motivasi fitnes

Tips Motivasi Fitnes Terbaik untuk Dapatkan Goal Anda

Motivasi fitnes bisa datang dari mana saja agar Anda tetap bersemangat dalam berlatih. Berikut ini tips untuk menjaga Anda agar selalu termotivasi.

Ketika Anda telah menentukan goal fitnes, maka Anda akan selalu berusaha untuk mewujudkannya. Tentu, goal fitnes tersebut bisa memotivasi Anda untuk semangat dalam latihan maupun menjaga gaya hidup sehat.

Katakanlah Anda ingin memiliki perut sixpack, maka sederhananya Anda harus memangkas tumpukan lemak berlebih yang ada di perut Anda.

Begitu pula jika Anda bertipe tubuh ectomorph dan ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan berotot (muscle building), maka target Anda adalah menaikan berat badan dan menambah massa otot.

Baik perut sixpack maupun muscle building, untuk mewujudkannya Anda harus rutin berlatih, mengatur pola makan (diet), serta menerapkan gaya hidup yang sehat.

Di awal Anda mungkin selalu bersemangat dalam latihan maupun pola makannya. Namun, secara perlahan semangat Anda bisa turun jika Anda kesulitan untuk memotivasi diri sendiri.

Bosan misalnya. Ketika Anda mulai bosan dengan makanan atau latihan yang itu-itu saja, bisa jadi kebosanan tersebut menurunkan semangat Anda dalam berlatih.

Jika demikian, bukan tidak mungkin goal fitnes yang Anda inginkan sulit atau bahkan tidak berhasil tercapai.

Hal ini sepertinya banyak dialami oleh fitnes mania, terutama fitnes mania pemula.

Apakah Anda juga mengalaminya?

Jika iya, tak perlu khawatir karena artikel ini sangat tepat untuk Anda BACA agar semakin dekat dengan goal fitnes seperti yang telah Anda tentukan.

Motivasi Fitnes Melalui Pikiran (Mental)

motivasi fitnes

1. Idola

Apakah Anda memiliki poster atau gambar seorang atlet binaraga atau seseorang dengan bentuk badan yang Anda inginkan?

Apakah Anda menyimpannya di cermin kamar mandi, di dalam kamar, atau ada di pintu kulkas Anda?

Jangan malu untuk mengakuinya jika itu memang membuat Anda termotivasi untuk memiliki bentuk tubuh seperti orang yang Anda idolakan tersebut.

Dengan melihat idola Anda tersebut, pasti bisa membuat motivasi Anda untuk tetap menyala.

Terkadang, motivasi kita untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat datang dari seorang yang kita idolakan.

So, tak perlu risau dengan anggapan orang di sekitar Anda karena hal ini akan selalu memotivasi diri Anda.

2. Tunjukkan Perkembangan yang Sudah Didapat

motivasi fitnes

Ok, katakanlah Anda sudah berlatih dan mengatur pola makan. Dan Anda saat ini telah mulai menampakkan perkembangannya.

Lemak di perut mulai menipis atau bahkan otot perut sixpack Anda sudah mulai terlihat.

Tunjukkan hasil tersebut kepada orang-orang di sekitar Anda. Tentu, orang-orang terdekat Anda pasti akan mendukung usaha yang telah Anda lakukan.

Dengan cara tersebut dapat terus memotivasi Anda untuk terus berlatih agar mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

3. Jika Bosan, Cari Tahu Alasan Anda Memulai

motivasi fitnes

Rasa bosan bisa saja Anda alami meski baru memulai angkat beban. Tentu saja apabila dibiarkan maka akan membuat Anda semakin kurang bersemangat untuk berlatih.

Bila hal ini terjadi, maka sebaiknya Anda kembali menemukan alasan apa yang mendasari Anda untuk memulai fitnes. Apakah ingin bentuk tubuh berotot, ingin langsung, atau mengubah bentuk tubuh agar lebih proporsional? Fokus-lah pada alasan tersebut.

Apabila Anda fokus pada alasan Anda tersebut, maka rasa bosan akan dapat Anda atasi dengan mudah. Dan bisa membuat motivasi fitnes Anda semakin meningkat pastinya.

4. Beri Reward untuk Diri Anda Sendiri

Memberikan hadian pada diri sendiri penting untuk membantu Anda tetap termotivasi. Hadiah ini sendiri tidak harus selalu pada saat Anda berhasil, namun ketika prosesnya Anda juga bisa memberikan hadiah tersebut.

Ada banyak cara untuk memberikan reward. Misalnya seminggu sekali, sebulan sekali, atau setiap Anda berhasil menurunkan berat badan di setiap kilogramnya.

Ini adalah untuk melatih otak Anda. Ketika melihat hal-hal yang bagus di setiap usaha, maka hal itu bisa membantu Anda untuk tetap termotivasi dengan apa yang Anda lakukan.

Baca Juga: 7 Langkah Mendongkrak Motivasi Diet

Memotivasi Diri Sendiri Melalui Tindakan

motivasi fitnes

1. Selalu Persiapkan Lebih Dulu

Dengan berlatih yang disiplin maka Anda akan semakin dekat dengan bentuk tubuh yang Anda inginkan.

Setelah berlatih dengan intens, maka Anda diwajibkan untuk mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas.
Apabila Anda pemula, sehari pasca latihan, tubuh Anda akan merasa pegal-pegal. Ingat, hal ini wajar dalam dunia fitnes dan biasanya disebut dengan Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS).

Tapi, masa ini bisa menjadi boomerang bagi Anda.

Ya, meskipun hal ini wajar, tapi ada beberapa kasus dimana DOMS membuat malas untuk kembali berlatih dengan alasan ‘badan rasanya capai semua’.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda kembali bersiap untuk latihan berikutnya.

Jadi setelah pulang dari latihan, Anda mulai persiapkan kembali rencana latihan untuk selanjutnya. Gerakan latihan, makanan apa, maupun suplemen yang Anda butuhkan untuk latihan berikutnya.

Kemudian Anda kemas dengan rapi agar besoknya Anda sudah siap kembali berlatih.

Lalu bagaimana cara mengatasi DOMS? Anda bisa simak artikelnya di sini >> Cara Memulihkan Otot Pasca Latihan Paling Cepat

2. Irama Lagu yang Anda Favoritkan

motivasi fitnes

Apakah Anda pernah secara tiba-tiba ingin mengangkat beban lebih berat atau berlari lebih cepat di atas treadmill ketika mendengarkan lagi di gym?

Ya, musik dapat mempengaruhi latihan Anda menjadi lebih bersemangat.

Seperti dalam penelitian yang dilakukan profesor psikologi dari Brunel University, Dr. Costas Karageorghis. Pada penelitian yang dilakukan tahun 2012 lalu menyebutkan bahwa mendengarkan musik saat latihan dapat meningkatkan hasil latihan.

Hal ini dikarenakan musik dapat menjadi motivasi Anda dan sebagai pengalih hal-hal yang bisa mengurangi semangat latihan misalnya keletihan.

Penelitian menunjukkan, tempo lagu yang paling memotivasi dengan tempo 120-140 beats per minute (BPM) seperti irama dance dan rock.

Jika Anda sebelumnya berlatih tanpa diiringi musik, tidak ada salahnya untuk mencoba mulai mendengarkan musik pada saat latihan agar motivasi fitnes Anda tetap menyala.

3. Menghitung Repetisi

Ketika Anda mulai angkat beban, bagaimana cara Anda menghitung repetisi?

Kebanyakan fitnes mania mungkin lebih sering menghitung repetisi dari rendah ke atas, misalnya satu sampai 12. Ketika memasuki repetisi sembilan Anda mungkin merasa sudah tidak sampai untuk meneruskan ke repetisi 12. Padahal, itu bukan sepenuhnya failure Anda.

Cara menariknya adalah dibalik dalam menghitung, yakni mulai dari atas ke bawah. Misalnya 12 hingga satu.

Dengan cara ini Anda mungkin akan menjadi lebih terasa ringan dalam mengangkat beban. Tidak ada salahnya untuk dicoba.

4. Sesuai Kemampuan

motivasi fitnes

Ketika Anda baru pertama kali masuk gym, mungkin Anda sedikit minder dengan fitnes mania lain yang memiliki bentuk tubuh berotot dan juga mampu mengangkat beban yang cukup berat.

Tak ingin terlihat seperti pemula, Anda kemudian memaksakan diri untuk mengangkat beban yang cukup berat. Sebaiknya hindari ini.

Pada saat memulai angkat beban, alangkah baiknya mulai dengan sesuai kemampuan. Jika memang mampunya angkat dumbbell 5 kilogram, maka jangan memaksakan untuk mengangkat beban seberat 10 kilogram.

Tingkatkan beban angkatan secara bertahap biarkan tubuh Anda beradaptasi lebih dahulu. Cara ini jauh lebih baik daripada langsung mengangkat beban.

Fitnes mania lain juga banyak yang mengawali dari berat yang ringan sebelum tubuh mereka terbentuk. So, tidak usah minder dengan fitnes mania lain.

5. Membeli Peralatan Baru

menurunkan berat badan

Sepatu baru, baju fitnes baru, atau perlengkapan lainnya, hal ini bisa membangkitkan motivasi fitnes Anda untuk terus berlatih.

Memang hal ini tidak harus Anda lakukan, tapi dengan membeli perlengkapan maupun aksesoris tambahan juga dapat meningkatkan semangat Anda dalam berlatih.

Seperti halnya Get It Done Apparel yang dapat membantu Anda menyediakan perlengkapan fitnes terbaik Anda. Apparel lokal terbaik ini menyediakan bergam t-shirt, pants, sleveless, jaket, hingga gloves untuk mendukung performa latihan Anda.

Dengan disain yang up to date serta terbuat dari bahan berkualitas terbaik menjadikan Anda lebih bersemangat dalam mengejar goal fitnes Anda. Tentunya, produk-produk dari Get It Done Apparel juga didukung dengan harga yang terjangkau sehingga banyak fitnes mania yang telah menggunakannya. Lebih lengkapnya Anda bisa cek di website resminya GetItDone.id.

6. Membaca Majalah, Blog, atau Kisah Sukses

Ketika Anda membaca majalah atau cerita sukses dari fitnes mania, hal ini otomatis dapat membantu meningkatkan motivasi fitnes Anda.

Terlebih jika kisah yang Anda baca tersebut berhasil meskipun tantangan yang dihadapi sungguh berat.

Hal itu dapat menunjukkan kepada Anda bahkan sesuatu yang sulit juga dapat dilakukan fitnes mania lain hingga berhasil. Belum lagi, kisah tersebut menambah wawasan Anda bagaimana tips-tips yang mendukung program Anda.

Memotivasi Diri Sendiri dari Kebiasaan

motivasi fitnes

1. Lakukan Sesuatu yang Kecil Mulai dari Sekarang

Padatnya pekerjaan sangat rentan menurunkan motivasi Anda untuk berlatih.

Untuk mengakalinya, Anda dapat melakukan latihan-latihan kecil di sela-sela aktivitas Anda. Misalnya ketika hendak pergi ke kantin, Anda sempatkan push up atau jumping jakcs beberapa kali.

Atau jika Anda di rumah, Anda dapat melakukan gerakan-gerakan sederhana lainnya pada saat hendak pergi mandi atau pada saat hendak berangkat kerja.

Langkah-langkah kecil seperti ini akan membuat Anda tetap bersemangat tanpa harus bermandi keringat seperti pada saat Anda berlatih di gym.

2. Buat Latihan Anda Lebih Menyenangkan

Anda mungkin bosan dengan latihan yang terlalu ketat juga berat, tidak ada salahnya Anda melakukan latihan sambil mendengarkan music.

Sedikit ngobrol dengan teman atau bahkan melihat televisi yang mungkin dipasang di ruang kebugaran.

Kegiatan seperti ini tentu saja boleh dilakukan, asalkan Anda tetap fokus pada teknik latihan Anda.

3. Buatlah Program Latihan Yang Baik

motivasi fitnes

Program latihan beban Anda haruslah tersusun dengan baik dan teratur.

Buatlah Program latihan beban Anda secara terperinci seperti misalnya, Hari Senin untuk melatih otot dada, Rabu untuk melatih otot kaki, Kamis untuk melatih otot punggung dan seterusnya. Jangan berlatih selama satu minggu penuh.

Sisakan 1-2 hari untuk istirahat dari sesi latihan. Perlu Anda ketahui bahwa otot akan tumbuh saat tubuh mendapatkan istirahat yang cukup.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat

motivasi fitnes

Satu hal lagi yang tak kalah penting dari program latihan Anda adalah mengonsumsi makanan sehat.

Artinya Anda tetap harus menjaga keseimbangan nutrisi bagi tubuh Anda.

Buah-buahan dan sayuran adalah contoh makanan sehat yang baik untuk mendukung program latihan Anda.

Tapi sebaiknya hindari mengonsumsi makanan cepat saji yang tinggi kalori dan tinggi lemak.

Ganti makanan tersebut dengan makanan yang mengandung tinggi protein seperti dada ayam, telur, dan daging. Makanan seperti inilah yang dapat membantu Anda meningkatkan perkembangan otot lebih optimal.

5. Lakukan dengan Cepat Tapi Intens

motivasi fitnes

Sesibuk apapun Anda, kata ‘tidak memiliki waktu’ bukanlah alasan yang baik untuk Anda kambing hitamkan.

Anda dapat berlatih hanya dalam waktu singkat dengan melibatkan banyak kelompok otot tubuh Anda. Bahkan, latihan singkat tapi intens disebut lebih efektif dalam membangun otot dan membakar lemak ketimbang latihan terlalu lama namun statis atau volume ringan dan kontinyu.

Anda bisa melakukan latihan interval seperti High Intensity Interval Training atau HIIT. Latihan ini sangat ampuh untuk menjaga kebugaran tubuh Anda. Misalnya dengan sprint di atas treadmill selama 30 detik, kemudian istirahat selama 20 detik. Lalu ulangi.

Bagaimana, sudah siap memotivasi diri Anda sendiri untuk tetap berlatih?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes