Berhasil Diet, Tike Priatnakusumah Turun 17 Kg

Disclaimer: Hasil yang didapatkan mungkin berbeda-beda tergantung dari situasi tubuh masing-masing pengguna.

Siapa yang tak kenal dengan Tike Priatnakusumah? Ya, wanita bertubuh subur itu dikenal sebagai pembawa acara, penyiar radio, sekaligus komedian yang sering mondar-mandir di televisi. Kali ini, ia hadir membawa kabar baik.

Pada Rabu (4/6), PT Roche Indonesia mengumumkan penurunan berat badan Tike sebanyak 17 kg selama 6 bulan. Inge Permadhi, MS, SpGK, dokter spesialis gizi yang mengawasi program Tike, menyampaikan bahwa secara keseluruhan kondisi kesehatan Tike juga meningkat.

“Ketika pertama kali diperiksa, berat badan Tike adalah 94,4 kg, termasuk dalam kategori Obesitas tingkat III dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) 41,4 kg/m2,” kata dr. Inge. Obesitas berkaitan erat dengan risiko terkena komplikasi seperti penyakit tekanan darah tinggi, jantung koroner, stroke, diabetes, bahkan kanker. Obesitas tingkat III adalah tingkat paling berisiko dalam klasifikasi IMT.

“Sekarang Tike ada di kategori obesitas I sehingga risiko terkena berbagai penyakit komplikasi obesitas menurun secara signifikan,” tambahnya.

Perubahan terbesar Tike terlihat dari hasil pemeriksaan fisik dimana lingkar pinggangnya turun drastis dari 119 cm ke 93 cm. Menurut penelitian Interheart di 52 negara pada 2005 yang dipublikasikan oleh Lancet, lingkar pinggang adalah salah satu parameter penting dalam menentukan risiko penyakit kardiovaskular.

“Tujuan saya menurunkan berat badan sebenarnya adalah untuk menjadi lebih sehat, ingin melihat anak saya tumbuh besar dan ingin hamil anak kedua dengan start berat badan yang lebih sehat,” tutur mantan bintang serial komedi Extravaganza itu.

“Keberhasilan saya ini didukung oleh berbagai faktor, yaitu program yang terstruktur dari Weight Management Program (WMP) dari PT Roche Indonesia, edukasi pengaturan makan, dan aktivitas fisik serta evaluasi kesehatan dari dr. Inge,” tutupnya.

Penasaran dengan rahasia program menurunkan berat badan ala Tike? Berikut bocoran mengenai program diet Tike yang bisa Anda coba di rumah:

Pengaturan makan

  • Konsumsi makanan LCD (Low Calorie Diet)
  • Dari 1500 kkal yang biasa dikonsumsi, Tike menurunkannya menjadi 1000 kkal per hari
  • Jadwal makan 3x sehari

Jenis makanan

  • Karbohidrat sebanyak 50-60 %
  • Protein sebanyak 15-20 %
  • Lemak sebanyak 25-30 %

Aktivitas Fisik

  • Frekuensi : 3 x 50 menit per minggu atau 150 menit per minggu
  • Intensitas : Moderate (sedang)
  • Time : Bertahap, mulai dari 30 menit hingga 60 menit
  • Jenis latihan : Aerobik, low impact, dan latihan beban yang dilakukan setelah penurunan berat badan sebesar 10 %.

Tertarik untuk mencoba diet ala Tike Priatnakusumah? (jay)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes