan menurunkan berat badan saya agar lebih ideal. Karena saya masih merasa berat badan saya kurang ideal dan lemak saya masih banyak.

Tips sukses Anda untuk para pembaca yang ingin mendapatkan tubuh ideal
Yang pasti harus ada niat dan motivasi terlebih dahulu. Jangan pernah merasa bosan dengan diet dan latihan yang Anda lakukan, karena dengan mengatur pola makan dan latihan merupakan cara paling aman untuk mendapatkan tubuh ideal. Selain itu jangan merasa puas dengan apa yang didapatkan saat ini, kalau bisa Anda harus selalu lebih baik ke depannya. (dan)

BACA JUGA : 5 Suplemen Terbaik untuk Tingkatkan Massa Otot

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes