sukses story

Tak Ingin Disepelekan, Pria ini Sukses Turunkan Berat Badan Hingga 43 Kg

Disclaimer: Hasil yang didapatkan mungkin berbeda-beda tergantung dari situasi tubuh masing-masing pengguna.

Motivasi untuk mengubah pola hidup sehat bisa berasal dari mana saja. Ya, itulah yang juga dialami oleh Nanang Effendi yang akhirnya bertekad untuk menerapkan pola hidup sehat sebelum akhirnya berhasil menurunkan ‘berkilogram’ bobot tubuhnya. Bayangkan saja, dari bobot awal semula 109 kg kini berhasil menyusut menjadi 66 kg.

sukses story

Fantastis bukan? Transformasi tubuhnya yang kini memiliki bentuk ideal tersebut bukan didapatkannya tanpa perjuangan, bahkan pria kelahiran Lumajang 25 Desember 1991 tersebut sempat mengalami jatuh bangun. Jika banyak fitnes mania menurunkan berat badan karena termotivasi dengan tokoh-tokoh idola, namun berbeda halnya dengan Nanang. Alasannya simpel, dirinya hanya ingin sekali saja dilirik oleh lawan jenisnya. Dulunya, banyak teman wanitanya hanya menganggap dirinya adalah seorang pria gendut, lucu, dan ceria yang dapat memecah kebosanan teman-temannya.

Karena dasar itulah, dirinya bertekad untuk menurunkan berat badan dan berusaha keras untuk membentuk tubuhnya hingga akhirnya bertransformasi ke bentuk tubuh yang lebih proporsional. “Banyak orang menertawakan motivasi awal saya, namun saya malah bangga. Karena dengan motivasi itulah akhirnya mampu mengantarkan saya menuju bentuk tubuh ideal,” ungkap pria yang terdaftar menjadi mahasiswa di salah satu universitas swasta di Malang tersebut.

Pola Makan dan Pola Latihan yang Diterapkan

sukses story

Nanang mengungkapkan, untuk menurunkan puluhan kilogram berat badannya dirinya memerlukan waktu yang cukup panjang. Bagaimana tidak, selama 1 tahun 2 bulan dihabiskannya dengan rutinitas latihan dan menjaga pola makan. “Tentu, dalam selang waktu tersebut pasti ada rasa bosan. Namun, bagi saya itu manusiawi. Pernah saya selama satu minggu penuh terlalu jenuh dengan rutinitas latihan. Ya, itu hanya terjadi tidak lebih dari seminggu saja,” tuturnya.

Keberhasilan Nanang dalam menurunkan berat badan mengundang rasa penasaran banyak koleganya. Tak jarang, banyak pertanyaan seputar metode diet yang digunakan olehnya. Nanang hanya mengaku bahwa metode dietnya hanya memperhatikan pola makannya saja. Menurutnya, yang perlu dipahami adalah konsep diet itu sendiri. Dulunya, dirinya menganggap bahwa diet adalah pengurangan makanan dari segi porsi dan kuantitas. Ternyata tidak, Nanang menyadari bahwa diet yang sebenarnya adalah pengaturan pola makan.

“Sama seperti makanan sehat lainnya, untuk protein saya mendapatkannya dari putih telur, tempe, dan yang terkandung pada protein hewani lainnya. Untuk karbohidrat, saya memilih nasi merah dan asupan serat berasal dari sayur-sayuran,” tuturnya.

sukses story

Untuk intensitas latihan, Nanang melakukannya 5 kali dalam seminggu. Program latihannya sudah dirancang untuk setiap harinya. Senin berlatih dada dan tricep. Selasa hanya melakukan senam aerobic. Rabu memusatkan pada back dan bicep. Selanjutnya, pada hari Kamis digunakan untuk rest day. Dilanjutkan dengan Jumat berlatih shoulder dan tricep. Sabtu digunakan istirahat satu hari penuh dan terakhir Minggu digunakannya untuk berlatih leg dan abdominal.

“Biasanya durasi latihan tidak lebih dari satu jam. Jumlah set dan repetisi juga menyesuaikan dengan daya pulih dan stamina,” pungkasnya.

So, semangat terus Nanang dan semoga kisahnya dapat memotivasi fitnes mania lainnya!

BACA JUGA: Seni Tato Mengubah Tubuh Pria Ini Jadi Semakin Atletis

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes