Han-Han, ‘Bergaul’ Demi Turunkan Berat Badan!

Disclaimer: Hasil yang didapatkan mungkin berbeda-beda tergantung dari situasi tubuh masing-masing pengguna.

Dimulai dengan pergaulannya dengan para atlit Ultimate Nutrion, akhirnya Yohanes Surherlyas termotivasi untuk menurunkan berat badan sekaligus membentuk otot-otot tubuhnya.

Before-After

Pria yang akrab disapa Han-han ini pada awalnya memiliki berat badan sekitar 93kg sebelum akhirnya turun menjadi 63kg. Banyak hal yang memengaruhi penurunan berat badannya tersebut mulai dari niat ingin membentuk perut sixpack hingga pergaulannya yang terbilang luas dengan para atilit-atlit Ultimate Nutrition salah satunya Irwan Eden (Ultimate Body Iron) yang juga menjadi pelatih pribadinya.

“Awalnya saya berlatih seadanya dan makan sesuka hati saya,” ujar pria yang lahir di Bandung, 4 Juni 1977, menceritakan program dietnya terdahulu.

“Kemudian saya ingin membuktikan program dietnya pak Denny Santoso pada saat acara One Diet Class yang diadakan Dunia Fitnes di Bandung beberapa waktu lalu, yang menyebutkan bahwa pola diet yang sehat itu adalah makan 5-6 kali sehari dan ternyata program diet tersebut berhasil membuat berat badan saya turun,” ungkap Han-han yang juga memiliki hoby otomotif ini.

Mulai dari situlah Han-han mengikuti program dietnya pak Denny Santoso dengan pola makan sedang 6 kali sehari sampai saat ini.

“Dalam 6 hari tersebut, saya atur menjadi 3 hari low carbo, dan 3 hari high carbo, saat low carbo saya biasa mengonsumsi ikan tilapia bakar serta buah dan sayuran sebagai pengganti carbo, kemudian pada saat high carbo saya mengonsumsi ikan tilapia bakar, ubi atau nasi merah sebagai sumber carbo,” kata Han-Han semangat menceritakan pola dietnya.

Han-Han percaya bahwa ikan adalah sumber protein yang baik sehingga ikan selalu ada atau menjadi menu wajib dalam setiap makanannya.

“Selama saya menjalani program diet itu, godaan akan makanan-makanan favorit saya dulu menjadi tantangannya,” ujarnya.
Selain program dietnya tersebut Han-Han juga rutin melakukan latihan beban untuk mendukung penurunan berat badannya sekaligus mewujudkan niatnya membentuk perut sixpack.

Dalam seminggu Han-Han bisa menghabiskan waktu 5 hari untuk latihan beban dengan durasi 1 jam sebanyak 2 kali dalam sehari, ditambah latihan kardio selama 1 jam setiap selesai sesi latihan beban.

Selain itu Han-Han juga sering mengikuti pertandingan body contest dan juga pernah menjuarai beberapa event bodycontest seperti, menjadi juara 3 pada ajang Starfit Bodycontest pada katagori Senior Class dan juga pernah masuk semifinal dalam ajang Ronnie Coleman Classic Men katagori Under 65kg.

“Sebelum pertandingan saya biasanya melakukan tanning dan sauna, lalu pagi dan sore latihan otot beban, 1 otot besar dan 1 otot kecil,” terang pria yang menyukai warna kuning ini.

Ditanya soal latihan favorit, Han-Han mengaku sangat menyukai latihan untuk otot bahu dan perut karena memang tujuan awalnya adalah membentuk perut sixpack.

Selain program diet dan pola latihannya tersebut, tak lupa pula Han-Han mengonsumsi suplemen-suplemen tambahan untuk memaksimalkan hasil semua programnya itu seperti BCAA, Glutapure, Ultra Ripped FAF, Iso Cool.

Han-Han juga memiliki target dalam hidupnya yang harus dicapai yaitu tetap konsisten pada perkembangan otot tubuh untuk terus berprestasi pada ajang bodycontest.

“Niat dan kerja keras akan mengalahkan segala rintangan dan mengantarkan kita mencapai tujuan yang diinginkan. Jangan terlalu cepat menyerah dan putus asa, karena semua orang pasti bisa!,” tutup Han-Han seraya berpesan untuk para fitnes mania. (boy)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes